waktu tersisa untuk klaim DISKON 40% dalam program Full Stack Membership. Klaim Promo!
Lebih terarah belajar coding melalui Kelas Online dan Interactive Coding Lihat Materi Belajar

Rick Ellis, Tokoh Dibalik Framework CodeIgniter

Ditulis oleh Yana Permana, dipublikasi pada 12 May 2015 dalam kategori Tokoh
Rick Ellis, Tokoh Dibalik Framework CodeIgniter - CodePolitan.com

Siapa yang tidak kenal framework CodeIgniter? Salah satu framework populer yang banyak digunakan di Indonesia. Namun sudahkah kita mengetahui, siapa tokoh dibalik framework ini?

Dia adalah Rick Ellis. Seorang programmer, desainer, fotografer, seniman bela diri dan musisi. Selain menjadi penemu framework CodeIgniter, beliau juga menjadi penemu dari Expression Engine (EE). Expression Engine sendiri adalah sebuah Content Management System (CMS) yang digunakan untuk membangun CMS.

Beliau memiliki latar belakang yang beragam dalam media dan teknologi. Beliau juga pernah bekerja sebagai tim kreatif dan teknis pada proyek-proyek interaktif untuk Disney, salah satunya pada fitur film yang disutradarai oleh Oliver Stone. Sebagai programmer, beliau merintis EllisLab. EllisLab adalah start-up yang menjadi puncak dari semangat beliau untuk dunia internet. Dan beliau ingin agar orang lain menggunakan internet dengan cara yang berarti.

Didalam EllisLab banyak produk berbasis web yang dikembangkan oleh beliau dan kawan-kawan. Produk pertama yang diluncurkan adalah aplikasi blogging yang disebut dengan pMachine Pro. Beberapa tahun kemudian, beliau mengevaluasi produk sebelumnya. Dengan mempelajari dari pengalaman tersebut beliau merilis ExpressionEngine. Dari situlah beliau dan tim meluncurkan CodeIgniter, framework web open-source yang mudah digunakan dan cepat dalam mengembangkan web.

Dengan menggunakan framework CodeIgniter, programmer web profesional dapat membangun hampir semua jenis website dinamis atau aplikasi apa saja yang mereka inginkan. Hari ini puluhan ribu orang telah memilih software EllisLab untuk membangun situs, aplikasi, dan bisnis.

Model bisnis beliau dalam EllisLab sangat sederhana. Beliau dan kawan-kawan hanya ingin membangun perangkat lunak untuk programmer web profesional. Dan dengan cara tersebut mereka bersenang-senang, dan mereka tetap fokus.

Namun pada bulan Juli 2013, EllisLab mengumumkan bahwa mereka mencari pemilik baru untuk CodeIgniter karena didalam internal EllisLab sendiri mulai tidak fokus untuk terus mengembangkan CodeIgniter. Akhirnya pada bulan Oktober 2014, kepemilikan CodeIgniter berpindah tangan kepada British Columbia Institute of Technology, salah satu sekolah tinggi teknologi di Kanada.

(yp/ellislab)


background

Gabung CodePolitan Membership

Ingin belajar coding secara online dengan lebih terarah? Gabung sekarang dalam program Premium Membership di CodePolitan. Dapatkan ratusan modul belajar pemrograman premium dalam beragam format dengan materi silabus lengkap dan tersusun rapi dari awal hingga mahir.

LIHAT MATERI BELAJAR GABUNG MEMBERSHIP