Alasan Mengapa Kamu Harus Menggunakan Framework Laravel

Laravel adalah salah satu framework PHP terbaik yang dikembangkan oleh Taylor Otwell. Sebagai sebuah framework PHP, Laravel hadir sebagai platform web development yang bersifat open source. Yang menarik dari Laravel adalah sintaksnya yang ekspresif dan elegan yang dirancang khusus untuk memudahkan dan mempercepat proses web development.

Meskipun Laravel bukan satu-satunya framework PHP yang banyak digunakan, akan tetapi bisa menjadi opsi yang dapat dipertimbangkan. Berikut beberapa alasan mengapa kamu harus menggunakan framework Laravel:

Mudah & Dokumentasi Lengkap

Platform yang menarik dan mudah digunakan. Jika kamu bukan seorang yang expert dalam bidang web development, akan tetapi kamu memiliki basic pemahaman PHP yang baik, maka kamu akan dengan mudah memahami strukturnya, sebab dokumentasi yang disediakan tergolong kedalam dokumentasi yang sangat baik, rapi, mudah dan jelas.

Open Source

Laravel adalah framework open source yang dapat digunakan secara gratis yang memungkinkan kamu untuk membuat web aplikasi yang besar dan kompleks dengan mudah. Hanya dengan bermodalkan editor dan web server yang telah terinstall PHP untuk memulai.

Arsitektur MVC

Dengan menggunakan pola MVC, kita dapat membuat struktur kode yang lebih rapi dimana pola tersebut memisahkan antara logika dan view. Arsitektur MVC dapat meningkatkan performance, memiliki beberapa fungsi built-in (adalah fungsi yang dapat langsung digunakan), penulisan dokumentasi yang lebih baik.

Blade Template

Hal yang menarik lainnya yang dimiliki Laravel adalah Blade Template, selain unik juga sangat cantik sehingga menarik perhatian untuk digunakan. Salah satu contohnya adalah dengan menggunakan Blade Template dapat memetakan template yang anda miliki dengan membanginya menjadi beberapa bagian sehingga menjadi lebih mudah untuk di maintenance. Didalam dokumentasi resminya, Laravel menyebutkan dua manfaat menggunakan blade template, yakni: inheritance (dapat diwariskan) dan section.

Memiliki Fitur Migration

Migration adalah salah satu fitur utama yang dimiliki oleh Laravel. Dengan migration memungkinkan anda untuk mempertahankan struktur database yang anda miliki tanpa harus membuatnya kembali. Migration memungkinkan anda untuk menuliskan code php untuk mengatur database. Dengan migration pula anda dapat mengembalikan beberapa perubahan terakhir yang anda lakukan pada database. Keren bukan?

Keamanan

Laravel memberikan anda beberapa pilihan penting yang dapat digunakan untuk membuat aplikasi anda tetap aman. ORM Laravel menggunakan PDO yang dapat mencegah SQL Injection. Memiliki proteksi csrf token, dan banyak hal lainnya.

Komunitas Yang Besar

Salah satu hal yang patut dipertimbangkan dalam memilih framework jika anda tergolong baru dalam menggunakan framework adalah dengan memilih framework yang telah didukung dengan komunitas yang besar, sebab dengan begini anda dapat mudah belajar dan mencari solusi atas setiap permasalahan yang mungkin anda temukan kedepannya. Komunitas pengguna laravel di Indonesia salah satunya: https://www.facebook.com/groups/laravel/

Masih banyak lagi hal-hal yang sangat menarik dari Laravel yang akan membuat anda terkesan seiring penggunaannya. Laravel juga dikenal sebagai Magic framework karena memiliki senjata andalan yaitu: artisan. Sebelum anda menentukan pilihan, tidak ada salahnya jika anda mengintip dokumentasinya.

Cukup sekian beberapa poin penting mengapa kamu harus menggunakan framework Laravel. Alasan ini bukan berarti mewakili seluruh pengguna Laravel akan tetapi dapat dijadikan pertimbangan. Semoga bermanfaat dan salam artisan.

Dilihat kali

Is this helpful?

Share This Post