waktu tersisa untuk klaim Potongan harga Rp 300.000 dalam program Membership. Klaim Promo!
Lebih terarah belajar coding melalui Kelas Online dan Interactive Coding Lihat Materi Belajar

Perhatian: 7 Anggota Keluarga BSD Berikut Sedang Menunggu Anda

Ditulis oleh Ridwan Fajar, dipublikasi pada 03 Jan 2015 dalam kategori Info
Perhatian: 7 Anggota Keluarga BSD Berikut Sedang Menunggu Anda - CodePolitan.com

Berkeley Software Distribution (BSD) merupakan sebuah sistem operasi yang diusung pertama kali oleh Computer System Research Group dari University California of Berkeley, Amerika Serikat. Mereka membangun sebuah sistem operasi yang dinamakan Unix. Salah satu orang yang terlibat dalam sejarah BSD adalah Dennise M. Ritchie, sang pencipta bahasa pemrograman C. Sepanjang perjalanannya, BSD akhirnya mempunyai banyak penerusnya sesuai dengan keperluan dan arsitektur yang dituju. Umumnya sistem operasi berbasis BSD merupakan sistem operasi yang proprietary, tapi kini hadir pula jenis BSD lainnya yang bersifat open source dan free. Ingin tahu siapa saja anggota keluarga BSD yang sedang menunggu Anda? mari kita berkenalan dengan mereka.

1. OpenBSD

[caption id="attachment_2770" align="aligncenter" width="350"]OpenBSD Logo (sumber: http://wikipedia.com) OpenBSD Logo (sumber: http://wikipedia.com)[/caption]

Sistem operasi jenis BSD ini berasal dari Kanada. OpenBSD merupakan sistem operasi BSD yang tidak diturunkan dari distro apapun. Dapat dipasang di komputer desktop, server, firewall, router, dan lainnya. Fokus OpenBSD adalah untuk server dan security. Jika Anda ingin memasangnya sebagai komputer desktop, Anda dapat menggunakan desktop environment seperti Awesome, Blackbox, Enlightenment, Fluxbox, GNOME, KDE, OpenBox, XFCE, dan lainnya. OpenBSD tersedia untuk arsitektur alpha, x86_64, hppa, i386, m68k, powerpc, mips, sparc32, sparc64, dan vax.

OpenBSD merupakan sistem operasi free yang mirip dengan Unix yang dibuat dengan dasar BSD 4.4. OpenBSD hadir untuk memenuhi kebutuhan portabilitas, standarisasi, ketepatan, proactive security, dan kriptografi terintegrasi. Dari OpenBSD pula terdapat sebuah perangkat yang populer dan digunakan secara luas yaitu OpenSSH. OpenSSH adalah sebuah perangkat yang memberikan komunikasi terenkripsi ketika berkomunikasi di atas jaringan komputer melalui protokol SSH. Rilis terbaru OpenBSD adalah versi 5.6 pada tanggal 1 November 2014.

2. NetBSD

[caption id="attachment_2769" align="aligncenter" width="259"]NetBSD Logo (sumber: http://wikipedia.com) NetBSD Logo (sumber: http://wikipedia.com)[/caption]

Sistem operasi jenis BSD ini berasal dari Amerika Serikat. NetBSD merupakan sistem operasi jenis BSD yang tidak diturunkan dari distro BSD manapun. NetBSD berdiri secara independen. Arsitektur yang didukungnya tersedia banyak sekali mulai dari acorn26, acorn32, alpha, amiga, arc, atari, cats, cobalt, dreamcast, sparc32, sparc64, sun2, sun3, vax, x68k, x86_64, hingga zaurus.

NetBSD merupakan sistem operasi yang bebas, aman, dan memiliki portabilitas tinggi. NetBSD sangat mendukung platform seperti 64-bit alpha server, komputer desktop, console game seperti dreamcast, perangkat genggam, dan sistem embedded. Fitur dan desainnya membuat NetBSD cocok untuk produksi dan penelitian. Aplikasi yang disediakannya sangat banyak sekali dan Anda dapat mendapatkannya dengan mudah melalui NetBSD Package Collection. Rilis terbaru dari NetBSD adalah versi 5.2.3 pada tanggal 21 November 2014.

3. PC-BSD

[caption id="attachment_2771" align="aligncenter" width="350"]PC-BSD Logo (sumber: http://wikipedia.com) PC-BSD Logo (sumber: http://wikipedia.com)[/caption]

PC-BSD merupakan sistem operasi BSD yang diturunkan dari distro FreeBSD. Sistem operasi yang berasal dari Amerika Serikat ini tersedia untuk arsitektur x86_64. Anda dapat memasangnya untuk komputer desktop, server, ataupun digunakan sebagai live medium. Jika Anda menggunakannya sebagai komputer desktop, Anda dapat menggunakan desktop environment seperti Cinnamon, Fluxbox, FVWM, GNOME, IceWM, KDE, LXDE, MATE, OpenBox, XFCE, WMaker, dan Awesome.

