waktu tersisa untuk klaim DISKON 40% dalam program Full Stack Membership. Klaim Promo!
Lebih terarah belajar coding melalui Kelas Online dan Interactive Coding Lihat Materi Belajar

Rod Johnson, Programmer Dibalik Framework Spring

Ditulis oleh Yana Permana, dipublikasi pada 31 May 2015 dalam kategori Tokoh
Rod Johnson, Programmer Dibalik Framework Spring - CodePolitan.com

Siapa yang tidak kenal framework Spring? Spring merupakan salah satu framework yang populer di kalangan programmer Java. Namun sudahkah kita mengenal programmer dibalik framework ini?

Beliau adalah Rod Johnson. Pria berkebangsaan Australia yang lahir di Sydney. Dalam mengembangkan framework Spring, beliau juga mendirikan SpringSource, di mana beliau menjabat sebagai CEO sampai tahun 2009 namun kini telah diakuisisi oleh VMware. Kemudian pada tahun 2012 ia bergabung dengan TypeSafe Inc dalam jajaran direksi.

Pada tahun 2002, Rod Johnson merilis versi pertama Framework Spring bersamaan dengan penerbitan bukunya yang berjudul 'Expert One-on-One J2EE Design and Development' tepatnya pada bulan Oktober 2002.

Kemudian beliau menggunakan lisensi Apache 2.0 pada bulan Juni 2003. Ini menjadi tonggak pertama untuk rilis selanjutnya. Kemudian versi 1.0, dirilis pada Maret 2004. Dilanjutkan dengan rilis selanjutnya pada bulan September 2004 dan Maret 2005. Dan berkat konsistensinya, pada tahun 2006, Framework Spring versi 1.2.6 memenangkan Jolt Productivity Award dan JAX Innovation Award.

Setelah Spring diakuisisi, beliau tetap dalam dunia pemrograman. Setelah bergabung dengan jajaran direksi TypeSafe Inc, beliau juga bergabung dengan perusahaan IT lainnya seperti Neo Technology, Elasticsearch, Meteor dan Hazelcast. Peran beliau bervariasi dalam perusahaan tersebut, salah satunya diskusi strategi, diskusi produk tingkat tinggi, perencanaan bisnis, rekrutmen, pembiayaan dan masalah organisasi. Beliau lebih fokus pada segi bisnis dibanding segi teknis.

Aktivitasnya sekarang adalah menjadi pembicara konferensi dan menghadiri konferensi seperti ScalaDays. Topik yang ia bincangkan adalah networking dan self-education. Sebagai programmer beliau tetap menyukai coding walaupun, ia telah menemukan framework sebesar Spring. Beliau lebih sering coding dalam bahasa Scala. Selain itu beliau juga masih sering terlibat dalam proyek Spring lainnya.

(yp/quora/wikipedia)


background

Gabung CodePolitan Membership

Ingin belajar coding secara online dengan lebih terarah? Gabung sekarang dalam program Premium Membership di CodePolitan. Dapatkan ratusan modul belajar pemrograman premium dalam beragam format dengan materi silabus lengkap dan tersusun rapi dari awal hingga mahir.

LIHAT MATERI BELAJAR GABUNG MEMBERSHIP