Lebih terarah belajar coding melalui Kelas Online dan Interactive Coding Lihat Materi Belajar

Rayakan Kemerdekaan dengan Bikin Game, JGJ48 #Merdeka

Ditulis oleh Kresna Galuh D. Herlangga, dipublikasi pada 12 Aug 2014 dalam kategori News
Rayakan Kemerdekaan dengan Bikin Game, JGJ48 #Merdeka - CodePolitan.com

Setelah menuai sukses di dua acara game jam sebelumnya, kali ini GameLan untuk kali ketiga akan mengadakan Game Jam. Kali ini dalam rangka untuk menyambut hari kemerdekaan Indonesia yang ke-69 dan masih dalam rangkaian acara Anniversary Jogja Digital Valley yang pertama, GameLan akan mengadakan game jam bertemakan kemerdekaan yang disebut JGJ48 #Merdeka. JGJ48 (Bukan JKT48 atau AKB48 ya... :D) merupakan singkatan dari Jogja Game Jam 48 Hours.

logo-gamelan_small

GameLan sendiri adalah komunitas Game Developer Jogjakarta yang berisikan praktisi – praktisi dunia industry dan juga kalangan akademisi seperti mahasiswa . Beberapa game studio yang tergabung dalam gameLan adalah Amagine Interactive, Agate Jogja, Creacle Game Studio, Enthrean Guardian, Hinocyber, Mars Studio, Qajoo, dan beberapa game studio lain.

Game jam merupakan sebuah kegiatan berkumpulnya game developer dengan tujuan melakukan perencanaan, perancangan dan pembuatan satu atau lebih game dalam jangka waktu yang pendek, biasanya antara 24 hingga 48 jam. Biasanya game developer terdiri atas programmer, game designer, artist, dan peran lain yang berhubungan dengan game development.

JGJ48 hingga kini telah sukses dilaksanakan sebanyak 2 kali dimana yang pertama diadakan pada tahun 2013 di bulan September dan bertempat di Jogja Digital Valley Sagan . JGJ48 yang pertama dihadiri oleh 23 peserta yang terdiri dari professional game developer dan juga mahasiswa serta disponsori oleh Blackberry dan Scirra. Dalam JGJ48 yang pertama ini dihasilkan 7 buah game.

JGJ48 yang kedua diadakan pada bulan Januari 2014 bersamaan dengan Global Game Jam (GGJ), sebuah sesi game jam global yang diadakan di berbagai wilayah di seluruh Dunia, GGJ di Indonesia sendiri diadakan di 6 regional yaitu Jakarta, Bandung, Semarang, Jogjakarta, Surabaya dan Bali. Di Jogjakarta sendiri GGJ diadakan bersamaan dengan JGJ48 dan dihadiri oleh 26 peserta yang terdiri dari professional dan mahasiswa. Dalam JGJ48 yang kedua ini dihasilkan 8 buah game.

JGJ48 yang ketiga, atau JGJ48 #Merdeka kali ini akan diadakan pada tanggal 15-17 Agustus 2014 bertempat di Jogja Digital Valley. JGJ48 #Merdeka ini akan diikuti oleh 35 peserta dari kalangan profesional game developer maupun kalangan mahasiswa.

Peserta JGJ48 #Merdeka akan datang sebagai individu dan kemudian dikelompokkan menjadi tim-tim game developer kecil yang jumlahnya 3-5 orang dan berisikan programmer, artist, game designer dan sound engineer. Sehingga nanti tantangannya adalah selain mengerjakan game hanya dalam waktu 48 jam para peserta juga dituntut untuk bekerja sama dengan orang-orang yang bahkan belum saling mengenal.

poster

Untuk informasi lebih lanjut silahkan kunjungi: http://jgj48.tumblr.com/
Baca ini juga untuk lebih detail: http://jgj48.tumblr.com/faq

Kalau mau ikutan ke sini: http://jgj48.tumblr.com/daftar

So.. buat Kamu game developer apalagi berlokasi di seputaran Jogja, pastikan ikut acara keren ini!


background

Gabung CodePolitan Membership

Ingin belajar coding secara online dengan lebih terarah? Gabung sekarang dalam program Premium Membership di CodePolitan. Dapatkan ratusan modul belajar pemrograman premium dalam beragam format dengan materi silabus lengkap dan tersusun rapi dari awal hingga mahir.

LIHAT MATERI BELAJAR GABUNG MEMBERSHIP