OS.js , Sistem Operasi Javascript

Tentu kita sudah mengenal sekali dengan Javascript, sebuah bahasa pemrograman yang biasa dipakai untuk front-end web dan juga back end service. Selain dua hal di atas, Javascript ternyata juga bisa dipakai untuk membuat sebuah sistem operasi. Dan implementasi tersebut menghasilkan sistem operasi bernama OS.js . Sebuah sistem operasi open source berbasis Javascript yang dapat dijalankan ke dalam browser komputer.

OS.js ini dibundel dengan beberapa aplikasi dasar untuk kebutuhan dasar sistem komputer seperti menyetel musik dan video, menggambar gambar sederhana, PDF viewer, XMPP Chat, Google Mail, Google Contacts,  dan beberapa game ringan. Seperti yang dijelaskan pada halaman OS.js berikut

"OS.js is a JavaScript web desktop implementation for your browser with a fully-fledged window manager, Application APIs, GUI toolkits and filesystem abstraction."

Jika ingin mencoba OS.js , kalian bisa langsung ke halaman resmi nya di http://os.js.org . Perlu diingat bahwa OS.js ini sedang dikembangkan lebih lanjut. Tapi kalian dapat mencoba live demonya di halaman situs mereka. Demo video dari OS.js bisa dilihat di bawah ini .

Jika sudah mencoba dan melihat demo nya, apakah kalian cukup tertarik dengan sistem operasi Javascript ini ?

Dilihat 1506 kali

Is this helpful?

Share This Post