Situs-situs Populer yang Dibuat dengan Django

Ditulis oleh Lord Voldemort, dipublikasi pada 14 Jan 2015 dalam kategori Info
Situs-situs Populer yang Dibuat dengan Django - CodePolitan.com

Django adalah web framework Python yang didesain untuk membuat aplikasi web yang dinamis, kaya fitur dan aman. Django yang dikembangkan oleh Django Software Foundation terus mendapatkan perbaikan sehingga membuat web framework yang satu ini menjadi pilihan utama bagi banyak pengembang aplikasi web. Saat tulisan ini dibuat, versi terbaru Django adalah versi 1.7.2 dan dapat anda unduh di laman resmi djangoproject.com.

Karena keandalannya banyak situs populer (mungkin yang saat ini sendang anda akses) menggunakan Django. Artikel kali ini kita akan melihat situs-situs populer yang dibuat dengan Django.

djangosites

Latest Additions    DjangoSites.org   Powered by Django

Mengapa situs ini yang pertama? Karena melalui situs ini, kita dapat melihat hampir semua situs yang menggunakan Django. Djangosites merupakan situs indeks yang berisi informasi situs yang menggunakan Django. Jika anda pernah membuat situs dengan menggunakan Django, anda juga dapat memasukkannya disitus ini. Djangosites dapat di akses melalui alamat https://www.djangosites.org/.

edX

edX Free></a></p><p>edX merupakan situs yang menyediakan kuliah online dari berbagai universitas top dunia. Sebut saja MIT, Harvard, University of Hongkong, Tsinghua University, The University of Tokyo, ikut ambil bagian di edX. Saya sampai beberapa waktu yang lalu belum mengetahui bahwa edX merupakan situs yang dibuat dengan Python. edX bahkan merilis kode mereka secara ke publik melalui laman <a href=github.com dengan nama Open edX. Sudah banyak sekali saat ini situs yang memanfaatkan Open edX (artikel tentang MongoDB University yang saya buat kemarin, situsnya juga menggunakan Open edX).

Instagram

Instagram

Instagram adalah aplikasi berbagi foto, video dan situs jejaring sosial online yang memfasilitasi penggunanya untuk mengambil foto dan video serta membagikannya melalui beragam situs jejaring sosial lain seperti Facebook, Twitter, Tumblr, dan Flickr.

Instagram sangat populer dikalangan pengguna internet khususnya pengguna smartphone karena mereka dengan mudah dapat mengambil beragam foto dan video dan langsung menggunggahnya ke Instagram. Foto atau video yang diunggah tersebut dapat pula dikomentari oleh orang lain.

Instagram dibuat oleh Kevin Systrom dan Mike Krieger pada tahun 2010. Karena kepopulerannya, pada tahun 2012 Instagram diakuisisi oleh Facebook senilai 1 juta dollar.

Disqus

Disqus – The Web’s Community of Communities

Disqus adalah salah satu sistem diskusi paling populer di internet. Disqus dapat diintegrasikan kedalam wordpress, tumblr, blogger, drupal, atau langsung ke dalam situs pribadi melalui html dan javascript. Disqus sudah cukup lama dikembangkan oleh Daniel Ha dan Jason Yan dari tahun 2007. Saat ini Disqus dimiliki oleh Disqus Inc.

Pinterest

Pinterest

Pinterest adalah aplikasi web yang digunakan untuk mengumpulkan hal-hal yang menarik buat kita berdasarkan kriteria tertentu. Diluncurkan 4 tahun yang lalu, pinterest masuk ke dalam 30 situs yang paling banyak diakes di internet.

Bitbucket

Free source code hosting for Git and Mercurial by Bitbucket'

Yes, ini adalah situs web-based hosting untuk revision control system git maupun mercurial. Bitbucket menawarkan layanannya secara gratis maupun komersil. Situs ini mirip dengan situs github.com, yang mana github dibuat khusus untuk git. Bitbucket pertama kali diluncurkan pada tahun 2008.

Prezi

prezi

Prezi adalah aplikasi cloud yang sering digunakan untuk membuat media presentasi. Prezi sangat populer di kadalangan akademik dan bisnis. Prezi memiliki empat produk utama yaitu Prezi ZUI, Prezi Desktop, Prezi Collaborate, Prezi Viewer for iPad.

Penutup

Apakah anda tahu situs populer lain yang menggunakan Django? Beritahu ya melalui kolom komentar di bawah.

 



Berlangganan Informasi CodePolitan Melalui Email

Jangan sampai kamu melewatkan informasi penting tentang pemrograman dan teknologi! Kamu bisa berlangganan Newsletter CodePolitan dengan cara mengisi formulir di samping.

Ingin belajar coding lebih terstruktur? Gabung kelas online CodePolitan sekarang!