Rekatkan Ukhuwah Islamiyah dengan Aplikasi Jejaring Sosial Masjid Pertama di Indonesia, Masjidku

Facebook adalah sarana sosial yang menghubungkan orang-orang dengan teman dan rekan mereka lainnya yang bekerja, belajar, dan hidup di sekitar ... - Facebook

Jalin hubungan dengan teman Anda — dan orang menarik lainnya. Dapatkan pembaruan aktual tentang hal yang Anda minati. -  Twitter

Kelola identitas profesional Anda. Bangun dan kenali jaringan profesional Anda. Akses berita, pengetahuan, dan peluang. - LinkedIn

Jejaring sosial yang bertujuan untuk merekatkan hubungan sosial dengan teman, rekan, kolega, dan keluarga seperti Twitter, Facebook, LinkedIn, dan jejaring sosial lainnya pasti sudah umum kita temui. Tapi bagaimana dengan jejaring sosial yang dibuat untuk merekatkan hubungan antara Masjid dengan jamaahnya? Hal inilah yang diperhatikan oleh Adib Toriq dan tim pengembang aplikasi Masjidku, jejaring sosial untuk Masjid pertama di Indonesia.Masih tingginya biaya yang dibutuhkan untuk penyiaran informasi seperti kegiatan keagamaan, penyampaian dakwah, pelaporan infaq serta sodaqoh kini sudah tidak lagi menjadi masalah. Dengan menggunakan aplikasi Masjidku yang tersedia secara gratis bagi iOS maupun Android, kini kita dapat dengan mudah mengikuti kegiatan masjid tertentu, mengirimkan infaq atau shodaqoh secara online kepada masjid tujuan, serta mendapatkan semua informasi pendukung ibadah bagi umat Muslim.

Masjidku memiliki fitur push notification yang akan selalu mengingatkan kita untuk semua kegiatan, berita, maupun infaq dari masjid-masjid yang kita follow. Semua informasi ini akan kita dapatkan secara real-time. Artinya setiap kali pengelola masjid mempublikasikan informasinya, maka semua follower masjid tersebut akan mendapatkan notifikasi terkait kegaitan dari masjid yang mereka follow.

"Sebagai sebuah sarana komunikasi umat, Masjidku bertujuan meringankan biaya operasional yang dikeluarkan oleh masjid untuk komunikasi dan penyiaran informasi," ujar Adib Toriq, Chief Technology Officer Masjidku.

Demi memudahkan umat dalam melakukan infaq dan shodaqoh secara online, Masjidku bekerjasama dengan PT Artajasa Pembayaran Elektronis (Artajasa). Dengan menggunakan jaringan ATM BERSAMA milik Artajasa, pengguna Masjidku dapat dengan mudah menyalurkan infaq maupun shodaqoh yang terdaftar di aplikasi Masjidku.

Mekasnisme pembayaran yang dilakukan oleh Masjidku dinamakan dengan Transfer for Payment (TFP) yang dapat dimanfaatkan oleh institusi perbankan maupun non perbankan. Bayu Hanantasena, Direktur Artajasa mengatakan bahwa mekanisme ini telah terintegrasi dengan layanan ATM BERSAMA.Saat diluncurkan, Masjidku telah memiliki lebih dari 1.250 orang pengguna dan 11 Masjid yang telah bergabung, yakni Masjid Daarut Tauhid Bandung, Masjid Jenderal Sudirman Jakarta, Masjid Jami' Al-Muqorrobin Jakarta, Masjid Baitul Makmur Boyolali, Masjid Darul Ihsan Bekasi, Masjid Raya Bintaro Jaya Sektor 9, Masjid Emerald Bintaro, Masjid Nuruddin Jombang-Jawa Timur, Masjid Cahayaningati Malang, Masjid Al Muttaqien Malang, dan Masjid Abu Dzar Al Ghifari Malang. Tentunya menjelang bulan Ramadhan, akan semakin banyak Masjid yang bergabung bersama Masjidku untuk mempererat ukhuwah Islamiyah di Tanah Air.

Dilihat kali

Is this helpful?

Share This Post