Belajar Membuat Aplikasi Android dari 10 Aplikasi Open Source Ini

Seperti yang kita ketahui bahwa Android adalah salah satu platform mobile yang paling banyak digunakan di dunia dengan sistem operasi yang berbasis open source dan menjadi android developer memiliki potensi yang keuntungan yang besar. Tidak heran jika banyak developer yang ingin belajar membuat aplikasi Android. Dalam membuat sebuah aplikasi Android, tentunya kita akan membutuhkan banyak referensi untuk belajar android, contohnya seperti membaca buku ataupun blog-blog, namun tentunya itu mempunyai batasan tertentu. Tutorial atau panduan dalam bentuk apapun biasanya memiliki contoh aplikasi dengan fitur yang tidak lengkap (karena hanya membahas topik tertentu). Ada kalanya kita membutuhkan sumber yang lebih lengkap, salah satu cara efektifnya adalah dengan membaca source code aplikasi Android yang open source.

Pada artikel kali ini, saya akan membahas 10 Aplikasi open source yang membantu pembaca dalam membuat aplikasi Android. Pembaca dapat mencobanya langsung dari Play Store untuk mendapatkan pengalaman sebelum menyelam lebih jauh ke dalam barisan kode. Berikut adalah 10 aplikasi keren open source yang membantu pembaca dalam belajar membuat aplikasi Android:

LeafPic

Github | Play Store Aplikasi galeri foto dan video adalah salah satu aplikasi yang paling umum yang dapat pembaca temukan di perangkat Android mana pun. Kalian pasti pernah bertanya-tanya bagaimana aplikasi itu dibuat? LeafPic adalah salah satu aplikasi galeri open source terbaik yang dapat pembaca coba dan pelajari. Hal ini cukup sederhana, mudah dimengerti dan sangat cocok untuk developer pemula. Salah satu hal terbaik yang dapat ditemukan pada aplikasi ini adalah aplikasi ini menerapkan tema dinamis.

Simple Calendar

Github | Play Store Aplikasi Simple Calendar yang sederhana dan mudah digunakan ini dibangun menggunakan Kotlin. Jika pembaca ingin belajar Kotlin, mungkin ini adalah salah satu cara terbaik untuk pembaca mulai mempelajari Kotlin.

Baca juga: Potensi Pasar yang Besar dan Keuntungan Menjadi Android Developer

Google I/O Android App

Github | Play Store Google I/O adalah konferensi developer yang diadakan setiap tahun. Menampilkan ratusan demonstrasi dari developer yang menampilkan teknologi mereka. Ini adalah aplikasi Android untuk konferensi. Aplikasi ini mendukung perangkat yang menjalankan Android 4.0+ dan dioptimalkan untuk ponsel dan tablet dengan segala bentuk dan ukuran.

Easy Sound Recorder

Github | Play Store

Aplikasi perekam suara sederhana dan mudah digunakan untuk Android. Jika pembaca ingin belajar tentang rekaman dan manipulasi audio di Android, maka proyek ini adalah cara terbaik untuk memulai pelajaran pembaca. Aplikasi ini sangat mudah dimengerti. Pemula juga dapat belajar tentang dasar-dasar Desain Material dari aplikasi ini.

MLManager

Github | Play Store MLManager adalah manajer aplikasi sederhana untuk perangkat Android. Aplikasi ini sangat pas untuk pembaca jika pembaca ingin mempelajari bagaimana mendapatkan informasi terperinci tentang aplikasi yang terpasang pada perangkat pembaca, mengekstrak APK dari aplikasi tersebut, mencopot pemasangan aplikasi dan banyak lagi.

Baca juga: 10 Tips Dasar Untuk Menjadi Android Developer

PhotoAffix

Github | Play Store PhotoAffix adalah aplikasi yang digunakan untuk menggabungkan foto bersama, dalam orientasi vertikal atau horizontal. Aplikasi ini sangat pas bagi developer Android pemula yang bersedia mempelajari dasar-dasar pengembangan Android dan juga belajar dalam membuat beberapa tampilan khusus yang sederhana namun bermanfaat.

Voice / Material Audiobook Player

Github | Play Store Aplikasi pemutar audiobook di Android yang cantik ini sudah diunduh ratusan ribu kali. Cocok untuk pembaca yang ingin belajar membuat aplikasi pemutar audio yang mengaplikasikan Material Design.

Timber

Github | Play Store Timber adalah pemutar musik yang didesain dengan indah dan lengkap untuk Android. Jika pembaca ingin membangun pemutar musik sendiri atau aplikasi terkait musik, maka inilah aplikasi yang perlu pembaca lihat.

Baca juga: Tips Memuat Sample Project di Android Studio

OmniNotes

Github | Play Store Jika pembaca ingin membuat aplikasi Android dengan catatan lengkap seperti Evernote, maka ini adalah aplikasi yang tepat untuk pembaca pelajari. Aplikasi ini mempunyai banyak fitur seperti berbagi dan mencari catatan, melampirkan gambar, video, audio, membuat sketsa di catatan pembaca, menambahkan pengingat dan banyak lagi.

Amaze File Manager

Github | Play Store

Ada banyak aplikasi file manager di Play Store, salah satunya tentu Amaze File Manager. Aplikasi ini memiliki fitur keren yang dibalut tampilan cantik ala Material Design. Amaze File Manager sudah memiliki fitur-fitur standar yang biasa ada di aplikasi file manager bersama dengan SMB sharing, navigation drawer untuk pindah antar folder dengan lebih cepat, app manager, root explorer, dan ada fitur untuk bookmark file .

Penutup

Tentu selain sepuluh aplikasi ini masih banyak aplikasi open source yang lain. Pembaca dapat mencari sendiri aplikasi open source yang diperlukan lewat Github atau Android Arsenal.

Kamu berminat untuk belajar lebih jauh pemrograman Android? CodePolitan menyediakan program pelatihan belajar coding intensif yang berorientasi pada kebutuhan industri selama satu minggu secara tatap muka dengan bimbingan mentor berpengalaman yang dilengkapi dengan fasilitas asrama selama belajar.

Buat aplikasi Androidmu dalam 1 minggu dan mulai karirmu sebagai Android Developer sekarang juga dengan bergabung dalam program Developer School.

Baca juga artikel Android menarik lainnya coder :

Referensi: aritraroy, beebom, mindorks

Dilihat 5416 kali

Is this helpful?

Share This Post