Onsen UI, Rekomendasi UI Framework untuk para Developer Phonegap

Ditulis oleh Rafii Rizqullah, dipublikasi pada 26 Apr 2018 dalam kategori Opini
Onsen UI, Rekomendasi UI Framework untuk para Developer Phonegap - CodePolitan.com


Onsen UI, Rekomendasi UI Framework untuk para Developer Phonegap

Bila mengikuti perkembangan saat ini, smartphone menjadi buah bibir karena meningkatnya penggunaan smartphone dari tahun ke tahun. Data terakhir yang diambil oleh Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) tahun 2017 sebesar 50%,08 penetrasi penggunaan smartphone di Indonesia . Hal ini membuat para developer phonegap harus cepat bergerak dalam mengembangkan fitur smartphone yang lebih menarik, karena smartphone berpotensi menjadi pusat ladang bisnis seperti e-commerce .

Untuk mengembangkan aplikasi mobile saat ini juga semakin beragam dan tidak sesulit pada masa awal, yang masih menggunakan bahasa native (bahasa spesifik untuk platform tertentu). Sudah mulai bermunculan User Interface Mobile Framework yang memudahkan para developer dalam membuat user interface dengan berbagai komponen dan bahasa pemrograman, seperti HTML, CSS. serta Javascript.

Implementasi user interface mobile menggunakan framework saat ini sudah marak digunakan, salah satunya adalah Onsen UI

![Logo Onsen UI](https://i.imgsafe.org/08/0802958b20.png)


__Onsen UI__

Onsen UI adalah framework user interface mobile berbasis Angular JS yang menggunakan metode MVC sehingga mudah dikembangkan oleh developer. Kini Onsen UI sudah mencapai versi 2.9.2 dengan fitur terbarunya yaitu :

  1. Bundle Size Production, ukuran bundle lebih kecil dari versi sebelumnya dari 657kb menjadi 327 kb.
  2. Self Contained Components. developer dapat meng-import file aplikasi secara terpisah untuk mengurangi ukuran aplikasi dengan cara membungkus (bundle) menggunakan webpack atau rollup.

Komponen Onsen UI


Komponen yang disediakan oleh Onsen UI cukup menarik, seperti :

  • Theme Preset
  • Platform : iOS, Android
  • Categories : Action Sheet, Alert Dialog, Button, Card, Checkbox, Dialog, Fab, Radio Button , etc.
  • API : CSS Component, Javascript, AngularJS 1.x, React


Components ></p>
<p><br></p>
<p><strong><h3>Ciri Khas Onsen UI</h3></strong><br />
<strong>Ciri khas</strong> Onsen UI ini menambahkan fitur integrasi dengan <strong><a href=Monaca. Monaca merupakan platform pengembangan aplikasi terbuka yang tersimpan di cloud server. Salah satu contoh monaca adalah kita bisa membuat project serta compile project kedalam platform iOS ataupun Android. Monaca juga mempunyai fitur command line tool dan debugger sebagai alat pencari bug secara single stepping artinya kita bisa menelusuri langkah demi langkah program .

Dari beberapa user yang menggunakan Onsen UI mengatakan

User Interface yang disediakan sepenuhnya kompatibel dengan Andorid dan iOS, dan tidak memiliki hambatan yang terlalu serius ”.

Dengan adanya beberapa review user yang menggunakan framework ini, Onsen UI dapat menjadi rekomendasi untuk para developer phonegap dalam mengembangkan User Interface Mobile Framework.

Link Referensi: https://mkhuda.com/android/mengintip-dua-ui-framework-untuk-developer-phonegap/



Berlangganan Informasi CodePolitan Melalui Email

Jangan sampai kamu melewatkan informasi penting tentang pemrograman dan teknologi! Kamu bisa berlangganan Newsletter CodePolitan dengan cara mengisi formulir di samping.