Wawancara dengan Balsamiq Studio LLC

Ditulis oleh Lord Voldemort, dipublikasi pada 04 Sep 2016 dalam kategori Wawancara
Wawancara dengan Balsamiq Studio LLC - CodePolitan.com

Artikel kali ini berisi wawancara bersama Giacomo "Peldi" Guilizzoni, founder dari Balsamiq Studio LLC, perusahaan yang terkenal dengan aplikasi Balsamiq Mockups. Wawancara ini dilakukan oleh Antonio Cangiano pada tahun 2009 dan telah mendapatkan ijin tertulis untuk diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia. Meskipun wawancara ini telah berusia tujuh tahun, namun pengetahuan yang terkandung masih relevan hingga sekarang.

balsamiq

Sebelum memulai Balsamiq, Anda bekerja di Amerika. Bisakah Anda menceritakan latar belakang Anda?

Pertama, Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada Antonio yang telah berniat untuk menulis tentang perusahaan kecil saya. Cita-cita saya adalah meraih status ZenWare untuk produk yang saya kembangkan, oleh karena itu menerima wawancara dari seorang Zen-meister seperti Anda merupakan kebanggaan.

Saya mulai belajar pemrograman saat masih berusia 12 tahun, waktu itu ayah saya membelikan tutorial "teach yourself BASIC" yang disimpan dalam disket-disket besar. Saya masih ingat saat mentok di bab "for loops", namun saat masalah ini terlewati, saya jadi ketagihan. Selama SMA saya membuat program yang merupakan bagian pekerjaan ayah (program seputar akuntansi, ditulis dalam bahasa pemrograman Pascal), dan melanjutkan sekolah di jurusan Ilmu Komputer Universitas Bologna dengan satu tahun program pertukaran pelajar di Universitas California San Diego. Satu bulan setelah lulus saya pergi ke San Fransisco untuk mencari pekerjaan, dari awal saya memang sudah ingin tinggal di sana, saya ingin "menciptakan masa depan". Saya beruntung karena diterima bekerja di Macromedia, perusahaan impian saya. Saya bekerja sebagai Quality Assurance selama satu tahun, kemudian pindah posisi ke bagian development saat kami (Macromedia) mulai mengembangkan Breeze (sekarang Adobe Acrobat Connect Professional), sebuah aplikasi online meeting. Saya bekerja untuk produk ini selama kurang lebih lima tahun, berubah posisi hampir setiap tahun dan belajar sebanyak yang saya bisa selama proses tersebut berlangsung.

Seperti programmer pada umumnya Anda masuk ke dunia pemrograman lebih cepat dan kemudian memperoleh kesempatan untuk mengambil spealisasi diteknologi seperti Flash, Flex dan Adobe Air, yang kemudian menjadi fondasi startup anda. Bagaimana ide untuk Balsamiq bisa muncul?

Ide untuk membuat aplikasi Mockup muncul dari kebutuhan yang saya rasakan sendiri selama bertahun-tahun. Sebagai seorang programmer dengan semangat yang tinggi untuk user experience, saya telah menghadiri banyak design meeting sepanjang karir dan saya selalu menjadi orang pertama yang menggambar sketsa di papan tulis untuk membantu diskusi.

Papan tulis atau pensil dan kertas sangat berguna karena tidak permanen sehingga mendorong diskusi, namun kekurangannya mereka tidak digital - sebagai contoh, coba untuk mengganti ukuran container menjadi lebih besar atau coba kolaborasi desain dengan orang lain secara remote.

Saya tidak dapat menemukan alat yang dapat memberikan saya kecepatan, daya guna, dan kualitas yang sama dengan papan tulis namun berbentuk digital, sehingga saya memutuskan untuk membuatnya.

Saya juga sangat terpengaruh oleh gaya bekerja "Web Office", dengan data dan software yang ada di cloud. Tiap perpindahan paradigma besar seperti ini membawa banyak kesempatan baru, sehingga saya memutuskan untuk membuat perusahaan baru dengan tujuan untuk menambahkan 'rasa' ke "Web Office" melalui plugin berukuran kecil, fokus, dan berkualitas tinggi... Balsamiq Mockups merupakan produk pertama saya.

Apakah Anda berhenti dari pekerjaan awal, pindah ke Italia dan mulai bekerja dengan Balsamiq?

Kurang lebih seperti itu, namun lebih bertahap. Saya mengerjakan Mockups di malam hari dan akhir pekan sebelum akhirnya keluar dan melanjutkannya selama 3,5 bulan setelah keluar. Hari terakhir saya di Adobe adalah tanggal 15 Juni 2008 dan saya meluncurkan Balsamiq pada tanggal 19.

Apa pengaruh pembukaan hasil penjualan dan menjadi sangat terbuka dengan bisnis yang Anda lakukan?

