7 Cara Asyik Belajar Pemrograman Java

Kadang belajar pemrograman Java lewat buku saja membuat rasa kantuk datang. Dengan bahasa buku yang terlalu kaku menjadi sulit dipahami. Apalagi salah satu kesulitan dalam belajar pemrograman Java adalah susah memahami class yang berisi banyak prosedural. Belajar pemrograman Java juga tidak mungkin tanpa menggunakan IDE.

Baca juga: Belajar Bahasa Pemrograman Java Secara Interaktif dalam Bahasa Indonesia

Java memiliki kekakuan, karena sintaks verbose tidak dapat dipersingkat dengan mudah. Fleksibilitas dan pemeliharaan kadang harus dikorbankan untuk struktur dan konsistensi coding. Bagi pembaca yang belum merasakan pemrograman berorientasi objek akan menjadi kendala dalam belajar bahasa pemrograman ini. Namun masalah tersebut bisa diatasi dengan 7 cara asyik belajar pemrograman Java berikut:

1. Belajar via online

belajar pemrograman java dasar secara interaktif

Asyiknya belajar dengan cara ini, pembaca tidak perlu menginstall IDE[1]. Langsung coding dan compile, pembaca sudah bisa melihat hasilnya. Dilengkapi dengan tutorial yang interaktif, pembaca akan lebih mudah untuk memahami class dalam Java. Pembaca tinggal memilih chapter, dan mengikuti intruksinya. Ini dia penyedianya tutorialspoint dan learn java online. Atau kalau kamu yang suka bingung dengan bahasa Inggris, CodePolitan juga telah menyediakan Interactive Coding Belajar Bahasa Pemrograman Java yang telah disusun sedemikian rupa agar mudah dipahami oleh pembaca.

2. Belajar by doing

programming-by-doing

Jika pembaca pernah mencoba untuk melatih skill pemrograman Java secara otodidak dan belum merasakan tantangan didalamnya. Pembaca bisa memecahkan tantangan asyik yang diberikan oleh situs programmingbydoing. Lebih dari 2000 sekolah sudah mencoba tantangan ini. Dengan gaya problem solving, pembaca bisa menguji skill yang sedang dikuasai.

3. Belajar via video

new-boston-java-video

Dengan belajar lewat konten video akan lebih asyik dan mudah diserap karena dijelaskan dengan memuat banyak unsur multimedia. Dibandingkan belajar lewat buku yang menampilkan teks dan gambar saja bisa memakan waktu yang banyak untuk memahaminya. Apalagi kadang pembaca sibuk dan banyak hal yang harus dikerjakan. Pembaca bisa menikmati jutaan video mengenai pemrograman Java pada situs youtube, vimeo dan lain-lain. Dan salah satu channel video tutorial pemrograman Java paling dikenal adalah NewBoston.

4. Kursus Online

kursus-online

Pembaca kadang tidak paham mengenai penjelasan di buku pemrograman Java, apalagi sintaks yang relatif sulit dipahami. Hal ini bisa diatasi dengan mengikuti kursus online mengenai pemrograman Java. Dengan kursus online, pembaca bisa langsung bertanya pada lecture dan berdiskusi dengan peserta lain. Salah situs penyedia kursus online pemrograman Java adalah Udemy. Lebih dari 47,000 peserta mengikuti kursus ini. Selain Udemy, kursus online yang lain adalah eLearning Rakyat yang digagas oleh Pak Onno W. Purbo. Di situs tersebut juga terdapat kursus online pemrograman Java.

5. Belajar dengan animasi

greenfoot

Yang lebih asyik lagi adalah belajar pemrograman Java dengan animasi. Situs Greenfoot menyediakan animasi untuk belajar pemrograman Java. Didalamnya terdapat coding yang dipasangkan dengan animasi agar program lebih mudah dipahami. Pembaca juga bisa berdiskusi, sharing dan berhubungan langsung dengan komunitas antara pengguna, dari peserta maupun guru. Model animasinya didesain agar pemrograman jadi lebih mudah dengan animasi dua dimensi. Pembaca bisa mengunduh animasinya untuk sistem operasi Linux, Mac dan Windows.

6. Belajar bareng teman

bt-indones-teman

Saat mendengarkan penjelasan guru atau dosen kadang malu bertanya, padahal masih bingung mengenai materi pemrograman Java. Di dalam kelas pasti ada yang jago coding Java, jika anda menemuinya maka ajaklah teman anda tersebut agar belajar bersama. Biasanya dia menolak diajak belajar bareng. Kalau mendapat kondisi tersebut, bawalah sesuatu yang dia sukai. Misalkan dia suka martabak manis. Bawalah dua atau tiga bungkus martabak manis dan ajak lagi, kemungkinan besar pasti diterima. Pembaca bisa belajar dan leluasa bertanya tentang soal pemrograman java seharian penuh bareng teman. Coding sambil ngopi bareng teman, asyik bukan.

Baca juga: 7 Layanan yang Bikin Programmer Lebih Produktif

7. Belajar bareng komunitas

bt-indones-komunitas

Komunitas ada yang online juga ada yang offline. Kalau yang online, pembaca bisa temukan komunitas pemrograman Java di Kaskus, Grup Facebook dan forum lain. Sedangkan yang komunitas offline, pembaca bisa gabung grup pemrograman Java di wilayah sekitar pembaca. Dengan belajar bareng, pembaca akan mendapat resource lebih mengenai pemrograman Java. Selain itu juga bisa mendapat pekerjaan terkait pemrograman Java. Asyik bukan, sudah dapat materi, dapat kerjaan lagi.

Belajar pemrograman Java tidak melulu dengan buku. Dengan 7 cara asyik belajar pemrograman Java ini, pembaca tinggal pilih sesuai selera yang diinginkan. Semoga bisa membuat pemrograman Java tambah asyik, ya.

(yp/codecondo)

Dilihat 54145 kali

Is this helpful?

Share This Post