5 Modul Python yang Wajib Anda Coba

Banyak modul Python yang telah dikembangkan oleh para programmer Python di seluruh dunia. Kegunaan modul tersebut meliputi banyak bidang. Pada kesempatan kali ini, penulis mencoba mengupas 5 modul Python yang unik. Ini dia sekilas ulasannya.

Tqdm

Tqdm merupakan modul Python yang berguna untuk menampilkan progress bar dengan perulangan yang sederhana. Jika pembaca membutuhkan keindahan dalam proses pemrograman yang pembaca lakukan, tqdm bisa menjadi pilihan.

Dibawah ini salah satu contoh penggunaan tqdm.

from tqdm import tqdm
 
for item in tqdm(items):
    process(item)

Ketika dikompilasi, pembaca akan melihat progress bar yang cukup indah seperti ini:

18%|█████████                               | 9/50 [00:09<;00:41,  1.00it/s

Penampakan semacam ini juga tampil, ketika pembaca memasang modul Python apapun dengan perintah pip atau pip3.

Modul Tqdm bisa diunduh via situs https://pypi.python.org/pypi/tqdm

Joblib

Joblib merupakan modul Python yang berguna untuk menyediakan fungsionalitas pemrograman paralel. Ada tiga bagian penting dalam modul ini yaitu Caching, Paralellisation dan Persistence (untuk menyimpan dan memuat data).

Fungsionalitas Caching berguna untuk memudahkan untuk mengingat fungsi dengan dekorator yang sederhana. Hasil cache ini berguna untuk pemanggilan fungsi yang menggunakan parameter yang sama sehingga bisa mengefektifkan waktu yang dibutuhkan. Sedangkan fungsionalitas Persistence berguna untuk menautkan pengingatan fungsi yang akan menyimpan hasil cache ke dalam file. Jika diatur dengan compressed=True, output file yang akan dihasilkan akan lebih kecil dari pengaturan default.

Modul Tqdm bisa diunduh via situs https://pypi.python.org/pypi/joblib

Folium

Folium merupakan modul Python yang berguna untuk memvisualisaikan data geografis. Koding yang dibutuhkan juga tidak begitu rumit, pembaca bisa mencobanya dengan salah satu dokumentasi yang sudah disediakan pengembang Folium.

map_1 = folium.Map(location=[45.372, -121.6972])
map_1.simple_marker([45.3288, -121.6625], popup='Mt. Hood Meadows')
map_1.simple_marker([45.3311, -121.7113], popup='Timberline Lodge')
map_1.create_map(path='output.html')

Modul Folium bisa diunduh via situs https://pypi.python.org/pypi/folium

TinyDB

TinyDB merupakan modul Python yang berguna untuk menyediakan backend database yang berbasis NoSQL. Layaknya MongoDB, TinyDB juga memberikan kemudahan API untuk mengatur manajemen databasenya.

Modul Tqdm bisa diunduh via situs https://pypi.python.org/pypi/tinydb

Dill

Dill merupakan modul Python yang berguna untuk menangani objek Python. Cara kerja modul Dill mirip dengan modul Pickle. Perbedaannya, Dill mampu menangani objek Python seperti nested function, lambdas, slice dan masih banyak lagi.

Modul Dill bisa diunduh via situs https://pypi.python.org/pypi/dill

Sebenarnya banyak modul Python yang bertebaran di Internet. Namun jarang diekspos lebih lanjut karena fungsinya yang cukup spesifik. Nah, silahkan pilih sesuai kebutuhan pembaca untuk memudahkan pengembangkan perangkat lunak yang sedang dikerjakan.

(yp/rtwilson)

Dilihat kali

Is this helpful?

Share This Post