5 Platform Yang Dapat Menjadi Pilihan Untuk Membuat Chatbot

Tak ada yang lebih menarik ketimbang kita seolah memiliki asisten pribadi untuk menjawab pertanyaan seputar bisnis kita. Chatbot menjadi hype belakangan ini berkat bot Tay milik Microsoft dan keputusan Facebook untuk mengintegrasikan chatbot kedalam Messenger.

Penggunaan artificial intelligence dan kemampuan untuk berkomunikasi secara alami bisa membuat chatbots tanpa seolah-olah kita sedang berada di masa depan. Nah, bagi kamu yang ingin membuat chatbot untuk bisnis kamu, sebenarnya kamu bisa melakukannya dari rumah dan bahkan kamu tidak memerlukan keterampilan pemrograman yang kompleks. Berikut adalah platform terbaik yang dapat digunakan untuk membuat chatbot sendiri.

Baca Juga: Framework PHP Yang Mana Yang Harus Saya Gunakan?

1. Chatfuel

Chatbot engine ini akan melakukan melakukan perannya sebagaimana mestinya, dan sangat ideal bagi kamu yang tidak memiliki pengalaman pemrograman. MTV, TechCrunch, BuzzFeed, British dan Adidas diberitakan telah menggunakan Chatfuel untuk mengembangkan chatbots mereka bersama dengan hampir 20 ribu pengguna lainnya di seluruh dunia.

Interface pengguna yang mudah dan rapi, sehingga anda dapat dengan mudah membuat chatbot kurang dari 15 menit!

2. Engati

Engati adalah platform chatbot yang mengklaim bahwa anda dapat membuat, mengelola, mengintegrasikan, training, menganalisis, dan publish chatbot anda hanya dalam 10 menit. Saat ini mendukung delapan platform pesan utama termasuk Messenger, Kik, Telegram, Line, Viber, SKype, Slack dan Webchat.

3. Chattypeople

Platform ini juga menarik untuk dijadikan pilihan untuk membuat chatbot, sebab platform chatbot ini memiliki fitur untuk mengintegrasikan dengan layanan Stripe dan Paypal serta layanan e-commerce seperti Opencart dan Magento. Selain itu juga terdapat analisis tentang kinerja dari bot yang anda miliki.

Baca Juga: Mengenal Regular Expressions

4. Pandorabots

Pandorabots adalah layanan online yang memungkinka developers untuk membuat, host, dan deploy chatbots mereka. Chatbot ini memiliki telah 225.000 developers yang terdaftar dan tools yang dimilikinya telah membantu dalam membuat hampir 300.000 chatbots. Pandorabots menggunakan AIML (Artificial Intelligence Markup Language) yang merupakan standar dalam menulis code chatbots. Tools yang ditawarkan meliputi 'Artificial Intelligence as a Service' yang menyediakan akses API ke platform bot hosting dan Pandorabots Playground: Sebuah Development environment untuk membuat chatbots.

5. Facebook Bots for Messenger

Pada konferensi F8 Developer di bulan April, Facebook meluncurkan 'Bots for Messenger', sebuah tools yang memungkinkan developer untuk membuat chatbots untuk platform messenger-nya (yang telah digunakan oleh hampir satu milyar orang). Skemanya pun sederhana, developer membuat bot, submit untuk ditinjau, setelah itu dapat digunakan di Messenger. Terdapat tiga kemampuan utama, yakni: API send/received, Generic template message, dan dapat melakukan custom pada welcome screen satat aplikasi pertama kali dibuka ketika berinteraksi dengan bot anda.

Dilihat kali

Is this helpful?

Share This Post