Tutorial Ngoding Kilat CodeIgniter, Rahasia Bongkar Harviacode dan Auth

Postingan kali ini, kartu joker saya keluarkan semua guys. Supaya programmer Indonesia sehat-sehat Happy Life Coding and Live Coding Happily karena bisa ngoding cepat kilat tidak perlu gadang-gandangan lagi ngoprek coding. Bahkan salah satu teman saya menyebut ini mesin uang to be true. Balik lagi niat saya ingin sharing bukan untuk komersil karena tools yang saya gunakan ini juga opensource, dengan tools ini kita bisa mengerjakan projekan banyak dalam waktu yang singkat,

Baiknya saya mulai dengan menyiapkan beberapa senjata tempur kita :

  1. Xampp
  2. Codeigniter 3.x
  3. Template Admin Bebas (Untuk tutorial ini saya menggunakan template Admin Ultra Modern
  4. Harviacode CRUD Generator 1.4

Dalam tutorial ini saya akan membongkar core utama dari harviacode untuk mendapatkan codingan yang sesuai dengan template yang kita gunakan, mulai dari controller sampai viewnya. Saya anggap disini sudah pernah menggunakan Harviacode semua, kalau ada yang belum silahkan pelajari dulu cara kerjanya di situs official harviacode.

Aktifkan XAMPP

Mari kita download terlebih dahulu XAMPP yang sudah diinstal, yang sudah punya xampp skip saja tinggal aktifkan apache dan mysqlnya. Untuk yang belum silahkan download pilih versi xamp bebas. Pada tutorial saya ini menggunakan Xampp Control Panel v3.2.2, itu artinya download yang sudah mendukung version 5.6.30 / PHP 5.6.30.

Download Xampp

Kemudian aktifkan xamp, karena kita menggunakan koneksi database jadi pilih start apache dan mysql seperti pada gambar berikut :

Mengaktifkan Xampp

Buat Local Project

Mari kita buat engine CI CRUD Mania yang nantinya bisa digunakan untuk berbagai macam projekan menggunakan template admin Ultra Modern, karena sudah include multiuser authentication . Jadi bisa digunakan untuk hak akses admin lebih dari 1, kemudian untuk mengganti template silahkan nanti sesuaikan sendiri. Cara konfigurasi harviacode sesuai template akan saya jabarkan semudah mungkin, enjoy.

Baiklah setelah selesai mendownload 3 komponen di atas (Codeigniter, Harviacode dan template ultra modern), kemudian kita gabungkan menjadi 1 folder dengan nama cicrudmania. Lihat dulu tutorial cara memasang harvia code, setelah sudah terintegrasi Codeigniter dan harviacode buatlah folder baru dengan nama web di dalam folder cicrudmania. Masukan semua komponen template Ultra Modern ke dalam folder web, kemudian hapus saja folder assets bawaan harvia code karena kita tidak menggunakan itu. Pastikan struktur foldernya seperti berikut :

Struktur Folder

1. Views

Kita pecah-pecah template menjadi 3 bagian yaitu header, footer dan konten. Untuk itu, kita buat file dengan nama header.php, footer.php dan index.php pada xampp\htdocs\cicrudmania\application\views.

header.php

footer.php

index.php

Perhatikan :

<?php echo base_url() ?>web/js/
<?php echo base_url() ?>web/css/
<?php echo base_url() ?>web/images/

Menjelaskan lokasi template, karena template ditempatkan pada folder web maka cara memanggil css, javascript dan images seperti itu.

Kemudian kita buat form untuk loginnya. auth.php

2. Controllers

Mari kita membuat 2 file yang akan digunakan untuk memanggil halaman login dan halaman direct setelah berhasil login. Untuk halaman login kita buat controller dengan nama Auth.php dan halaman dashboard kita buat Dashboard.php.

Supaya saat membuka halaman utama mengarah ke controller Auth.php ingat ubah routes.php pada xampp\htdocs\cicrudmania\application\config menjadi

$route['default_controller'] = 'auth';

Auth.php

Dashboard.php

3. Models

Untuk model kita cukup buat 1 file yaitu Auth_model.php sebagai model dari controller Auth.php, di model ini fungsinya memanggil tabel user sebagai hak akses. Auth_model.php

4. Database

Nama database silahkan bebas tentukan sendiri, misal create database dengan mana cicrudmania. Kemudian create tabel user

Penjelasan : username dan login, untuk melakukan login. Sedangkan role, untuk menentukan hak akses. Pada contoh hak aksesnya ada 2 yaitu Dosen dan Mahasiswa, untuk itu pada controllers Dashboard.php line 9 dituliskan

protected $access = array('Dosen', 'Mahasiswa');

Dapat disesuaikan controllernya, misal nanti controller dengan fungsional mengelola matakuliah hanya ingin dosen saja yang bisa akses dituliskan

protected $access = array('Dosen');

5. Core (My_controller)

Sebenarnya kenapa hak akses bisa hanya dituliskan sebaris coding, karena sudah dibuat class pada Core dengan dengan nama class My_controller. Itulah alasannya pada pemanggilan class di controller selalu mengextends My_controller, padahal kalau dicermati extends bawan CI menggunakan CI_controller.

Untuk itu mari buat file My_controller.php pada xampp\htdocs\cicrudmania\core

Memodifikasi Harviacode

Cara memodifikasi harvia tinggal masuk pada xampp\htdocs\cicrudmania\harviacode\core. Disana ditemukan banyak file yang digunakan untuk mengenerate menjadi CRUD, untuk itu sebelumnya kenali kegunaan file-file tersebut :

  1. create_config_pagination.php, untuk membentuk pagination pada saat menampilkan data.
  2. create_controller.php, untuk membentuk file controller.
  3. create_exportexcel_helper.php, untuk membentuk fungsi export data ke dalam excel.
  4. create_libraries_datatables.php, untuk membentuk komponen-komponen pada saat memilih datatables.
  5. create_model.php, untuk membentuk file model.
  6. create_view_form.php, untuk membentuk file view saat melakukan aksi tambah dan edit data.
  7. create_view_list.php, untuk membentuk file list menampilkan data.
  8. create_view_list_datatables.php, untuk membentuk file list menampilkan datatables.
  9. create_view_list_doc.php, untuk membentuk file yang diexport ke dalam word .doc
  10. create_view_read.php, untuk membentuk file read atau menampilkan data yang dipilih.

Setelah mengetahui kegunaan masing-masing file kita dapat mengedit sesuai keperluan kita menyesuaikan dengan komponen template Ultra Modern, begitu juga berlaku sama untuk template lain. Berikut saya lampirkan file-file pada folder core harviacode yang sudah saya edit sesuai template admin modern : Download Disini Kemudian replace dengan file yang sudah saya modifikasi, silahkan dapat dipelajari file mana saja yang saya ubah.

Untuk lebih jelas saya sudah membuatkan video tutorial yang membahas CCM (CI CRUD Mania), videonya berdurasi 27 menit karena memang saya jelaskan secara mendetail dari mulai configurasi awal sampai siap projekan.

Dilihat 14555 kali

Is this helpful?

Share This Post