PC-BSD mempunyai tujuan untuk menjadi sistem operasi komputer desktop yang mudah dipasang dan digunakan. Untuk memenuhi tujuan tersebut, PC-BSD menyediakan proses instalasi secara grafis untuk membuat para pemula UNIX mudah memasang dan menggunakannya. PC-BSD sudah menyediakan KDE, pengaturan video, suara, dan jaringan saat pertama kali pasang. PC-BSD memiliki program untuk instalasi perangkat lunak yang dinamakan Push Button Installer yang sangat mudah digunakan. Tentu saja karena PC-BSD merupakan turunan FreeBSD, Anda dapat menggunakan aplikasi yang disediakan untuk kebutuhan seperti pemrograman, editing video, editing gambar, membuat dokumen, dan lainnya. Saat ini PC-BSD hadir dengan rilis terbarunya yaitu versi 10.1 pada tanggal 17 November 2014.

4. Dragonfly BSD

[caption id="attachment_2765" align="aligncenter" width="350"]DragonFly Logo (sumber: http://wikipedia.com) DragonFly Logo (sumber: http://wikipedia.com)[/caption]

DragonFly adalah sistem operasi yang didesain untuk menjadi penerus seri sistem operasi FreeBSD-4.x. Sistem operasi yang berasal dari Amerika Serikat ini setara dengan Linux dimana DragonFly dibangun berbasiskan Unix. DragonFly dapat Anda gunakan bersama desktop environment Awesome, KDE, Mate, Openbox, XFCE, dan lainnya. Arsitektur yang dapat Anda gunakan antara lain x86 dan x64. Anda dapat memasang DragonFly untuk komputer desktop dan server. Rilis terbaru DragonFly adalah versi 4.0.1 pada tanggal 26 November 2014.

5. GhostBSD

[caption id="attachment_2767" align="aligncenter" width="187"]GhostBSD Logo (sumber: http://ghostbsd.org) GhostBSD Logo (sumber: http://ghostbsd.org)[/caption]

Sistem operasi jenis BSD ini berasal dari Kanada. GhostBSD merupakan derivat dari FreeBSD. Arsitektur yang tersedia antara lain i386 dan x86_64. Anda dapat memasang GhostBSD di komputer desktop. Desktop Environment yang dapat Anda gunakan antara lain MATE, XFCE, LXDE, dan OpenBox. GhostBSD ditujukan sebagai sistem operasi untuk komputer desktop.

Tujuan dari proyek GhostBSD adalah untuk menciptakan sistem operasi yang nyaman dan mudah digunakan yang dapat digunakan di rumah, kantor, atau penyelamatan data dengan menggunakan mode live medium. GhostBSD menyediakan sistem manajemen paket FreeBSD. GhostBSD menyediakan juga aplikasi seperti Apache OpenOffice, LibreOFfice, LibreCAD. Untuk development, GhostBSD menyediakan Eclipse dan Anjuta untuk C, C++, Java, Javascript, Jala, dan Python. Rilis terbaru GhostBSD adalah versi 4.0 pada tanggal 3 Oktober 2014.

6. FreeNAS

[caption id="attachment_2766" align="aligncenter" width="350"]FreeNAS Logo (sumber: http://cohofest.com) FreeNAS Logo (sumber: http://cohofest.com)[/caption]

Sistem operasi jenis BSD ini berasal dari Perancis. FreeNAS merupakan derivat dari FreeBSD. Arsitektur yang tersedia antara lain i386 dan x86_64. FreeNAS merupakan sistem operasi BSD yang dikhususkan untuk network-attached storage (NAS). Dengan FreeNAS Anda dapat membuat layanan NAS seperti CIFS, FTP, dan NFS. Rilis terbaru FreeNAS adalah versi 9.3 pada tanggal 9 September 2014.

7. FreeBSD

[caption id="attachment_2768" align="aligncenter" width="350"]FreeBSD Logo (sumber: http://wikipedia.com) FreeBSD Logo (sumber: http://wikipedia.com)[/caption]

FreeBSD merupakan sistem operasi jenis BSD yang berasal dari Amerika Serikat yang bukan merupakan derivat dari distro BSD apapun. Tersedia untuk berbagai arsitektur mulai dari i386, arm, mips, sparc64, x86_64, xbox, dan lainnya. FreeBSD merupakan sistem operasi memiliki dasar U.C. Berkeley "4.4BSD-Lite" dengan perbaikan "4.4BSD-Lite2". FreeBSD juga memiliki dasar dari "386BSD". FreeBSD digunakan oleh banyak perusahaan, Internet Service Provider, peneliti, profesional di bidang komputer, pelajar, dan pengguna rumahan di berbagai belahan dunia baik untuk keperluan pendidikan, hiburan, ataupun pekerjaan.

FreeBSD dilengkapi dengan lebih dari 20.000 paket aplikasi yang meliputi dari aplikasi server, database dan web server, aplikasi desktop, permainan, web browser, dan software bisnis. Semuanya gratis dan mudah untuk dipasang. Anda dapat memasang FreeBSD untuk komputer dekstop, firewall, Rapsberry Pi, dan server. Jika Anda ingin memasang FreeBSD di komputer desktop, Anda dapat menggunakan desktop environment seperti GNOME, KDE, LXDE, OpenBox, XFCE, Enlightenment, Fluxbox, dan lainnya. Rilis terbaru FreeBSD adalah versi 10.1 pada tanggal 14 November 2014.

(rfs/distrowatch)


background

Gabung CodePolitan Membership

Ingin belajar coding secara online dengan lebih terarah? Gabung sekarang dalam program Premium Membership di CodePolitan. Dapatkan ratusan modul belajar pemrograman premium dalam beragam format dengan materi silabus lengkap dan tersusun rapi dari awal hingga mahir.

LIHAT MATERI BELAJAR GABUNG MEMBERSHIP