Superpower, Game Engine 2D+3D Berbasis HTML5

Pembaca pasti sudah mengenal game engine berbasis HTML5 seperti GameMaker atau Construct 2). Namun, pembaca mungkin belum mengenal game engine yang satu ini, Superpowers.

Superpowers merupakan game engine berbasis HTML5 yang dapat memproduksi game 2D maupun 3D. Game engine ini dapat berjalan berkat teknologi Electron, Node.js, three.js, Socket.IO, TypeScript, dll. Tidak seperti Construct atau GameMaker yang closed source, Superpowers merupakan game engine yang open source. Kode sumbernya dapat dlilihat di repositori https://github.com/superpowers.

Karena menggunakan Electron, Superpowers dapat berjalan di lintas sistem operasi. Ia dapat berjalan di Microsoft Windows, Apple Mac OS X, maupun GNU LInux. Untuk game yang dihasilkan juga dapat di ekspor untuk ketiga sistem operasi tersebut ditambah dengan Android dan iOS.

Baca juga: Kursus HTML5 Game Intensif Codepolitan

Physics engine seperti Cannon.js atau p2.js, koneksi jaringan dengan Socket.IO, atau tweening dengan Tween.js sudah menjadi fitur bawaan Superpowers. Dengan demikian kita tidak perlu repot-repot lagi memasang plugin-plugin standar yang dibutuhkan untuk mengembangkan game HTML5.

Superpowers memiliki antarmuka yang menarik, lengkap, namun tetap mudah digunakan. Fitur seperti sprite editor atau animator

Pembaca yang ingin mencoba membuat game dengan Superpowers tidak perlu repot mencari aset baru. Hal ini dikarenakan Superpowers telah menyediakan lebih dari 1200 aset yang diantaranya: Space shooter, Ninja Adventure, 3D Characters, 3D Vehicles, Layered Backgrounds, Medieval Fantasy, Prehistoric Platformer, Top-down Shooter, Western FPS 2D.

;

Meskipun masih tergolong muda dan belum begitu dikenal, Superpowers sudah digunakan untuk memproduksi game-game indie yang hasilnya dapat dilihat di sini.

Pembaca yang penasaran bisa mengunduh Superpowers beserta aset-asetnya lewat itch.io. Untuk tutorial dan forum dapat dikunjungi lewat situs resmi Superpowers ini.

Dilihat 1627 kali

Is this helpful?

Share This Post