Kelas baru ReactJS, dapatkan potongan harga 10% hingga 8 Juli 2019. Lihat Kelas

Percantik Front-End Web dengan Framework BootsFaces

Ditulis oleh Yana Permana, dipublikasi pada 23 Jun 2015 dalam kategori Tools
Percantik Front-End Web dengan Framework BootsFaces - CodePolitan.com

Apa kabar programmer Java? Kali ini kita akan berkenalan dengan salah satu framework untuk mempercantik front-end kita. Apa itu? Ya, Bootsface. Framework BootsFaces adalah salah satu framework JSF yang powerful yang terinspirasi dari Bootstrap 3 dan JQuery UI. Salah satu kegunaan BootsFaces adalah mempermudah programmer yang fokus di front-end agar dapat membangun aplikasi enterprise dengan cepat dan mudah.

BootsFaces lebih dari komponen framework biasa. Biasanya framework JSF selalu menawarkan banyak komponen dan widget. Termasuk, BootsFaces mencoba memulainya dari struktur dan layout. BootsFaces dikembangkan untk programmer front-end yang diharapkan dapat membangun website yang ringan dengan usaha yang sedikit.

BootsFaces memiliki fitur layout yang powerful. Salah satunya adalah dapat dikombinasikan dengan template JSF dan tampilan baru yang kompleks pada sektor front-end sebuah website.

Bootsfaces juga mampu beradaptasi dengan berbagai ukuran layar, mulai dari mobile sampai desktop. Fitur responsif yang ditawarkan BootsFaces adalah kita tinggal desain web sekali saja maka desain tersebut akan menyesuaikan dengan berbagai device seperti smartphone, tablet dan layar desktop umumnya.

BootsFaces juga mudah digunakan. Mengapa? Kita cukup menambahkan satu library Jar ke dalam projek yang kita buat. Kustomisasi framework juga mudah, salah satunya alasannya BootsFaces dibangun berdasarkan komponen. Selain itu jika kita bingung, kita bisa membaca dokumentasi yang cukup jelas dari BootsFaces.

Kini BootsFaces telah mencapai versi 0.7.0. Berbagai fitur terbaru telah ditambahkan dan perbaikan bug juga telah dilakukan. Ini dia sekilas ulasannya.

Untuk komponen baru, BootsFaces menambahkan komponen multiple choice combo box.

multipleChoice

Komponen tooltip yang lebih fancy.

tooltip

Komponen simple message.

messages

Sedangkan untuk perbaikan bug. Ini dia ulasannya.

  • Datepicker sekarang sudah ditampilkan dengan benar dalam dialog modal. Sebelumnya datepicker pada dialog modal selalu tersembunyi. Pengembang memperbaikinya dengan menaikkan z-index.
  • Pengembang juga telah menambahkan beberapa atribut b: inputText dan b: selectBooleanCheckbox
  • Perbaikan disable checkbox

Itulah BootsFaces, salah satu framework yang dapat membantu kita dalam mengembangkan front-end website yang cantik. Tertarik mencobanya? Unduh framework BootsFaces di http://www.bootsfaces.net/quickstart.jsf

(yp/bootsfaces)



Berlangganan Informasi CodePolitan Melalui Email

Jangan sampai kamu melewatkan informasi penting tentang pemrograman dan teknologi! Kamu bisa berlangganan Newsletter CodePolitan dengan cara mengisi formulir di samping.