Rekomendasi Framework NodeJs

Ditulis oleh Geeraldo Jose, dipublikasi pada 02 Jul 2018 dalam kategori Info
Rekomendasi Framework NodeJs

Node.js merupakan platfrom server side yang bersifat open source yang artinya tersedia secara gratis. Terdapat banyak sekali framework untuk Node.js di luar sana, dan kami sudah merangkum beberapa framework yang bisa digunakan pada Node.js.

1. Express

Express.js merupakan framework yang dikembangkan oleh perusahaan yang bernama StrongLoop pada bulan Juni 2014 dan pada September 2015 StrongLoop diakusisi oleh IBM. Express.js memiliki beberapa fitur yang cepat, minimalis, dan flexibel untuk framework disisi server side. Express.js juga digunakan untuk pengembangan aplikasi seperti Yummly, MySpace, dan segment.io.

Express.JS

2. Sails.js

Sails.js adalah salah satu framework yang terpopuler dari beberapa real time MVC microframework dan mempunyai kemiripan dengan Express.js. Framework ini sudah mendukung [Grunt Models](https://en.wikipedia.org/wiki/Grunt_(software) termasuk CoffeScript, Dust, SASS, LESS. Jika kalian ingin membuat aplikasi multiplayers game atau aplikasi web membutuhkan data secara real time maka Sails.js bisa di pertimbangkan.

Sails.Js

3. Socket.IO

Socket.io bisa kita gunakan sebagai real time framework dan sangat cocok bila kita sedang mengembangkan aplikasi chatting yang membutuhkan akses real time . Fitur menarik yang ada di Socket.io adalah framework ini bisa berjalan secara lancar di berbagai device, OS, dan browser modern dan banyak digunakan di berbagai perusahaan besar seperti Microsoft, Trello, Yammer, dan Zendesk.

Socket.io

4.hapi.js

Hapi.js merupakan framework untuk Node.js yang digunakan untuk pengembangan aplikasi yang membutuhkan application programming interface (API). Framework ini diciptakan oleh developer yang berkerja di Wallmart untuk menghadapi traffic yang padat saat Black Friday Online (sebuah hari dimana pelanggan bisa mendapatkan diskon super besar, di Indonesia terdapat event serupa dengan nama Hari Belanja Online Nasional).

hapi.js

5.Chocolate.js

Chocolate.js merupakan aplikasi open source yang di buat menggunakan CoffeScript. Framework ini sudah menyediakan chocolate studio, Online IDE, LOCCO, chocolate protocol, dan LateDB database.

chocolate

6. Tesla.js

Tesla.js adalah framework berbentuk MVC. Tesla.js ini menggunakan kombinasi antara npm dan Bower untuk membantu membuat Boilersplate.

tesla.js

7. Sane Stack

Jika kalian suka bermain CLI maka Sane Stack merupakan framework yang cocok dengan kalian. Framework ini merupakan pengembangan dari express dan ember yang di peruntukan untuk pengembangan aplikasi web yang lebih efisien.

Sane Stack

8. RhapsodyJS

RhapsodyJS merupakan frawework MVHC yang biasa digunakan untuk membuat aplikasi yang memerlukan perfoma yang tinggi serta memiliki keamanan yang tinggi untuk menjaga keamanan data yang berada didalamnya. Salah satu fitur yang di miliki oleh framework ini adalah sudah mendukung socket dan memiliki fitur build in Rest API didalamnya.

RhapsodyJS

9. Nightwatch.js

Nightwatch.js ini merupakan framework yang berbasis E2E (END-TO-END) dan merupakan testing solution untuk kita yang sedang menngembangkan aplikasi web.

Nightwatch.js

10. Feathers.js

Feathers.js merupakan framework yang populer karena bisa menyediakan real-time API yang mana saat ini sangat dibutuhkan dalam pengembangan aplikasi web dalam waktu yang relatif lebih singkat. Feathers.js juga memberikan kita kontrol terhadap data kita lewat RESTful resources, sockets, beberapa plugin lainya.

Feathers.js

Berlangganan Informasi CodePolitan Melalui Email

Jangan sampai kamu melewatkan informasi penting tentang pemrograman dan teknologi! Kamu bisa berlangganan Newsletter CodePolitan dengan cara mengisi formulir di samping.

Promo potongan 10% untuk bergabung dalam kelas online Menjadi Web Programmer