Visual Basic Kini Berumur 25 Tahun

Ditulis oleh Lord Voldemort, dipublikasi pada 26 May 2016 dalam kategori News
Visual Basic Kini Berumur 25 Tahun - CodePolitan.com

Visual Basic merupakan produk Microsoft yang dirilis oleh Bill Gates pada tanggal 20 Mei 1991. Produk yang satu ini dirilis untuk memudahkan developer dalam menciptakan aplikasi windows secara cepat. Meskipun dukungan resmi dari Microsoft telah dihentikan sejak tahun 2008, namun penulis masih belajar menggunakan Visual Basic versi 6.0 (yang dirilis tahun 1998) pada salah satu mata kuliah di tahun 2013/2014.

Microsoft_Visual_Studio_6_screenshot

Saking hebatnya produk besutan Microsoft yang satu ini membuatnya tetap terus dipakai meskipun telah bertahun-tahun dinyatakan "usang". Visual Basic .NETsebetulnya telah dirilis oleh Microsoft untuk menggantikan Visual Basic generasi lama. Namun generasi Visual Basic yang lebih baru masih belum bisa sepenuhnya membuat para developer melupakan Visual Basic 6.0.

Baca juga: 5 Grup Pemrograman Visual Basic Terbesar dari Indonesia di Facebook

Kesuksesan Visual Basic 6.0 bahkan menginspirasi developer open source  untuk mengembangkan Gambas. Gambas merupakan versi open source dari Visual Basic 6.0 yang berjalan di atas sistem operasi Linux, FreeBSD, dan Mac OS X.

gambas

Selamat ulang tahun Visual Basic.

sumber: https://blogs.msdn.microsoft.com/dotnet/2016/05/20/happy-25th-birthday-vb/



Berlangganan Informasi CodePolitan Melalui Email

Jangan sampai kamu melewatkan informasi penting tentang pemrograman dan teknologi! Kamu bisa berlangganan Newsletter CodePolitan dengan cara mengisi formulir di samping.

Ingin belajar coding lebih terstruktur? Gabung kelas online CodePolitan sekarang!