6 IDE Terbaik Untuk Bahasa Pemograman PHP

Ditulis oleh Muhamad Nopriyansyah, dipublikasi pada 05 Aug 2019 dalam kategori Info
6 IDE Terbaik Untuk Bahasa Pemograman PHP - CodePolitan.com

PHP merupakan bahasa pemrograman yang cukup populer di kalangan pengembang web. Ia banyak digunakan baik untuk menambah fungsi yang tidak dimiliki oleh HTML, maupun juga untuk berinteraksi dengan database MySQL. Seringkali dipakai sebagai fondasi dari CMS semacam WordPress, juga beberapa situs web besar seperti Facebook dan Wikipedia.

Dalam pengembangan aplikasi, programmer PHP selalu tak lepas dari IDE. IDE merupakan kakas wajib bagi semua programmer tak terkecuali programmer PHP juga, karena dalam IDE banyak fitur yang bisa digunakan mempercepat pengembangan aplikasi. Apa saja IDE terbaik untuk PHP?

1. PHPStorm

PHPStorm adalah IDE terbaik untuk pengembang PHP dan dilengkapi dengan serangkaian fitur terbaru yang memfasilitasi pengembangan web dengan cepat. Ini dikembangkan dan dipromosikan oleh perusahaan bernama JetBrains.

PHPStorm bekerja dengan baik dengan framework seperti Symfony, Zend Framework, Yii, CakePHP dan Laravel. Bahkan mendukung Content Management System (CMS) seperti Drupal, Magento, dan WordPress.

Setiap proyek pengembangan web tidak mutlak tanpa teknologi front-end dan di situlah PHPStorm bekerja dengan terbaik. Ini memungkinkan pengeditan langsung teknologi front-end termasuk CSS, Sass, HTML5, CoffeeScript, TypeScript, JavaScript, Stylus, Less dan lainnya. Ini memungkinkan refactoring kode, debugging dan unit testing.

PHPStorm bukanlah IDE yang gratis, namun sangat layak untuk dibeli lisensinya karena semua kelebihan yang ditawarkan. Meskipun begitu, PHPStorm juga menawarkan lisensi gratis untuk dunia pendidikan atau aplikasi open source.

2. Aptana Studio

Aptana Studio yang dikembangkan oleh oleh Aptana Inc. pada tahun 2014 dn merupakan salah satu IDE pengembangan PHP open source terbaik.IDE ini sangat mudah diunduh, dipasang, dan digunakan tanpa biaya. Aptana Studio bisa dipakai Windows, Mac maupun Linux. Fitur yang ditawarkan sangat lengkap dengan anotasi, kesalahan sintaks, memiliki server PHP bawaan, mendukung DOM dan CSS, pemformatan kode dan pengindeksan otomatis, dan mendukung PHP Debugger.

3. Komodo

Dikembangkan oleh ActiveState pada tahun 2000, Komodo IDE adalah salah satu tools pengembangan PHP terbaik. Sebagian besar fungsi Komodo adalah bawaan dari bahasa Python dengan integrasi yang akan memungkinkan kita untuk menggunakannya dengan bahasa/framework lain.

Komodo adalah IDE open-source baik untuk bahasa pemrograman dinamis yang menggunakan basis kode Mozilla dan Scintilla sebagai fondasinya karena mereka berbagi banyak fungsi, fitur, dan mendukung bahasa yang sama. Karena banyaknya ekstensi dan fitur, Komodo telah berubah menjadi sukses besar.

4. Eclipse PDT

Eclipse PDT adalah Open Source PHP Development Tools yang sangat banyak digunakan adalah preferensi open source lain tanpa biaya langsung. Eclipse memiliki komunitas besar pengembang yang mengerjakan semua jenis plugin, yang diperlukan untuk mengotorisasi Eclipse dengan fitur yang disediakan oleh IDE PHP terbaik lainnya seperti PHPStorms, NetBeans, dan studio Zend yang harus disediakan.

Beberapa fitur penting meliputi penyorotan sintaks, pemformatan kode, bantuan kode, refactoring, navigasi kode, templat kode, debugging PHP, validasi sintaks dan ekosistem Eclipse yang memiliki komunitas besar dan saling mendukung.

5. Netbeans

NetBeans IDE PHP menyediakan templat kode dan alat pembuatan kode, seperti pembuatan "getter dan setter", refactoring, seperti "rename mudah", parameter tooltips, hints, quick fixes, serta smart code completion.

Dapatkan manfaat dari penyorotan kode sintaksis dan semantik, dokumentasi pop-up, pemformatan dan pelipatan kode, penandaan kejadian dan titik keluar, penyelesaian kode try/ catch pintar, pengisian awal dibantu dengan parameter metode pintar.

NetBeans IDE untuk PHP menawarkan sejumlah fitur khusus untuk dikembangkan dengan fitur-fitur terbaru PHP.Misalnya, untuk mendukung PHP 5.6 , editor PHP mendukung fungsi variadik.Dan, untuk mendukung PHP 5.5 , editor PHP menyediakan dukungan untuk berbagai fitur bahasa baru,serta masih banyak lagi fitur yang ditawarkan lainnya.

NetBeans PHP Editor mendukung pengembangan web dengan mempertimbangkan JavaScript, HTML, dan CSS. Semua fitur ini menjadikan NetBeans sebagai sumber utama IDE PHP.

sumber : netbeans.org

6. Visual Studio Code

Visual Studio Code mungkin adalah text editor terbaik untuk Windows, Mac, dan Linux. Tidak hanya mendukung JavaScript, tetapi juga mendukung Node.js, TypeScript, dan dilengkapi dengan seluruh ekosistem ekstensi untuk bahasa lain termasuk C++, C#, Python, dan tentu saja PHP dll.

Editor ini memberikan penyorotan sintaksis yang hebat dan pelengkapan otomatis dengan IntelliSense berdasarkan pada jenis variabel, definisi fungsi, dan modul yang diimpor. Ini juga memungkinkan Anda untuk men-debug kode dengan meluncurkan atau melampirkan ke aplikasi Anda yang sedang berjalan, debug dengan breakpoints, tumpukan panggilan, dan konsol interaktif. Anda dapat dengan mudah mengintegrasikan perpustakaan UI JavaScript ke dalam Visual Studio Code. Visual Studio Code memang berstatus sebagai text editor, akan tetapi berkat segala kelebihannya yang bisa menyamai IDE lain, maka penulis menambahkannya ke daftar artikel ini.

Referensi :
Medium.com



Berlangganan Informasi CodePolitan Melalui Email

Jangan sampai kamu melewatkan informasi penting tentang pemrograman dan teknologi! Kamu bisa berlangganan Newsletter CodePolitan dengan cara mengisi formulir di samping.