Pelatihan UNITY #1 oleh Fibonacci Ecosystem di Universitas Pendidikan Indonesia

Ditulis oleh Lord Voldemort, dipublikasi pada 15 Jun 2015 dalam kategori Event
Pelatihan UNITY #1 oleh Fibonacci Ecosystem di Universitas Pendidikan Indonesia - CodePolitan.com

Hari Sabtu yang lalu tepatnya tanggal 13 Juni 2015, Fibonacci Ecosystem menyelenggarakan pelatihan UNITY #1 di Laboratorium Umum, Gedung FPMIPA - C, Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung. Pelatihan ini bertujuan untuk mengenalkan para peserta akan teknologi-teknologi Unity yang bisa dimanfaatkan dalam mengembangkan game. 

[caption id="attachment_4604" align="aligncenter" width="600"]IMG_0036 (Large) Gedung FPMIPA - C[/caption]

Pelatihan pada hari Sabtu kemarin dimulai pada pada pukul 08.00 dan berakhir pukul 16.30. Berlangsung selama 3 jam lebih, pelatihan Unity dibagi menjadi tiga sesi. Sesi pertama merupakan sesi pengenalan apa itu Unity oleh Kang Zidni dari Toprak DG. Sesi kedua dan ketiga dibawakan oleh Kang Dimas Restu Hidayanto dari Mastermedi4 yang membantu peserta pelatihan untuk ngoprek Unity secara langsung.

[caption id="attachment_4605" align="aligncenter" width="600"]Kang Zidni dan Kang Dimas Kang Zidni dan Kang Dimas[/caption]

Sesi Pertama yang dibawakan oleh Kang Zidni mengenalkan teknologi-teknologi yang diusung oleh Unity hingga akhirnya menjadi pilihan banyak orang sebagai engine untuk mengembangkan game. Melalui presentasinya, ternyata Unity tidak hanya digunakan untuk mengembangkan game saja namun dapat digunakan pula sebagai demo produk, misalnya demo desain rumah, mobil, motor, sepeda, dan lain-lain. Disampaikan pula inovasi-inovasi terbaru yang terdapat didalam Unity 5, versi terbaru dari Unity.

[caption id="attachment_4606" align="aligncenter" width="600"]Kang Zidni Kang Zidni[/caption]

Setelah Kang Zidni mengenalkan Unity, tibalah saatnya Kang Dimas untuk mengajak para peserta mencoba secara langsung bagaimana cara menggunakan Unity. Pada pelatihan yang pertama peserta diharapkan untuk dapat mengenal dasar-dasar penggunaan Unity, dapat melakukan modelling 3D, mengenal scripting di Unity menggunakan C#, serta memahami cara pembuatan terrain dalam game. Peserta juga diajak untuk membuat player sendiri dengan sistem 3rd person.

[caption id="attachment_4607" align="aligncenter" width="600"]Kang Dimas Kang Dimas[/caption]

Pelatihan berlangsung seru dimana semua peserta mengikuti panduan yang diberikan oleh Kang Dimas dengan penuh rasa ingin tahu. Para peserta pun aktif bertanya mengenai Unity selama pelatihan yang membuat suasana pelatihan semakin hidup. Saking serunya, tak terasa bahwa waktu sudah menunjukkan pukul 16.30, lewat satu setengah jam dari jadwal yang telah ditentukan.

[caption id="attachment_4608" align="aligncenter" width="600"]Peserta Pelatihan (1) Peserta Pelatihan (1)[/caption]

[caption id="attachment_4609" align="aligncenter" width="600"]Peserta Pelatihan (2) Peserta Pelatihan (2)[/caption]

Pelatihan yang pertama ini memang belum dapat memenuhi ekspektasi dari peserta yang mengharapkan dapat menggunakan Unity dalam robotika, otomasi, multimedia pembelajaran, dan membuat game yang memiliki AI sendiri. Namun panitia berjanji akan menyelenggarakan pelatihan kedua yang akan melanjutkan pelatihan pertama serta membuat game secara langsung dari awal.

(bas)



Berlangganan Informasi CodePolitan Melalui Email

Jangan sampai kamu melewatkan informasi penting tentang pemrograman dan teknologi! Kamu bisa berlangganan Newsletter CodePolitan dengan cara mengisi formulir di samping.