Para Pemenang Hackathon Big Data dan Machine Learning CodeFest KUDO

Sebanyak 79 tim dengan 205 peserta mendaftar sebagai calon peserta pada CodeFest yang diadakan oleh KUDO. Baru pada tahap awal saja panitia CodeFest sudah dihadapkan dengan seleksi yang ketat. Panitia memilih sebanyak 34 tim yang lolos untuk masuk kedalam babak penyisihan pada tanggal 28 mei sampai 29 mei 2016 di Kudoplex 2 Jalan Radio Dalam Raya No. 9, Gedung Grandlucky Lantai 2, Jakarta Selatan.

Ke 34 tim ini akan berkompetisi dalam hackthon CodeFest KUDO dengan membuat sebuah solusi teknologi untuk permasalahan-permasalahan yang sudah disiapkan oleh panitia CodeFest KUDO selama 24 jam lebih non-stop. kompetisi 24 jam itu dimulai pada pukul 11.00 wib 28 mei hingga 13.30 wib.Dari 34 tim yang bertanding, panitia akan menyeleksi kembali sebanyak 10 tim yang akan maju ke final. Proses pemilihan 10 tim tersebut dilakukan juri secara remote dengan melihat coding yang dilakukan oleh ke 34 tim tersebut. Yang nantinya dari 10 tim ini akan dipilih 4 tim , dengan 3 juara dan 1 juara favorit. Setelah berkompetisi dalam coding selama 24 jam lebih, para peserta diberikan istirahat dengan disuguhkan kembali talkshow 2 yang diisi oleh bpk Daniel Armanto CTO dari Adskom.

Baca juga: Kuasai Informasi dengan Big Data dan Machine Learning Codefest Kudo

Di hari kedua ini suasana hackathon CodeFest tampak ramai, tidak hanya dihadiri oleh peserta yang mengikuti kompetisi namun juga hadir para penonton yang ingin mengikuti talkshow dan menantikan pula hasil akhir dari CodeFest KUDO.Akhirnya setelah mengumumkan 10 tim terbaik. 10 tim tersebut diminta untuk mempresentasikan hasil coding yang dilakukan selama 24 jam setelah itu tibalah pada saat yang dinantikan yaitu pengumuman juara CodeFest KUDO. Menurut Sofian Hadiwidjaya ketua panitia CodeFest KUDO, beliau menuturkan bahwa semua peserta dalam tim 10 ini memiliki hasil coding yang menarik dan solutif untuk topik yang diangkat, ini mengakibatkan para juri kembali berdebat dibelakang layar untuk menentukan mana para juara yang akan dipilih untuk CodeFest KUDO ini.

Setelah penentuan juara yang cukup sulit dan perbedaan nilai yang tipis dari juri akhirnya para juri menentukan bahwa tim DuaTujuh yang dipimpin oleh Winson Waisakurina dengan mengangkat topik "Five-Footer: Kategorisasi Produk E-commerce menggunakan Support Vector Machine" mendapatkan juara 1 dari kompetisi CodeFest KUDO ini dengan mendapatkan hadiah 3 Macbook Pro Retina Display 13 inci. Tim Dua Tujuh ini mampu menampilkan statistik yang baik dalam codingnya dan menghasilkan eror yang sangat kecil sehingga hasil yang didapatkan sangat efektif.

Juara 2 jatuh pada tim yang bernama DWB dengan topik "Movie Recommendation - Makin nonton makin happy" diketuai oleh Jan Wira Gotama Putra serta mendapatkan hadiah 3 Parrot AR Drone 2.0. Tak lupa juara ketiga diberikan kepada tim Kanmana dengan tema "Restaurant Recommendation Engine" yang dipimpin oleh Arie Pratama Sutiono dengan membawa pulang hadiah Google Glass.Dewan juri juga memberikan juara favorit yang ternyata jatuh pada tim dengan nama yang unik yaitu tim LOBAK (Lomba Bersama Kudo) dengan topik "Automated Product Clustering using LDA and K-means" yang diketuai oleh Stephen dan berhak mendapatkan hadiah Sphere BB 8. CodeFest KUDO ditutup langsung oleh CEO KUDO Albert Lucius sekaligus menyatakan bahwa KUDO tidak akan berhenti disini akan banyak kegiatan menarik tentang teknologi yang akan diadakan kedepannya dan bahkan KUDO berencana akan menyiapkan ruangan khusus dengan fasilitas yang bagus untuk digunakan dalam acara-acara seperti ini.

Dilihat kali

Is this helpful?

Share This Post