waktu tersisa untuk klaim DISKON 40% dalam program Full Stack Membership. Klaim Promo!
Lebih terarah belajar coding melalui Kelas Online dan Interactive Coding Lihat Materi Belajar

Pendiri Apache Software Foundation

Ditulis oleh Yana Permana, dipublikasi pada 27 Jun 2015 dalam kategori Tokoh
Pendiri Apache Software Foundation - CodePolitan.com

Seringkali saat membuat sebuah aplikasi berbasis web, kita membutuhkan yang namanya HTTP server. Apalagi jika membuatnya dengan bahasa pemrograman PHP, pasti membutuhkan sekali. HTTP server yang paling populer sekarang adalah Apache HTTP Server. Kita sering menggunakannya, tapi apakah kita sudah mengetahui siapa saja yang telah berjasa mengembangkan Apache HTTP Server?

Adalah Apache Software Foundation (ASF) yang telah mengembangkan banyak software Apache termasuk Apache HTTP Server. ASF sendiri adalah sebuah perusahaan non-profit Amerika yang bertujuan untuk membangun proyek software Apache, termasuk Apache HTTP Server. Berawal dari Grup Apache, ASF ini terbentuk dan tergabung di Delaware, AS, pada bulan Juni 1999.

ASF lebih dikenal sebagai sebuah komunitas pengembang yang terdesentralisasi. Software yang mereka hasilkan didistribusikan dengan Lisensi Apache sendiri. Oleh karena itu softwarenya gratis dan open source (FOSS). Proyek-proyek Apache ditandai dengan proses kolaboratif, proses pembangunannya berbasis konsensus dan lisensi softwarenya bersifat terbuka dan pragmatis. Setiap proyek dikelola oleh tim yang dipilih sendiri oleh ahli teknis yang merupakan kontributor aktif.

Sebenarnya ASF adalah meritokrasi, yang menyiratkan bahwa keanggotaan yayasan diberikan hanya untuk relawan yang telah aktif memberikan kontribusi untuk proyek Apache. ASF telah dianggap sebagai generasi kedua organisasi open-source, dalam dukungan komersial yang diberikan tanpa risiko platform lock-in.

Mengapa ASF dibentuk? Alasannya adalah untuk memberikan perlindungan hukum untuk relawan yang bekerja pada proyek-proyek Apache, untuk mencegah nama merek Apache dari yang digunakan oleh organisasi lain tanpa izin. ASF juga memegang beberapa konferensi penting seperti ApacheCon setiap tahunnya. Selain itu ASF juga menyoroti proyek Apache, teknologi yang berhubungan, dan mendorong pengembang Apache untuk berkumpul bersama.

Baca juga: Seberapa Berhargakah Teknologi-teknologi Open Source Itu?

Berawal dari Apache HTTP Server, Grup Apache memulai pengembangan sejak bulan Februari 1995. Siapa mereka? Mereka adalah sekelompok pengembang yang terdiri dari 8 orang. Foundernya adalah Brian Behlendorf, Roy T. Fielding, Rob Hartill, David Robinson, Cliff Skolnick, Randy Terbush, Robert S. Thau, dan Andrew Wilson. Mereka memulainya dengan meningkatkan daemon HTTPd NCSA. Pada 25 Maret 1995, Barulah ASF dibentuk. Rapat resmi pertama ASF diadakan pada tanggal 13 April 1999 oleh Mark Cox, Lars Eilebrecht, Ralf S. EngelSchall, Roy T. Fielding, Dean Gaudet, William (Bill) Stoddard, Paul Sutton, Randy Terbush dan Dirk-Willem van Gulik. Setelah seri rapat tambahan untuk memilih anggota dan mengatasi masalah hukum lainnya mengenai penggabungan, maka tanggal penggabungan efektif dari ASF sendiri didirikan 1 Juni 1999.

Apache dalam tradisi pengembangan proyek selalu membagi kegiatan pengembangan software ke dalam wilayah semi-otonom terpisah yang disebut "proyek top-level", beberapa di antaranya memiliki sejumlah sub-proyek. Tidak seperti beberapa organisasi lain yang mengadakan proyek FOSS secara langsung, ASF sendiri sebelum mengadakan proyek di Apache itu harus berlisensi dan harus ada perjanjian hibah atau kontributor. Dengan cara ini, ASF dapat memperoleh hak kekayaan intelektual (HAKI) yang diperlukan untuk pengembangan dan distribusi semua proyeknya.

Untuk direksi, Dewan ASF memiliki tanggung jawab untuk mengawasi kegiatan ASF dan bertindak sebagai pusat komunikasi untuk proyek-proyek tersebut. Dewan memberikan masalah perusahaan, menugaskan SDM untuk proyek-proyek, dan mengelola layanan korporasi, termasuk dana dan masalah hukum. Dan mereka tidak terlibat membuat keputusan teknis tentang proyek-proyek individu. Karena Komite Manajemen Proyek individu telah dibentuk. Dewan ini dipilih setiap tahun oleh anggota yayasan dan, setelah Maret 2015 sekarang anggotanya terdiri dari Rich Bowen sebagai Executive Vice President, Shane Curcuru, Bertrand Delacretaz, Jim Jagielski, Chris Mattmann sebagai Bendahara, David Nalley, Brett Porter sebagai Ketua, Sam Ruby, dan Greg Stein sebagai Wakil Ketua.

(yp/apache)


background

Gabung CodePolitan Membership

Ingin belajar coding secara online dengan lebih terarah? Gabung sekarang dalam program Premium Membership di CodePolitan. Dapatkan ratusan modul belajar pemrograman premium dalam beragam format dengan materi silabus lengkap dan tersusun rapi dari awal hingga mahir.

LIHAT MATERI BELAJAR GABUNG MEMBERSHIP