Aggregation dan Association pada Java

Aggregation dan Association adalah kondisi dimana sebuah object berisi gabungan dari object-object yang berbeda yang saling bekerja bersama. Setiap Object bisa berkaitan dengan Object yang lainnya, untuk mencapai sebuah tujuan.

Kaitan satu object dengan object lainnya bisa secara langsung atau tidak langsung, Mereka juga memiliki kaitan yang lemah atau memiliki keterkaitan yang kuat. Seperti halnya Association. Association adalah Gabungan Object yang bersifat lemah. Untuk lebih Jelasnya kita bahas sedikit lebih mendalam.

1. Association

Asosiasi merupakan kaitan yang lemah : Objek dapat berupa grup atau kelompok, namun objek ini tidak secara komplit tergantung satu dengan lainnya.

Sebagai contoh :

Bayangkanlah sebuah mobil angkot, yang di dalamnya ada seorang supir, seorang penumpang dan satu penumpang lainnya. Ketika supir dan dua penumpang berada dalam mobil, mereka berasosiasi dan mereka semua menuju ke arah atau alamat yang sama, mereka menempati tempat yang sama, yakni di dalam mobil. Namun kaitan asosiasi ini sifatnya lemah, supir dapat menurunkan salah satu atau kedua penumpang pada arah atau alamat yang terpisah, jadi penumpang tersebut tidak lagi berasosiasi dengan objek lainnya.

2. Aggregation

Agregasi berarti menempatkan objek bersama-sama untuk menjadikannya objek yang lebih besar. Barang-barang atau benda-benda manufaktur biasanya merupakan contoh dari bentuk agregasi.

Sebagai contoh :

Sebuah microwave terbentuk dari sebuah cabinet (semacam lemari kaca), sebuah pintu, sebuah panel indikator, sejumlah tombol, sebuah alat pemanas dan lain sebagainya. Agregasi mengimplikasikan kedekatan ketergantungan. Sebagai contoh, alat pemanas akan tetap menjadi sebuah alat pemanas meskipun kita melepaskannya dari microwave, namun sebuah microwave akan menjadi tidak berguna tanpa sebuah alat pemanas, karena microwave tersebut tidak akan dapat memanaskan makanan lagi.

Gambar di bawah akan menunjukkan bagaiman kita membuat rumah dengan kaitann agregasi :

Sebagai saran, ada sebuah teknik seederhana untuk memperhalus letak perbedaan antara asosiasi dan agregasi, yaitu dengan membayangkan apa yang akan terjadi apabila kita melepaskan salah satu objek tersebut. Dengan begitu kita akan dapat lebih mudah menentukan mana yang termasuk asosiasi dan mana yang termasuk agregasi. Teknik ini mungkin dapat sedikit membantu, namun itu juga tidak serta-merta selalu memecahkan masalah, berpikir lebih keras dan memahami lebih dalam serta pengalaman yang lebih sering kali diperlukan juga.

Dilihat 295 kali

Is this helpful?

Share This Post