Saatnya "ROBOT" Mengambil Alih

Ditulis oleh Tarom Apriyanto, dipublikasi pada 01 Sep 2014 dalam kategori Info
Saatnya "ROBOT" Mengambil Alih - CodePolitan.com

Setiap tahun kemajuan teknologi terus meningkat dengan berbagai cara yang digunakan, demi tercapainya kemudahan dalam segala bidang. Yang lebih spesifik lagi ialah peningkatan dalam segi alat yang kita gunakan. Mulai dari alat-alat yang sederhana seperti alat pencukur kumis sampai dengan alat-alat berat dalam dunia industri & transportasi seperti halnya buldoser & pesawat terbang. Hampir semuanya di dominasi dengan mesin, yang tujuannya adalah meringankan pekerjaan manusia agar menjadi lebih mudah dan praktis. Bahkan demi mempermudah semua pekerjaan tanpa harus merepotkan orang lain serta dapat menghemat biaya, manusia menciptakan alat berupa mesin yang dapat menggantikannya dalam menyelesaikan semua pekerjaan, dari pekerjaan ringan sampai dengan pekerjaan berat atau berbahaya yang tidak mampu dilakukan oleh manusia sekalipun, tahukah anda alat itu? Iyaaa biasa kita dengar dengan sebutan “robot”.

Dunia robot itu sangat menarik untuk dibahas, karena perkembangannya masih terus ditingkatkan oleh para ilmuan robot. Sejauh ini robot sedang berkembang begitu pesat, bahkan sekarang telah banyak diproduksi secara masal untuk dipasarkan. Robot-robot yang lebih dikenal hingga saat ini adalah robot yang lebih banyak digunakan untuk pekerjaan yang berbahaya bagi manusia seperti menjinakan bom, memeriksa kapal karam, bahkan pada industri pertambangan juga menggunakan robot. Sedangkan robot-robot yang dapat membantu pekerjaan ringan manusia masih belum banyak kita ketahui, mungkin karena harganya masih terbilang sangat mahal untuk kalangan masyarakat Indonesia sehingga tidak heran jika belum banyak yang mau memilikinya.

Baru-baru ini terdengar isu dalam dunia kesehatan bahwa tenaga perawat dan dokter akan digantikan oleh sebuah robot. Waw apakah benar? Dilansir dari dari situs http://www.nursetogether.com seorang professor wanita yang bernama Dr. Rosalind Picard (profesor di Massachusetts Institute of Technology (MIT)), mengatakan kepada British Broadcasting Corporation (BBC) bahwa dalam rangka meningkatkan pelayanan kesehatan maka di setiap instansi kesehatan harus menyediakan robot. Bayangkan kalau hal ini terjadi, perawat serta dokter di setiap rumah sakit ataupun penyedia kesehatan digantikan dengan robot, lalu lulusan perawat dan dokter di Indonesia mau jadi apa? Itu sangat mungkin terjadi bahwa robot dapat menggantikan manusia dalam setiap kegiatan yang masih dilakukan menggunakan alat indera manusia, namun hati dan perasaan manusia itu yang tidak akan bisa dimiliki oleh robot. Jadi sepertinya, meskipun robot telah dibuat sedemikian rupa, itu tidak akan menggantikan secara total pekerjaan manusia tanpa ada pengawasan dari manusia itu sendiri.

Robot merupakan hasil salah satu dari pewujudan sebuah Artificial Intelligence (Kecerdasan buatan), tentu kecerdasan tersebut memiliki batas-batasan atau kekurangan-kekurangan yang sangat wajar karena itu adalah cipataan yang dibuat oleh manusia. Tidak seperti manusia yang merupakan ciptaan TUHAN, kecerdasannya akan terus berkembang ataupun berkurang dari waktu kewaktu. Sehingga masih belum ada satu robot yang dapat melakukan berbagai macam kegiatan, mereka dibuat hanya dengan satu atau beberapa kemampuan khusus yang sifatnya rutinitas.

