10 Bug Software dengan Dampak yang Ekstrim

Sebagai programmer, pembaca mesti lah kenal baik dengan yang namanya bug. Beberapa bug yang terjadi mungkin biasa saja dan tak sedikit juga bug yang terjadi menyusahkan banyak orang dan menyebabkan kerugian yang amat besar. Artikel kali ini akan membahas beberapa bug software bersejarah dengan dampak negatif yang sangat merugikan.

Kesalahan Pendeteksi Misil

Pada tahun 1980, NORAD (North American Aerospace Defense Command) melaporkan bahwa ada misil yang sedang menyerang Amerika. Ternyata, kesalahan ini terjadi akibat ada sirkuit elektronik yang bermasalah dan kemungkinan software pelaporannya belum ditangani.

Lalu pada tahun 1983, sebuah satelit Uni Soviet melaporkan ada misil Amerika yang sedang menyerang, untungnya petugas yang bertanggung jawab saat itu mengikuti kata hatinya yang mengatakan bahwa laporan itu merupakan kesalahan dan memutuskan untuk membiarkannya.

Beruntung kesalahan pelaporan yang terjadi tidak sampai ditanggapi dengan serius. Kalau kesalahan pelaporan dulu sampai ditanggapi dengan pengiriman misil balasan, perang nuklir mungkin telah terjadi dan bumi kita tercinta mungkin tidak akan seperti ini.

Lubang Ozon yang Tidak Terdeteksi

Lubang di lapisan ozon di atas Antartika tidak terdeteksi dalam jangka waktu yang cukup lama dikarenakan software analisis data yang digunakan oleh NASA untuk proyek pemetaan lapisan ozon telah di desain untuk mengabaikan nilai yang melenceng terlalu jauh dari nilai-nilai yang diharapkan.

Proyek ini dimulai tahun 1978, namun penemuan lubang ozon ini baru terjadi tahun 1985 dan bukan oleh NASA. NASA tidak menemukan kesalahan itu sampai mereka melakukan reviu data yang menunjukkan bahwa ada lubang besar di lapisan ozon.

Radiasi Mematikan Terapi Kesehatan

Alat terapi radiasi Therac-25 pernah terlibat beberapa kasus overdosis radiasi yang terjadi pada pasiennya di tahun 1985-1987. Overdosis ini terjadi karena ada bug di software alat ini. Beberapa pasien menerima dosis hingga 100 kali lebih banyak dan setidaknya tiga orang meninggal akibat radiasi yang berlebihan.

Kasus overdosis radiasi kembali terjadi di Panama City tahun 2000 dimana software perencana terapi dari perusahaan Amerika Multidata memberikan dosis yang berbeda berdasasrkan urutan saat data dimasukkan. Kesalahan ini membuat beberapa pasien mendapatkan dosis radiasi yang berlebihan sehingga membuat setidaknya lima pasien meninggal. Angka ini mungkin bisa lebih banyak, namun sulit untuk mengetahui dari 21 orang korban siapa yang meninggal karena kankernya atau karena kesalahan alat.

Kesalahan Peluncuran Roket

Tahun 1996, sebuah roket European Ariane 5 disiapkan untuk mengirim beberapa satelit ke orbit bumi, namun kesalahan pada software membuat roket sedikit berbelok dari jalurnya saat 37 detik setelah diluncurkan. Karena kesalahan yang terjadi, ia melakukan self-destrcuted (menghancurkan diri sendiri karena alasan keamanan). Kesalahan pada software terjadi akibat penggunaan ulang kode dari sistem roket sebelumnya, Ariane 4. Sistem sebelumnya ternyata memiliki kondisi penerbangan yang berbeda dengan Ariane 5. Akibatnya lebih dari 370 juta dolar melayang akibat kesalahan yang terjadi.

Kecelakaan Penerbangan

Pada tahun 1994 di Skotlandia, sebuah helikopter Chinook jatuh dan menewaskan 29 penumpangnya. Awalnya pilot disalahkan atas kecelakaan ini, namun akhirnya ada bukti yang menunjukkan bahwa kesalahan sistem lah yang menyebabkan kecelakaan dapat terjadi.

Contoh lain kesalahan software yang terjadi dan menyebabkan jatuhnya pesawat terjadi pada tahun 1993. Saat itu terjadi kesalahan di software kontrol penerbangan untuk pesawat JAS 39 Gripen milik Swedia.

Hilang di Luar Angkasa

Salah satu subkontraktor yang digunakan oleh NASA saat membangun satelit pengamat iklim di Mars menggunakan satuan Inggris saat seharusnya menggunakan sistem metrik sehingga satelit ini bekerja tidak semestinya. Karena kesalahan yang terjadi, satelit ini langsung rusak hampir bersamaan saat sampai di Mars tahun 1999. Biaya yang diperlukan untuk membangun proyek ini berjumlah 327 juta dolar, tidak termasuk waktu yang ikut hilang (butuh waktu sekitar satu tahun bagi satelit itu untuk sampai Mars).

Ledakan Dilihat Dari Luar Angkasa

Cerita lain dari masa Perang Dingin, CIA berhasil memberikan Rusia software pengontrol jaringan pipa gas yang telah dimodifikasi (KGB bermaksud mencurinya dari perusahaan Kanada, tapi CIA berhasil mengelabui mereka). Bug yang telah sengaja ditanamkan ke software itu akhirnya menghasilkan ledakan besar di jaringan pipa gas Siberia. Ledakan itu merupakan ledakan terbesar selain nuklir yang dapat dilihat dari luar angkasa (dilihat dari satelit Amerika).

Pengujian yang Lebih Teliti dapat Menghemat Biaya Bahkan Menyelamatkan Nyawa

Kita baru saja membahas 10 contoh di artikel ini, namun kenyataannya kesalahan-kesalahan di atas hanyalah sebutir pasir dipadang pasir yang luas. Tiap tahun, kesalahan software menyebabkan kerugian yang sangat besar dan ini terjadi diseluruh dunia.

Penelitian tahun 2002 yang dilakukan oleh National Institute of Standards and Technology menemukan bahwa bug menyebabkan kerugian pada ekonomi Amerika hingga 59.5 miliar dolar per tahunnya. Penelitian ini juga menemukan bahwa lebih dari 22.2 miliar dolar bisa dihemat dengan melakukan pengujian yang lebih baik.

Beberapa bug mungkin tidak begitu menyusahkan/merugikan, tapi untuk software di bidang yang penting seperti pengontrol penerbangan atau software alat-alat kesehatan merupakan contoh dimana bug tidak boleh terjadi.

Diterjemahkan dari 10 Historical Software Bugs with Extreme Consequences

Dilihat 3316 kali

Is this helpful?

Share This Post