Wagtail, CMS Django yang Anggun

Ditulis oleh Yana Permana, dipublikasi pada 17 Jul 2015 dalam kategori Tools
Wagtail, CMS Django yang Anggun - CodePolitan.com

Wagtail adalah CMS yang dibangun dengan Python dan framework Django. Dibuat oleh pengembang untuk pengembang. Didalamnya menawarkan antarmuka yang cepat dan atraktif untuk editor dimana konten dapat dibuat dengan struktur yang intuitif, elegan, powerful dan cepat.

Mengapa Wagtail? Padahal banyak CMS yang tersebar di penjuru internet? Karena CMS ini open source. Pengembang Wagtail menggunakan Drupal yang telah sukses di berbagai situs besar termasuk kampanye NGO, penggalangan dana, universitas dan organisasi sektor publik. Ada juga beberapa CMS berbasis Django yang bagus termasuk didalamnya Mezzanine, Fein dan Django CMS itu sendiri. Semua itu berkat kerja keras komunitas pengembang dan studi kasus yang impresif.

Namun dengan website yang sudah diatur dengan CMS selama 14 tahun lebih, pengembang Wagtail percaya bahwa CMS dapat berjalan dengan baik. Dan mereka juga membuka kontribusi bagi programmer Python lainnya yang ingin bergabung.

Karena dibangun dengan Django maka Wagtail sendiri sudah friendly. Salah satunya Torchbox yang telah menjadi pengguna antusias. Mereka percaya karena telah memperhitungkan tokoh-tokoh Django terkemuka seperti Simon Wilison dan Andrew Godwin.

Django sendiri telah menjadi platform favorit untuk pengembangan aplikasi selama 5 tahun, karena berkelanjutan dan pengembangan yang cepat serta koding sudah menjadi hobi.

Apa saja yang ditawarkan Wagtail? CMS Wagtail bisa dikustomisasi dengan berbagai template Django standar. Konfigurasi tipe konten juga melalui model Django standar. Juga integrasi langsung dengan aplikasi-aplikasi Django lainnya.

Fitur lainnya seperti manajemen gambar dan dokumen sudah diatur sedemikian rupa dengan desain yang intuitif secara langsung. Sedangkan untuk hak akses bisa dikonfigurasi secara mudah, dan bila kita menginginkan konfigurasi kompleks, hal tersebut juga tersedia. Dukungan workflow seperti multi-site dan multi-bahasa juga tersedia.

Nama CMS Wagtail sendiri mengambil filosofi dari burung yang bernama Wagtail. Burung yang imut dari keluarga Motacilla. Pengembang Wagtail menyatakan alasannya memiih burung tersebut karena untuk penggunaannya pada logo menjadi lebih mudah.

Itulah CMS Wagtail yang dibangun dengan Python dan framework Django, tentunya dengan desain yang anggun. Tertarik mencobanya? Kunjungi situs resminya di https://wagtail.io/

(yp/wagtail)



Berlangganan Informasi CodePolitan Melalui Email

Jangan sampai kamu melewatkan informasi penting tentang pemrograman dan teknologi! Kamu bisa berlangganan Newsletter CodePolitan dengan cara mengisi formulir di samping.