Panduan Penggunaan Tizen - About Device and Hints feature with Tizen

About Device

About device adalah fitur yang berfungsi untuk membantu user menjelaskan dan memberi info tentang Smartphone yang digunakan. Untuk melakukan pengecekan device, user harus membuka settings terlebih dahulu lalu pergi ke bagian system dan pilih option about device dan user bisa melihat tipe Smartphone, model number, Tizen Version.

gambar 1, artikel 4

gambar 2, artikel 4

Hints

Ada satu fitur menarik yang ada pada OS tizen yaitu fitur hints ini. Fitur ini membantu user yang mungkin belum akrab dengan operation system TIZEN. Hints memberi penjelasan soal tips dan panduan dalam menggunakan TIZEN. Hints membantu user bagaimana cara mengubah display, dan berbagai pertanyaan lainnya. Pada fitur ini juga diberikan video yang bisa ditonton oleh user jika disambungkan dengan Wi-fi karena video ini membutuhkan internet. Cara mengaktifkan fitur hints ini, buka bagian home dan pada home screen fitur Hints ini akan terlihat dan pilih tips and guidelines yang sesuai dengan kebutuhan user karena fitur ini juga menyediakan video untuk membantu user memahami penjelasan.

gambar 4, artikel 4

gambar 5, artikel 4

Menguninstall Suatu Aplikasi

Untuk menjalankan perintah ini, tidak ada yang berbeda untuk menguninstall sebuah aplikasi seperti pada operation system pada umumnya. Cara menjalankannya adalah dengan menahan icon aplikasi yang ingin di hapus atau di uninstall lalu pilih tanda “X” yang ada pada kiri atas aplikasi dan pilih uninstall untuk menghapus dan cancel untuk membatalkan proses seperti yang terlihat pada gambar dibawah ini.

gambar 6, artikel 4

Screen multitask

Screen multitask dijalankan dengan cara Hold tombol home, dan mempunyai interface yang cukup berbeda dengan OS lain. Tizen  menggunakan interface icon yang di geser atas dan bawah lalu 1 buah tampilan cardnya berupa preview multitask. Ada juga tombol close all, dan jika mau close salah satu aplikasi yang perlu dilakukan user hanya geser kearah kiri ataupun kanan.

gambar 7, artikel 4

Transfer file dari Smartphone ke Computer

Mentransfer file dari Smartphone ke computer adalah hal yang tidak asing bagi semua user smartphone pada zaman sekarang. Begitu juga dengan TIZEN OS, cara mentransfer file dan data dari suatu platform ke platform lainnya. Hal yang dibutuhkan adalah kabel charger untuk memindahkan file, sambungkan ke smartphone dan setelah itu pilih file yang ingin dipindahkan dan copy paste ke computer.

Dilihat kali

Is this helpful?

Share This Post