5 Alasan Mengapa Linux adalah Sistem Operasi yang Cocok untuk Programmer

Ditulis oleh Petani Kode, dipublikasi pada 06 Sep 2016 dalam kategori Info
5 Alasan Mengapa Linux adalah Sistem Operasi yang Cocok untuk Programmer

Saya pernah ditanya, "Mengapa Programmer identik dengan Linux?" Jawaban singkatnya, karena mereka menggunakan Linux. Mengapa mereka menggunakan Linux? Mengapa mereka lebih senang menggunakan Linux? Jawabnya tergantung dari individu masing-masing. Namun, saya akan memberikan jawaban berdasarkan pengalaman saya yang sudah 3 tahun lebih menggunakan linux untuk belajar pemrograman.

1. Free dan Open Source

Alasan pertama, tentu karena free dan open source. Arti free di sini bukan hanya gratis, melainkan bebas atau kebebasan. Bebas melakukan memodifikasi, menyebarkan, mempelajari, dsb. Kemudian, Open Source artinya, kode sumbernya terbuka. Dengan demikian, siapa saja bebas membaca, mempelajari, dan memodifikasi kode sumbernya.

2. Aman dari Virus

Sebelum saya menggunakan Linux, laptop saya pernah terinfeksi dengan virus. Virus tersebut diam-diam memodifikasi souce code yang saya tulis. Program yang saya buat menjadi error, karena ada kode aneh yang disisipkan oleh virus. Tapi setelah menggunakan Linux, hal semacam itu tidak pernah terjadi lagi.

3. Sering Error

Sebenarnya ini alasan yang kurang tepat, karena saya yakin semua orang tidak suka dengan error. Tapi, menurut saya, selalu ada hikmah dibalik error dan masalah yang kita hadapi. Saya pernah membuat sebuah kutipan:

"Semakin banyak error dan masalah yang kau selesaikan, semakin meningkat pula skill dan pengalamanmu" — http://s.id/9OO

Linux memang sistem operasi yang sering bermasalah. Kehilangan data adalah masalah yang paling pahit yang pernah saya alami. Namun, dengan malasah tersebut, saya menjadi tahu cara menyelamatkan data yang terhapus. Selain itu, ada ratusan masalah yang pernah saya alami. Tentu saja, ini akan melatih pikiran seorang programmer menjadi pemecah masalah. Bahkan, bila tidak menemukan solusi, programmer bisa membuat solusi sendiri.

Pencarian solusi merupakan hal yang harus dilakukan bagi pengguna linux yang mendapatkan masalah. Hal ini akan melatih kemampuan Googling. Googling adalah salah satu kemampuan yang harus dimiliki seorang programmer.

4. Case Sensitive

Teman saya pernah membuat sebuah web dengan Framework Codeigniter di Windows. Semua berjalan lancar di localhost. Tapi, Ketika web tersbut di-hosting, terjadi masalah 404. Berminggu-minggu belum juga menemukan solusi. Ternyata masalahnya ada pada nama class dan file yang sensitif. Karena server hosting menggunakan sistem operasi Linux, maka nama class dan filenya tidak bisa ditemukan. Kemudian, dia menggantinya dan akhirnya bisa berjalan dengan normal.

5. Mendukung Banyak Bahasa Pemrograman

Linux mendukung banyak bahasa pemrograman. Banyak tool-tool gratis yang bisa dimanfaatkan. Berikut ini daftar bahasa pemrograman yang didukung di Linux.

Silahkan ditambahkan, bila masih kurang!

Itulah 5 alasan mengapa Linux adalah sistem operasi yang cocok untuk programmer. Mungkin ada mau menambahkan, silahkan share pengalamanya di komentar.

Berlangganan Informasi CodePolitan Melalui Email

Jangan sampai kamu melewatkan informasi penting tentang pemrograman dan teknologi! Kamu bisa berlangganan Newsletter CodePolitan dengan cara mengisi formulir di samping.

Promo potongan 10% untuk bergabung dalam kelas online Menjadi Web Programmer