waktu tersisa untuk klaim Potongan harga Rp 300.000 dalam program Membership. Klaim Promo!
Lebih terarah belajar coding melalui Kelas Online dan Interactive Coding Lihat Materi Belajar

Setelah Microsoft, macOS Menyusul akan Menghapus PHP di Sistem Operasinya

Ditulis oleh Hakim Sembiring, dipublikasi pada 15 Jul 2020 dalam kategori Info
Setelah Microsoft, macOS Menyusul akan Menghapus PHP di Sistem Operasinya - CodePolitan.com

Halo sobat Coders.

Ada kabar yang mengejutkan lagi di dunia persilatan di PHP dimana setelah Microsoft mengirim mailing lists dengan kabar akan memberhentikan dukungannya terhadap pengembangan PHP, macOS pun menyusul akan menghapus PHP di dalam sistem operasinya pada versi selanjutnya Big Sur.

Kabar Ini masih belum resmi ditampilkan dalam website atau media sosial milik pengembang Apple atau macOS tapi teman-teman bisa melihatnya pada saat mengecek versi PHP di dalam Mac OS melalui terminal pada versi Mac OS 11 atau Big Sur.

Informasi ini pun didapatkan dari salah satu pengguna Facebook yang menyertakan screenshot pada saat mengecek versi PHP di dalam sistem operasinya yang sudah menggunakan macOS versi 11 dan didalamnya terdapat informasi bahwa PHP sudah tidak disarankan lagi untuk digunakan didalam sistem operasi macOS yang teman-teman bisa melihat di bawah ini:

Sumber Faebook https://www.facebook.com/photo?fbid=10158376591319844

Perlu teman-teman ingat juga bahwa Mac OS sudah menyediakan PHP di dalam sistem operasinya sejak versi 10.0.0 dimana pada saat itu juga sudah menyertakan PHP versi 4 dan sampai dengan sekarang sudah versi 7.3. Artinya teman-teman bisa membuat website dengan bahasa pemrograman PHP tanpa perlu menginstal aplikasi khusus seperti XAMPP atau MAMP karena didalamnya sudah terdapat webserver Apache juga dan di versi Mac OS selanjutnya kita perlu menambahkan modul PHP secara terpisah bukan lagi sudah disediakan oleh Mac OS secara built-in.

Informasi ini juga menyusul pada saat Microsoft mengkonfirmasi bahwa divisi pengembangan PHP di dalam Microsoft sudah tidak mendukung Lagi versi PHP 8 yang bisa teman-teman lihat informasinya melalui link berikut:

Microsoft Support of PHP on Windows

Intinya, teman-teman tidak perlu khawatir lagi untuk menggunakan PHP di dalam sistem operasi manapun karena teman-teman bisa memanfaatkan paket aplikasi seperti XAMPP/LAMP/MAMP atau WSL di dalam Windows atau bisa menggunakan docker dan homestead yang bisa teman-teman pelajari melalui situs Codepolitan yang bisa diakses di sini. Kelas Online Codepolitan


background

Gabung CodePolitan Membership

Ingin belajar coding secara online dengan lebih terarah? Gabung sekarang dalam program Premium Membership di CodePolitan. Dapatkan ratusan modul belajar pemrograman premium dalam beragam format dengan materi silabus lengkap dan tersusun rapi dari awal hingga mahir.

LIHAT MATERI BELAJAR GABUNG MEMBERSHIP