Dapatkan Harddisk External 2TB dengan Menjawab Tantangan Python Ini

Ditulis oleh CodePolitan, dipublikasi pada 30 Aug 2016 dalam kategori Challenges
Dapatkan Harddisk External 2TB dengan Menjawab Tantangan Python Ini - CodePolitan.com

ProblemSet dari CodePolitan adalah tantangan yang diselenggarakan untuk menguji kemampuan (skill) programmer dalam teknologi tertentu. Setiap ProblemSet yang diadakan oleh CodePolitan telah didesain sedemikian rupa untuk menguji kemampuan dasar yang sesuai dengan kebutuhan industri. Selain itu CodePolitan menyediakan reward bagisubmission ProblemSet terbaik selama masa campaign awal berlangsung.

Tantangan ProblemSet kali ini adalah tentang Python dasar. Kamu dapat mengikuti ProblemSet ini untuk menguji sejauh mana kemampuan dasarmu di dalam pemrograman Python dapat diterima oleh perusahaan.

ProblemSet Python ini diselenggarakan oleh Pixel House Studio. Pixel House Studio merupakan sebuah perusahaan di Bandung yang bergerak di bidang creative digital technology, multimedia dan internet marketing yang didirikan sejak 2010 oleh Bramantya Farid Prakosa, seorang pakar digital marketing yang merupakan owner dari SimpleIMMentor.id. Lebih lengkap tentang Pixel House Studio, suasana kerja, dan penawaran hiring dapat disimak pada artikel Mengenal Perusahaan Creative Digital Asal Bandung, Pixel House Studio.

ProblemSet ini diselenggarakan sebagai bagian dari tahapan hiring programmer Python oleh Pixel House Studio. ProblemSet ini menjadi syarat pertama yang harus dilalui applier untuk dapat diterima bekerja di perusahaan yang dimaksud. Adapun peserta yang belum berminat untuk apply job tetap dipersilakan untuk berpartisipasi mengikuti ProblemSet ini.

Baca Juga: Bisa NodeJS? Jawab Tantangan Ini dan Dapatkan Hadiah Smartphone

Kriteria Utama

Peserta diminta untuk membuat aplikasi mikroblog sederhana yang dapat memposting status (mikroblog) dari halaman admin dan menampilkan daftar posting di halaman depan. Fitur utama yang wajib ada pada aplikasi ini diantaranya:

  • autentikasi user sederhana
  • daftar CRUD post di halaman admin
  • menampilkan post terbaru beserta post pagination di halaman frontend
  • Platform diatas harus dibangun dengan menggunakan Python3, Flask Framework dan MongoDB

Catatan: Pada source code, pastikan Kamu mengelola source code ProblemSet ini dengan menggunakan virtualenv atau virtualenvwrapper dan memberikan daftar package Python yang kamu gunakan dengan mencatatnya melalui pip freeze. Sertakan juga screenshot dan README yang selengkap - lengkapnya agar membantu tim juri untuk menilai hasil karya Kamu. Pastikan proyek yang kamu buat ini dapat berjalan di "server" para juri dengan konfigurasi seminimal mungkin.

Kriteria Opsional

Peserta dapat menambahkan satu atau lebih dari kriteria opsional di bawah ini untuk mendapatkan poin nilai tambahan:

  • menggunakan ElasticSearch untuk membuat fitur search post
  • menggunakan framework CSS Bootstrap atau lainnya
  • menambahkan fitur post lainnya seperti link bookmark, photo, video, quote dll.
  • CRUD user di halaman admin
  • Melakukan functional testing terhadap source code atau library yang kamu buat untuk platform ini
  • Melakukan acceptance testing terhadap aplikasi web dengan memeriksa semua URL yang terkait apakah nantinya akan ada error atau berjalan lancar

Hadiah

hadiah-python

CodePolitan menyediakan 10 buah T-Shirt Python dan 2 buah Seagate Backup Plus Slim, dengan komposisi pembagian hadiah seperti berikut:

  • 10 submission terbaik dari total submission akan mendapatkan Python T-Shirt
  • 1 submisssion terbaik pertama dari job applier akan mendapatkan Seagate Backup Plus Slim 2TB
  • 1 submisssion terbaik kedua dari job applier akan mendapatkan Seagate Backup Plus Slim 1TB

Catatan: Hadiah utama External Harddisk hanya diberikan kepada peserta dengan submission terbaik yang juga apply job sebagai Python programmer di Pixel House Studio.

Submission

Source code aplikasi disimpan di dalam repositori privat di Gitlab. URL repositori kemudian disubmit pada form di bawah ini. Peserta boleh membuat repositori privat dan initial commit terlebih dahulu. Peserta dapat mengupdate source code sesering mungkin selama masa kompetisi dan tim penilai hanya menilai update terakhir setelah hari kompetisi berakhir, yakni tanggal 30 September 2016.

Kemudian pada repositori privat yang telah dibuat tambahkan member ahmadoriza[at]gmail.com dengan role Reporter, agar dari tim kami dapat melihat dan menilai kode yang disubmit.

Bagi peserta yang akan apply job, jangan lupa untuk memilih "Ya" pada kolom"Apply for Job" dan mengirimkan URL untuk akses dokumen berisi CV dan portfolio atau tautan profil LinkedIn pada kolom "URL CV/Portfolio". Lebih lengkap tentang penawaran hiring menarik dari Pixel House Studio dapat dilihat pada artikel Mengenal Perusahaan Creative Digital Asal Bandung, Pixel House Studio.

Submission telah ditutup



Berlangganan Informasi CodePolitan Melalui Email

Jangan sampai kamu melewatkan informasi penting tentang pemrograman dan teknologi! Kamu bisa berlangganan Newsletter CodePolitan dengan cara mengisi formulir di samping.