PyDev of the Week, Wawancara dengan Fullstack developer Rami Chowdhury

PyDev of the Week minggu ini adalah Rami Chowdhury @necaris! Rami merupakan salah satu kontributor aktif di komunitas Python lokal serta menjadi salah seorang penyelenggara North American Python. Jika ingin lebih tahu apa saja kegiatannya silahkan kunjungi situs pribadi yang memiliki beberapa tautan repositori software open source yang pernah ia kerjakan.

Dapat dicerikan sedikit latar belakang anda (hobi, pendidikan, dll)?

Saat masih muda saya sangat tertarik dengan dunia komputer, namun saya kuliah di jurusan ilmu politik dan ekonomi (di Inggris) dan baru saat itu mempelajari programming. Saat itu saya merasa telah menemukan apa yang benar-benar saya inginkan. Di waktu senggang, saya memutuskan untuk tidak menulis kode lebih banyak dan menggantinya dengan merajut. Saya juga suka membaca, jalan-jalan di museum dekat rumah (Washington DC), serta bermain dengan anjing peliharaan saya Wesley.

Mengapa anda mulai menggunakan Python?

Saya dulu menulis skrip Perl CGI untuk web hosting kampus sebelum akhirnya membaca esai karya Eric Ramond berjudul “Why Python”, artikel ini akhirnya mencuri perhatian saya. Saya mulai menggunakan Python dengan pustaka standarnya yang sangat berguna, dokumentasi yang mudah dibaca, dan karena Python telah terpasang bersama Linux yang ada di komputer saya.

Baca juga: PyDev of the Week, Wawancara dengan Python Developer Reinout van Rees Kreator Zest.releaser

Bahasa pemrograman apa yang anda tahu selain Python dan manakah yang paling anda sukai?

Sebagai seorang full-stack developer saya mahir menggunakan Python dan JavaScript (dan beberapa variannya), namun saya juga familiar dengan bahasa lain seperti PHP, Clojure, Java, Erlang, C, dan Go. Belum lama ini saya membaca tentang beberapa bahasa pemrograman dan komunitasnya yang menjadi budaya dan sub budaya dalam caranya masing-masing, dan Python telah menjadi bahasa yang paling saya sukai, tidak hanya karena saya dapat menggunakannya untuk berbagai keperluan namun juga karena saya nyaman menjadi anggota komunitasnya.

Project apa yang sedang anda kerjakan saat ini?

Saya cukup beruntung untuk dapat bekerja hampir selalu menggunakan Python, jadi diluar pekerjaan saya mencoba project yang dapat memungkinkan saya mempelajari bahasa dan teknologi baru. Satu aplikasi web yang memungkinkan saya bermain dengan Elm dan aiohttp, serta parser sebuah file format yang membantu saya belajar Rust.

Pustaka apa yang paling anda sukai?

Inti: __future__ dan pihak ketiga: tornado

Terimakasih telah berpartisipasi dalam wawancara ini!

 

Diterjemahkan dari PyDev of of the Week: Ramy Chowdury dengan lisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 3.0 Unported License atas ijin dari Mike Driscoll.

Dilihat 1736 kali

Is this helpful?

Share This Post