Dari segi design penampakan, robot juga memiliki aneka ragam bentuk tergantung kegunaannya. Ada yang berbentuk manusia, binatang, kubus, bulat, bahkan virtual. Untuk menyempurnakan kepekaan robot, sekarang ini telah ada sensor dengan kualitas tinggi yang mampu mendeteksi gerakan dengan lebih tepat, mereplika ekspresi manusia, dan mampu menerima serta merespon ucapan manusia secara efektif, teknologi sensor tersebut ialah LIDAR (Light Detection and Ranging). Teknologi robot memang akan terus dikembangkan, hingga nanti mencapai batas kesempurnaan ciptaan manusia. Namun kita tidak perlu khawatir dengan hal-hal yang akan berimbas kepada kita terutama menyangkut menurunya kebutuhan tenaga kerja disetiap perusahaan-perusahaan karena akan digantikan dengan robot, itu semua tidak akan terjadi selama kita tetap mau meningkatkan kualitas diri dan selalu kreatif dalam berfikir.

Nah untuk lebih mengenal robot-robot apa saja yang telah memiliki teknologi tinggi bahkan telah dipasarkan secara masal di dunia. Berikut ini saya rangkum contoh-contoh robot tersebut, cekidot.

1. ASIMO

 united-academicsDOTorg

(Sumber gambar: www.united-academics.org)

ASIMO, para penggiat robotika mana yang belum pernah mendengar dan tahu akan robot humanoid (robot manusia) terpintar di dunia buatan Honda ini. Dengan ciri-ciri yang mudah sekali dikenali yaitu robot setinggi 130 cm dan berat 54 kg, berbentuk menyerupai seorang astronot yang membawa tas ransel. Asimo bisa berjalan dengan kedua kakinya layaknya seorang manusia hingga kecepatan 6 km/jam (lihat spesifikasi ASIMO di http://asimo.honda.com/asimo-specs/). Asimo diciptakan di Pusat Penelitian dan pengembangan Honda di jepang yaitu Pusat Penelitian Teknik Fundamental Wako. Versi asimo yang sekarang merupakan versi yang ke 11 sejak awal dimulainya proyek ASIMO ini yaitu pada tahun 1986.

Banyak yang mengira awalnya nama Asimo diambil dari nama penemu Tiga Hukum Robotik yaitu Isaac Asimo, dan dikira hanya juga hanya penamaan dari bahasa jepang “ashimo” yang berarti “kaki juga”, ternyata itu salah. Nama ASIMO merupakan sebuah akronim dari Advanced Step in Innovative Mobility (Langkah besar dalam pergerakan inovatif).

Nah untuk melihat aksi-aksi ASIMO silahkan kunjungi link berikut:

  1. http://www.youtube.com/watch?v=skXYr8BzjpM
  2. http://www.youtube.com/watch?v=JlRPICfnmhw

2. iRobot Scooba 450

jetsparkrobaticsDOTcom

(Sumber gambar: www.jetsparkrobatics.com)

Ini adalah robot pintar berikutnya meskipun tidak berbentuk manusia namun memiliki kegunaan yang luar biasa. Sebelum iRobot Scooba 450 ini hadir, pada tahun 2012 terakhir dirilis scooba 390 robot pembersih lantai. iRobot Scooba ini memang berfungsi sebagai robot pengepel lantai otomatis. Metodenya ialah dengan mengisi robot ini dengan seperempat gelas air yang dicampur dengan cairan pembersih lantai, di versi terbarunya yaitu scooba 450 dapat diisi sekitar 3 gelas cairan dan mampu membersihkan lantai kira-kira seluas 3 meter persegi. Versi terbarunya ini memiliki system kerja yang lebih kuat sikat penggosok lantainya lebih cepat dibandingkan versi sebelumnya.

Robot ini sudah dipasarkan ke seluruh dunia, dan kamu juga bisa memilikinya. Langsung saja yang ingin tahu penampakan & spesifikasinya bisa di lihat di http://store.irobot.com/family/index.jsp?categoryId=2174932.

3.X.ai (X dot AI)

xDotAi

(Sumber gambar: www.x.ai)

Tidak semua robot itu memiliki tangan dan kaki atau bahkan tubuh, namun seperti yang pernah di sebutkan di atas bahwa bentuk robot juga ada yang secara virtual. Seperti robot X dot AI (X.AI), ini merupakan robot virtual manajemen kalender yang sangat cerdas yang bisa membuat hidup Kamu lebih mudah dan ter-manage. Robot ini memiliki nama “Amy”, jika Kamu menghubungkan robot ini ke kalender online Kamu, Amy bisa bernegosiasi dengan 5 orang dan bisa mengatur pertemuan. Cukup memberi tahu kepada Amy di mana Kamu biasa ingin mengadakan pertemuan, waktu atau hari terbaiknya dan juga lamanya pertemuan. Maka Amy akan langsung memberitahukan kepada empat orang lainnya melalui email mereka.