Meskipun saya tidak benar-benar bermaksud mempublikasikan artikel tersebut, hasilnya ternyata cukup menyita perhatian publik. Tujuan saya sebetulnya untuk membagikan berita baik untuk meyakinkan pelanggan dan calon pelanggan bahwa Balsamiq akan tetap melakukan bisnis ini selama durasi kontrak mereka. Saya tidak tahu bahwa artikel tersebut akan benar-benar menarik perhatian banyak orang.

Sebagai perusahaan kecil dan masih muda, saya beranggapan bahwa transparasi ekstrim merupakan jalan tercepat untuk membangun kepercayaan pasar. Tambah lagi, saat ini tak ada cara untuk menyembunyikan sesuatu dari Internet, jadi kenapa tidak kita coba saja? Saya sangat menyukainya, Anda juga bisa menjadi diri sendiri dan terbuka tentang hal tersebut.

Dapatkan Anda membeberkan beberapa data pencapaian saat ini? Berapa orang yang menggunakan aplikasi Anda?

Tentu. Saya tidak yakin jumlah pasti berapa orang yang menggunakan aplikasi saya karena banyak pelanggan yang membeli volume license (satu lisensi untuk banyak installasi) dan terkadang ada juga yang membeli site-wide. Statistik situs saya menunjukkan bahwa ada 1.500 orang yang menggunakan versi demo gratis tiap harinya.

Berikut ini data yang saya miliki: terhitung hari ini (12 April 2009) saya telah memiliki 3798 pelanggan dengan jumlah penjualan sebesar $469.048. Penjualan terus meningkat dari hari ke hari: 7 minggu yang lalu penjualan selalu melebihi $20.000, dengan rekor tertinggi $35.000 di minggu pertama April. Kami kini dapat memperoleh 200 pelanggan baru tiap minggunya saat ini. Semua itu kami dapatkan dengan sebuah produk sederhana, kok bisa ya?

Menurut opini saya aplikasi desktop masih jauh dari kepunahan. Bagiamana menurut Anda?

Saat saya memulai Balsamiq, tidak pernah terpikirkan oleh saya bahwa perusahaan ini akan menjalankan bisnis aplikasi desktop. Rencana awal saya hanyalah menjual Mockups sebagai plugin untuk Confluence dan aplikasi Web Office lainnya. Versi desktop yang ada ditujukan untuk mengatasi komplain "bagaimana jika saya ingin bekerja saat offline?". Pengguna versi beta meminta saya untuk menyediakan versi desktop sebagai aplikasi standalone dan hari ini telah meraih 77% dari keuntungan Balsamiq!

Saya juga mengapresiasi model software+service yang dilakukan oleh Microsoft. Dengan mengawinkan aplikasi native dan kelebihan untuk menyimpan data di cloud kita bisa mendapatkan keuntungan dari keduanya. Tidak heran Apple mulai mengikuti langkah ini dengan iWork.com dan Google jua mencoba mengubah browser mereka menjadi aplikasi desktop. Mari kita lihat apa yang akan terjadi.

Sementara itu, saya ingin mencoba semua bidang: Saya memiliki Mockups untuk desktop, Mockups untuk Confluence, Mockups untuk JIRA, Mockups untuk XWiki, dan sebentar lagi akan ada aplikasi web Mockups Hosted, saya juga akan mengembangkan web connector untuk versi Desktop. Tunggu ya.

Apa pesan yang paling penting yang akan Anda berikan kepada seseorang yang ingin memulai startup atau micro-ISV?

Astaga, Saya tidak tahu. Saya masih merasa sebagai seorang pemula, Saya tidak dalam posisi untuk memberikan nasihat. Saya mendapatkan pesan-pesan yang berharga dari membaca pengalaman orang-orang yang telah berjuang sebelum saya: berikut ini daftar buku yang saya baca; saya juga membaca banyak blog serta menonton video dari konferensi sebanyak yang saya bica.

Bagaimana langkah anda selanjutnya? Apa yang ingin anda lakukan bagi perusahaan dalam jangka pendek serta jangka panjang?

Tujuan jangka pendek saya adalah menyelesaikan versi online dari Mockups dan merilis fitur linking mockups together (permintaan #1 dari pelanggan). Oh, dan juga menjawab semua email yang mengantri di inbox!

Rencana jangka menengah dan jangka panjang adalah membangun apa yang DHH sebuh sebagai "a little Italian restaurant on the web", sebuah perusahaan kecil dengan 5-6 orang yang ingin bekerja sama untuk menyenangkan pelanggan hari demi hari.

Balsamiq memperoleh semua pencapaian ini jauh lebih cepat dari yang saya rencanakan, namun saya menikmati setiap menit yang saya lewat hinga saat ini. Pengalaman ini sangat berharga dan saya sangat bersemangat untuk memperoleh pengalaman-pengalaman lainnya.

 

Diterjemahkan dari Startup Interviews: Balsamiq Studio LLC atas ijin dari Antonio Cangiano.



Berlangganan Informasi CodePolitan Melalui Email

Jangan sampai kamu melewatkan informasi penting tentang pemrograman dan teknologi! Kamu bisa berlangganan Newsletter CodePolitan dengan cara mengisi formulir di samping.