XL Axiata Selenggarakan Agnosthings Smartcity Challenge

Perkembangan infrastruktur internet saat ini, membuat kita mulai memasuki era dimana tidak hanya komputer dan smartphone saja yang akan terhubung dengan internet. Benda apapun yang ada di sekitar kita berpotensi untuk terhubung internet. Dan benda-benda yang sebelumnya kita kenal hanya diam, akan mulai bergerak, bersuara dan berinteraksi. Konsep ini dikenal dengan istilah “Internet of Things” atau yang biasa disingkat menjadi IoT.

Dengan terhubungnya dengan internet, memungkinkan untuk benda-benda tersebut dapat mengumpulkan dan mengolah informasi, sehingga mampu melakukan aksi-aksi tertentu sesuai dengan informasi yang diterimanya. Internet of things mampu membuat benda-benda di sekitar kita menjadi lebih pintar. Itulah yang membuat kemudian muncul istilah-istilah seperti smartcard, smartwatch, smarthome bahkan smartcity.

Smartcity sendiri adalah sebuah konsep kota cerdas/pintar yang membantu masyarakat yang berada di dalamnya dengan mengelola sumber daya yang ada dengan efisien dan memberikan informasi yang tepat kepada masyarakat/lembaga dalam melakukan kegiatannya ataupun mengantisipasi kejadian yang tak terduga sebelumnya. Dengan IoT, konsep smartcity sangat memungkinkan untuk dilakukan.

Melihat potensi yang tak terbatas Internet of Things dalam menjadi solusi untuk menyelesaikan berbagai macam persoalan yang ada, XL Axiata menggelar dua buah challenge bertajuk "AgnosThings Smartcity App Challenge" untuk menggali potensi IoT dalam membangun smartcity di Indonesia. Dengan challenge ini developer Indonesia ditantang untuk mengembangkan aplikasi/produk IoT untuk menyelesaikan beberapa persoalan yang ada. Adapun dua challenge tersebut adalah:

1. AgnosThings Savvy Home Apps Challenges

Slogan “Rumahku, Istanaku” bisa direfleksikan dengan kenyamanan dan kemudahan yang didapatkan bagi masing-masing pemilik atau penghuni rumah dengan tidak mengenal tipe, bentuk, ataupun lokasi rumah. Semua orang berhak mendapatkan kenyamanan dengan kemudahan didalam rumahnya. Kenyamanan dan kemudahan yang didapatkan bisa berangkat dari satu hal yaitu sederhana dalam pengoperasiannya.

Melalui challenge ini developer ditantang untuk mengembangkan aplikasi berbasis web atau mobile dengan menggunakan AgnosThings yang dapat meningkatkan kenyamanan rumah sebagai sebuah tempat tinggal yang lebih cerdas.

Untuk melihat detail dan ketentuan challenge, kamu bisa mengaksesnya melalui tautan berikut: AgnosThings Savvy Home Apps Challenges.

2. AgnosThings Smart Power Monitoring Apps Challenges

Biaya pemakaian listrik di industri manufaktur dan building management seringkali menjadi issue utama dalam efisiensi biaya operasional/produksi. Hal ini sering disebabkan karena kesulitan dalam memonitor serta proses pencatatan pemakaiannya yang manual.

Melalui challenge ini, developer ditantang untuk menghadirkan solusi dari masalah tersebut berupa aplikasi mobile atau web yang dapat memonitor pemakaian listrik secara real time yang terintegrasi dengan semua panel-panel listrik dan disertai data analisa yang menampilkan review dalam bentuk graphic atau statistik, serta estimasi pemakaian di periode berjalan dan rekomendasi untuk efisiensi.

Untuk melihat detail dan ketentuan challenge, kamu bisa mengaksesnya melalui tautan berikut: AgnosThings Smart Power Monitoring Apps Challenges.

Pengayaan Materi

Untuk melengkapi kedua challenge tersebut akan diadakan 3 event yang tersebar di 3 kota, yaitu:

  • AgnosThings Yogyakarta Developer Meetup - 7 April 2016
  • AgnosThings Surabaya Developer Meetup - 8 April 2016
  • AgnosThings Bandung Developer Meetup - 9 April 2016

Bagi kamu yang ingin belajar IoT, kamu juga bisa memulainya dengan mengikuti tutorial berikut: Belajar IoT – Menyalakan dan Mematikan Lampu Via Internet Menggunakan AgnosThings dan ESP8266.

Kamu juga bisa mendownload ebook Codepolitan Magazine #19 – Invasi Internet of Things di Tanah Air sebagai referensi tambahan tentang Internet of Things dan potensinya.

Selamat berkompetisi, selamat berkarya!

Dilihat kali

Is this helpful?

Share This Post