6 Alasan Kenapa Kamu Harus Ikutan Hackathon

Pembaca Codepolitan sebagai seorang programmer/developer pasti sudah cukup mengenal sebuah event bernama Hackathon. Hackthon merupakan suatu event di mana programmer/developer ditantang untuk menyelesaikan suatu permasalahan yang telah ditetapkan dalam jangka waktu sangat terbatas. Dalam suatu hacktahon, programmer biasanya akan bergabung dalam satu tim yang setiap anggota akan memiliki peranan berbeda.

Beberapa pembaca Codepolitan mungkin sudah pernah mengikuti suatu hackthon, mungkin malah sudah pernah memenangkannya. Sebagian lagi dari pembaca mungkin belum pernah mencoba mengikuti sebuah hackthon. Artikel kali ini akan membahas beberapa hal yang akan meyakinkan pembaca untuk mengikuti event hackthon di masa mendatang.

Berikut ini 6 alasan mengapa kamu sebagai seorang programmer harus mengikuti hackathon:

1. Menunjukkan Kemampuan

Hackathon merupakan sebuah kompetisi di mana mereka yang mampu mewujudkan ide dalam bentuk sebuah aplikasi/produk yang akan keluar sebagai pemenangnya. Sebagai sebuah kompetisi, hackathon adalah ajang yang sangat bagus di mana kita sebagai seorang programmer dapat menunjukkan kelihaian dalam membuat aplikasi, web, atau game, mendapatkan juara dan meraih pengakuan dari komunitas.

2. Melatih Kerjasama

Kemampuan bekerjasama dengan orang lain itu sangat penting. Bahkan dalam banyak info pekerjaan, pasti akan ada tulisan "mampu bekerja dalam tim". Hackathon pun jarang hanya diikuti satu orang. Mayoritas hackathon meminta peserta untuk membentuk sebuah tim, setidaknya terdiri atas dua orang. Di sini kita dapat berlatih bagaimana membagi tugas, bagaimana mengatur beberapa sumber kode yang terpisang-pisah menggunakan version control, bahkan bersama-sama menghadapi tekanan yang muncul saat waktu akan segera habis dll. Hackathon dapat menjadi ajang yang sangat cocok bagi kita yang ingin melatih kemampuan bekerjasama.

3. Melatih Manajemen Waktu

Batasan waktu yang diberikan dalam suatu hackathon biasanya adalah 24 jam atau 48 jam. Dalam jangka waktu yang amat sangat pendek ini, kita harus menyelesaikan aplikasi/produk agar dapat maju ke tahap selanjutnya. Di sini kita dapat belajar bagaimana mengatur waktu untuk menentukan tugas mana yang mesti diselesaikan terlebih dahulu dalam jangka waktu yang memungkinkan tugas-tugas lain juga dapat selesai tepat pada waktunya.

4. Melatih Public Speaking

Di tahap akhir dari suatu hackathon pada umumnya kita akan diminta untuk mempresentasikan hasil dari aplikasi/produk yang dibuat. Dengan maju dan tampil ke depan panggung, kita dapat berlatih berbicara di depan umum dengan programmer-programmer lainnya.

5. Mendapat Kenalan Baru

Hackathon selain merupakan sebuah kompetisi juga merupakan sebuah event sosial di mana banyak orang dari beragam latar belakang datang. Di dalam sebuah hackathon kita dapat bertemu dengan orang dari bidang yang sama atau dari lintas bidang. Bahkan bisa jadi beberapa di antara mereka bukan merupakan seorang programmer, mungkin dia seorang desainer, mungkin seorang system administrator yang mau mencoba ikut hackathon, bahkan bisa jadi juga mereka tidak berasal dari latar belakang IT dan hanya ingin mengetahui bagaimana sebuah hackathon berlangsung. Inilah saat yang paling baik untuk memperluas jaringan pertemanan kita. Siapa tahu rezeki kita berikutnya datang dari mereka?

6. Mendapat Hadiah Keren

Tentu saja, apa yang dapat memotivasi seseorang untuk mengikuti sebuah kompetisi jika bukan hadiah-hadiahnya? Di Indonesia sendiri, sebuah hackathon dapat memberikan hadiah dari puluhan hingga ratusan juta rupiah. Angka yang cukup besar untuk didapatkan dalam waktu satu atau dua malam. Selain hadiah utama, kadang juga ada doorprize-doorprize lain yang mungkin juga disiapkan panitia untuk dibagi-bagi. Menarik sekali bukan?

Hackathon IWIC 11

Buat kamu yang ingin mencoba ikut ke hackathon selanjutnya, Indosat Ooredoo akan menyelenggarakan sebuah hackathon tidak lama lagi pada tanggal 17 November 2017. Tempat penyelenggaraannya berada di Gedung Indosat KPPTI, Jl. Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat 10110. Indosat Ooredoo juga sudah menyiapkan hadiah puluhan juta rupiah untuk para pemenang. Untuk informasi lebih lanjut silahkan kunjungi halaman event Hackathon IWIC 11.

Sumber gambar:
techcrunch.com
efpsa.org
indosatooredoo.com

Dilihat 5133 kali

Is this helpful?

Share This Post