Robot ini bisa Kamu cobain di https://x.ai/.

4.Knightscope K5

iDOTtimgDOTcom

(Sumber gambar: i.timg.com)

Knightscope merupakan robot patroli atau pemeriksa jika terdapat tindakan kejahatan. Robot dapat memahami gerakan dan juga mengidentifikasi seseorang sebagai penjahat bahkan mampu membedakan kejadian yang benar-benar terjadi atau sekedar menakut-nakuti robot tersebut. Robot ini berbentuk lonjong dan berjalan menggunakan roda. Robot ini sering ditempatkan ditempat parkir pada perusahaan-perusahaan yang menggunakan robot ini.

Untuk mengetahui seperti apa robot tersebut dapat di check di  http://knightscope.com/

5. Robokind Milo

thegarlandmessengerDOTcom

(Sumber gambar: www.thegarlandmessenger.com)

Robot ini dirancang untuk anak-anak penderita autis atau anak-anak yang memiliki kebutuhan khusus lainnya. Robokind Milo ini dapat menunjukan ekspresi ketakutan, bahagia, ataupun kesedihan. Motor penggerak pada wajah didesain dengan bahan seperti kulit sehingga tidak tampak kaku dalam mengespresikan wajah robot tersebut.

Robot ini juga mampu merespon dan menganalisis keluhan anak-anak dengan cara menganalisis pola wajah yang diberikan. Milo dengan tingginya 22 inchi dan memiliki 22 gerakan yang berbeda termasuk menggelengkan kepala atau mengangkat lengan yang menunjukan ekpresi kegembiraan.

Ok untuk tahu lebih lanjut bisa cekidot di sini http://www.robots4autism.com/.

6.Zimplitic Rotimatic

rotimaticDOTcom

(Sumber gambar: www.rotimatic.com

Zimplitic Rotimatic merupakan tren terbesar dalam dunia robotika yang mampu membantu memecahkan masalah terutama dalam pembuatan makanan. Konon banyak orang yang suka sekali memakan flatbreads (sejenis pizza), nah mesin inilah solusinya. Karena mesin ini mampu mengidentifikasi setiap ketebalan roti yang pas dengan sangat cepat, 1 roti per menit.

Ok cekidot ajah https://rotimatic.com/.

7.Ecovacs Winbot

EcovacsDOTcom

(Sumber gambar: www.ecovacs.com)

Ecovacs Winbot merupakan robot pembersih jendela yang cukup efektif dan hasilnya tentu memuaskan. Namun robot ini masih memerlukan bantuan manusia dalam pengerjaannya karena sistem kerjanya meski diletakan di kaca yang akan dibersihkan yang sebelumnya telah dilumuri caira pembersih kaca kemudian robot ini akan langsung membersihkannya. Walaupun masih sedikit manual tapi cukup untuk menghemat tenaga bukan. Buat kamu yang ingin memilikinya robot ini dibandrol dengan harga $400 per robotnya, Mau?

Cekidot robot ini di http://www.ecovacs.com/bot/Winbot-Winbot 7 Series.html

Nah begitulah kira-kira sedikit informasi tentang perkembangan robot di dunia, semoga bermanfaat dan dapat menjadikan motivasi buat kita agar juga bisa menciptakan hal-hal baru, di mana hal baru tersebut nantinya dapat berguna bagi orang banyak, baik kancah nasional apalagi hingga kancah Internasional. Always creative & always think smart ya guys! Terimakasih, salam nyankoders!~~

Referensi:

  1. http://www.foxnews.com/tech/2014/07/25/6-smart-robots-taking-over-world/
  2. http://www.robotc.net/download/
  3. http://en.wikipedia.org/wiki/Robot
  4. http://en.wikipedia.org/wiki/ASIMO



Berlangganan Informasi CodePolitan Melalui Email

Jangan sampai kamu melewatkan informasi penting tentang pemrograman dan teknologi! Kamu bisa berlangganan Newsletter CodePolitan dengan cara mengisi formulir di samping.