Quick Disaster Mendapatkan Global Winner di Code For Resillience 2014

Code For Resillience adalah sebuah event dimana mereka bekerja sama dengan pakar di disaster risk management di setiap daerah yang bekerja sama dengan mereka untuk meningkatkan penanganan bencana dengan membentuk sebuah solusi berupa hardware atau software. Diharapkan solusi tersebut dapat meningkatkan kemampuan komunitas untuk mengidentifikasi bencana, mengurangi resiko bencana dan tanggap kepada bencana yang lebih besar. Code For Resillience ini dibagi kedalam tiga tahap yaitu Problem Statement Defintions (Oktober 2013 - Januari 2014), Hackathon Events (Februari - Maret 2014), dan Online Innovation Challenge (April - Juni 2014). Acara yang diprakarasi oleh diprakarsai oleh Bank Dunia.

Pengumuman Global Winner dilaksanakan di London pada 30 Juni 2014 di acara Understanding Risk Forum. Peserta yang menjadi finalis antara lain:

  • Jakarta Flood Alert
  • Anytime!
  • Disaster Resillience
  • Ehon
  • Flood AR
  • iLigtas
  • Nigechizu
  • Quick Disaster
  • Save The Baby
  • We Are Ready

Dan Quick Disaster berhasil menjadi Global Winner dari acara tersebut. Seperti yang dilansir dari UGM News, Quick Disaster ini dibangun oleh campuran mahasiswa ilmu komputer dan geofisika yang terdiri dari Daniel Oscar Baskoro (Project Manager), Zamahsyari (Programmer), Bahrunnur (Programmer), Sabrina Woro Anggraini (Copy Writer), dan Maulana Rizki Aditama (Data Analyst).Quick Disaster ini adalah sebuah aplikasi untuk mengantisipasi bencana yang dibangun di wearable device, Google Glass. Pengguna Quick Disaster akan menerima tiga informasi penting tentang bencana yang terdiri dari: sebelum bencana, riwayat bencana suatu daerah, dan pasca bencana yang terintegrasi dengan foto pengguna melalui social media.Berdasarkan review di Code For Resillience, Quick Disaster dapat memberikan solusi pada 9 macam bencana yaitu gunung meletus, longsor, tornado, gempa bumi, hujan abu, banjir, kebakaran, dan tsunami. Selain itu dapat memberikan informasi tentang pos evakuasi terdekat yang didukung oleh location based service yang dibantu dengan teknologi GPS untuk memberikan kemudahan evakuasi saat bencana berlangsung. Selain itu dengan terintegrasi ke Google +, Quick Disaster dapat memperlihatkan bencana yang berlangsung di sekitar pengguna, yang hal ini dapat membuat bantuan dan pengiriman barang lebih cepat dan tepat.

Demo lengkap Quick Disaster dapat Anda simak di dua video berikut: Quick Disaster - UGM Application dan Quick Disaster Demo. Anda juga dapat melihat cara menggunakan Quick Disaster di Quick Disaster Tutorial

(rfs/ugm/cfr)

Dilihat 582 kali

Is this helpful?

Share This Post