Phalcon - Framework PHP dengan Performa Paling Cepat

Ditulis oleh Ahmad Oriza, dipublikasi pada 13 Jul 2014 dalam kategori Tools
Phalcon - Framework PHP dengan Performa Paling Cepat - CodePolitan.com

Phalcon merupakan framework PHP paling cepat saat ini. Kecepatan eksekusi programnya mengalahkan beberapa framework terkenal. Phalcon juga sempat menjadi perbincangan menarik di salah satu forum PHP Indonesia. Diawali dari thread salah satu anggota yang membagikan hasil survey Popular PHP Framework oleh SitePoint (http://www.sitepoint.com/best-php-frameworks-2014), selanjutnya banyak member yang berkomentar dan tidak menyangka bahwa nama yang terasa asing ini menempati urutan kedua terpopular setelah Laravel dengan perolehan 16.73%. Jujur, pada waktu itu pun saya adalah salah satunya yang baru tahu nama Phalcon.

Project Phalcon sendiri sebenarnya sudah dimulai sejak 2012, kemudian baru meraih stable release  tidak lama ini tepatnya pada 6 June 2014. Framework ini ditulis dalam bahasa C, C++, dan PHP. Phalcon juga menggunakan pola MVC seperti halnya framework popular lainnya seperti Cake, Codeigniter, Yii, Laravel, dll. Catatan penting yang harus kita tahu, ternyata wujud Phalcon adalah PHP C-Extension. Phalcon tidak ditulis dalam plain PHP.

Kamu tidak akan menemukan folder berisi file .php seperti halnya framework lain. Contoh extension sendiri seperti yang biasa kita gunakan BCMath, Ctype, FTP, MySQL, ODBC, Overload, PCRE, Session dan Curl.  Jika sudah terpasang, kita dapat memanggil fungsi tersebut langsung di source code php.

Phalcon dibungkus dalam ekstensi C, bertujuan untuk menangani lebih banyak request. Jika ditulis dalam C maka kecepatan eksekusi program akan lebih cepat dan penggunaan resource juga berkurang.

Sebagai framework, Phalcon pun sudah menyediakan berbagai alat perang yang kita butuhkan seperti : ORM, Pagination, Cache, Form Builder, dan Template Engine bernama Volt. Kamu bisa lihat lebih lengkap disini http://docs.phalconphp.com

Project open source ini sudah diunggah di github. Sampai sekarang Phalcon telah mempunyai 58 kontributor, 3662 stars, juga 518 fork. Kamu juga bisa ikut bertanya, berdiskusi dan berkontribusi dalam forum resminya . Untuk komunitas di Indonesia, kamu bisa kunjungi Phalcon PHP Indonesia. Memang jika kita tengok anggotanya baru 241 orang, framework ini belum terlalu terkenal di Indonesia.

Buat kamu yang tertarik belajar, saya sarankan untuk mengikuti live tutorial di Try Phalcon. Jika ingin mencicipi langsung di kompi kamu, kamu bisa mengunduhnya disini.

Sumber:
http://phalconphp.com
http://en.wikipedia.org/wiki/Phalcon_(framework)



Berlangganan Informasi CodePolitan Melalui Email

Jangan sampai kamu melewatkan informasi penting tentang pemrograman dan teknologi! Kamu bisa berlangganan Newsletter CodePolitan dengan cara mengisi formulir di samping.