Upload Program Arduino Via Android Menggunakan Bluino Loader

Ditulis oleh Toni Haryanto, dipublikasi pada 28 Oct 2016 dalam kategori Tutorial
Upload Program Arduino Via Android Menggunakan Bluino Loader - CodePolitan.com

Bluino Loader adalah aplikasi pemrograman Arduino yang berjalan di Android. Bluino Loader dapat digunakan untuk mengupload kode program (atau disebut sketch) Arduino melalui smartphone atau tablet berbasis Android. Bluino Loader dikembangkan oleh Mansur Kamsur, seorang programmer asal Bandung yang juga membangun sebuah prototype board yang diberi nama Bluino ONE dengan spesifikasi dan ukuran yang sama dengan Arduino UNO dengan tambahan built-in bluetooth HC-05 di atasnya. Mansur membuat aplikasi Bluino Loader sebagai pendamping penggunaan board Bluino ONE yang dapat langsung digunakan dengan konektivitas bluetooth sebagai media upload sketchnya. Meski demikian Bluino Loader dapat juga digunakan untuk mengupload sketch untuk prototype board berbasis Arduino lainnya, seperti Arduino UNO, Arduino Mikro, Arduino Mega, dan lain sebagainya, dengan tambahan modul bluetooth HC-05 atau HC-06.

Bluino Loader dikembangkan di atas project open source Turbo Editor, sebuah aplikasi code editor untuk Android. Mansur membenamkan banyak fitur kedalamnya sehingga dapat digunakan untuk menulis dan mengcompile kode program Arduino, menampilkan Serial Monitor untuk proses debugging, memindai perangkat bluetooth, hingga upload program ke board berbasis Arduino.

Berikut adalah video demo penggunaan Bluino Loader pada board Bluino One:

Pada saat tulisan ini dibuat, Bluino Loader baru dapat mengupload sketch melalui koneksi bluetooth, sehingga bila kamu tidak memiliki board Bluino ONE, Kamu dapat menggunakan board Aduino lainnya dengan tambahan modul bluetooth. Rencananya versi selanjutnya dari Bluino Loader akan ditambahkan fitur upload melalui USB OTG.

Kamu dapat mengakses aplikasi Bluino Loader di halaman Google Play berikut https://play.google.com/store/apps/details?id=com.bluino.bluinoloader&hl=en.

Bluino ONE Board

Bluino ONE adalah embedded system board berbasis Arduino UNO yang telah ditambahkan modul bluetooth HC05 kedalamnya sehingga Bluino ONE dapat diprogram secara wireless menggunakan Laptop (Arduino software) atau menggunakan Android (Bluino Loader). Bluino ONE ini lahir dari sebuah project crowdfunding yang diselenggarakan di website Geeknesia beberapa waktu lalu, dan berhasil mencapai target pendanaan.

Bluino ONE memiliki spesifikasi hardware yang sama persis dengan Arduino UNO, kecuali modul bluetooth HC-05 yang sudah include di atas papannya, sehingga Kamu dapat membuat project dengan memanfaatkan konektivitas bluetooth tanpa harus menambahkan lagi modul bluetooth.

bluino-one

Bluino ONE juga memiliki bentuk dan susunan pin yang sama seperti Arduino UNO, sehingga banyak shield Arduino yang dapat dipasangkan diatas Bluino ONE, seperti shield motor, shield LCD, shield breadboard, shield 7 segment, shield relay dan banyak shield lainnya.

susunan-pin-bluino-one

 

Adapun socket microUSB hanya digunakan sebagai pilihan line power 5V dan tidak berfungsi sebagai line programming. Upload sketch program hanya dapat dilakukan melalui koneksi bluetooth. Ini menjadi kelebihan tersendiri karena kita tidak perlu lagi menggunakan kabel setiap kali hendak memperbaharui program saat proses prototyping.

Bila Kamu tertarik untuk mencoba keandalan board ini, Kamu dapat langsung mengakses websitenya di www.bluino.com. Tim CodePolitan juga sudah menyediakan project tutorial menarik dan akan terus diupdate untuk Kamu yang baru mulai menggunakan board Bluino ONE, dengan mengakses halaman https://www.codepolitan.com/tag/bluino.



Berlangganan Informasi CodePolitan Melalui Email

Jangan sampai kamu melewatkan informasi penting tentang pemrograman dan teknologi! Kamu bisa berlangganan Newsletter CodePolitan dengan cara mengisi formulir di samping.

Banner foot-promo-update is not found.