Berbagai Jenis Pekerjaan di Dunia IT

Bagi kamu yang masih kuliah mungkin pernah berpikir kira-kira saat sudah lulus mau kerja dibidang apa? Tentunya dengan berbekal sarjana Informatika kamu ingin mendapatkan perkerjaan yang sesuai dengan gelar sarjana kamu. Ada banyak perkerjaan yang berlatarbelakang IT yang bisa diambil dan mereka mensyaratkan kita untuk memiliki skill tertentu. Artikel ini merangkum beberapa pekerjaan yang berlatarbelakang IT bagi kamu yang masih bingung dan sedang mempersiapkan untuk menhadapi dunia kerja.

1. Web Developer

Web developer merupakan salah satu perkerjaan yang populer di dunia IT tapi apa yang sebenarnya di kerjakan oleh Web Developer? Web developer terbagi dari 3 divisi yaitu Frontend Developer, Backend Developer, dan terakhir adalah Fullstack Developer.

Frontend Developer memiliki tanggung jawab untuk membangun bagian interface dari sisi user. Untuk menjadi Frontend Developer kita harus paham bagaiamana menggunakan HTML, CSS, dan JavaScript. Penguasaan berbagai framework dari CSS seperti Bootstrap dan Vue.js, React.js, Angular.js dari JavaScript akan membantu perkerjaan seorang Frontend Developer.

Backend Developer merupakan kebalikan dari Frontend Developer yaitu mengurusi semua kebutuhan dibagian server dan proses pengolahan data di database. Apa saja yang dibutuhkan oleh seorang Backend Developer? PHP, Python, dan Node.js merupakan beberapa bahasa pemograman yang digunakan oleh para Backend Developer.

Fullstack Developer merupakan perkerjaan yang bertanggung jawab dari sisi user interface dan sisi server secara bersamaan atau merupakan gabungan dari Frontend dan Backend. Untuk menjadi seorang Fullstack Developer kita harus menguasai teknologi yang ada disisi Frontend seperti HTML , CSS , JavaScript dan juga bahasa pemograman yang ada disisi Backend seperti PHP, Python, Node.js. Web Developer biasanya mendapatkan 3,3 juta perbulan untuk staff juniornya menurut Duniailkom

web

2. Mobile Apps Developer

Dari namanya kita bisa menebak bahwa Mobile Apps Developer merupakan orang yang mengembangkan aplikasi di smartphone kita. Pengembangan aplikasi mobile pada umumnya terbagi dari yaitu Android dan iOS secara native dan untuk cross-platfrom terdiri dari ReactNative, Ionic, Xamarin dan NativeScript. Teknologi yang digunakan untuk pengembangan aplikasi Android native menggunakan bahasa pemograman Java atau Kotlin sedangkan Apple menggunakan Objective-C atau Swift. Sementara itu untuk cross-platfrom menggunakan bahasa pemograman JavaScript untuk ReactNative, Ionic, dan NativeScript sedangkan Xamarin menggunakan C#. Menurut data yang didapatkan dari Duniailkom rata-rata gaji yang didapatkan oleh mobile apps developer di Indonesia adalah 41 juta pertahun atau sekitar 3,4 juta perbulan sebagai junior mobile apps developer.

mobile

3.Game Developer dan Game Desainer

Game developer merupakan salah satu perkerjaan yang menarik jika ingin berkarya dengan game. Untuk pengembangan game 3D menggunakan game engine seperti Unity, Unreal, dan Panda 3D. Pemograman JavaScript dan C# untuk Unity, Unreal menggunakan bahasa pemograman C++ dan Panda 3D mengunakan Python dan C++. Untuk pembaca yang tertarik membuat game 2D bisa menggunakan game engine seperti Game Maker Studio 2, Unity, RenPy, ink dan menggunakan bahasa pemograman seperti Python pada RenPy, Unity menggunakan JavaScript dan C#, Game Maker Studio 2 menggunakan drag and drop interface dan menggunakan bahasa pemograman mereka sendiri yang bernama GML sedangkan ink menggunakan C# dan HTML.

Selain game developer ada pula yang di kenal sebagai game desainer yang merancang aturan dari sebuah permainan. Aturan tersebut bisa merupakan karakter di dalam game dan perannya, deskripsi lingkungan game tersebut, objektif atau tujuan dari game tersebut, mekanik alur flow permainan dari game hingga merancang tiap level dari sebuah game. Jadi Game Designer tidak berurusan dengan proses pembuatan visual dari game ataupun code di dalam game. Tanggung jawab seorang game designer sangatlah besar karena dia adalah orang yang harus merancang sebuah dokumen bernama Game Design Document (GDD). Gaji rata-rata seorang game developer dan game desainer di Amerika menurut Gamasutra adalah $93,251 pertahun dan untuk game desainer $73,349 pertahun.

game

4. DBA (Database Administration)

Jika kalian menyukai pekerjaan yang berusuan dengan database maka DBA mungkin akan cocok karena perkerjaan ini mempunyai tanggung jawab yaitu mendefinisikan pola struktur database, mendefinisikan struktur penyimpanan dan metode akses, serta memberi hak akses pada user untuk mengakses data. Skill yang harus dikuasai oleh bisa menggunakan beberapa DBMS sesuai kebutuhan seperti MS Acces , SQL Server, Foxpro, Oracle DBMS, Paradox. Rata-rata gaji DBA menurut Duniailkom adalah 37 juta pertahun dan jika di bagi 12 maka sekitar 3 juta untuk junior DBA.

DBA

5. Security Engineer

Jika perusahaan semakin besar maka diperlukan pula orang khusus yang mengurusi masalah security baik network, system, maupun aplikasi. Menjadi tugas seorang security engineer memastikan bahwa semua berjalan baik dan melakukan beberapa hal seperti menkonfigurasi firewall, melakukan pentest, memperbarui security dan menjaga sehingga tidak terjadi serangan dari para hacker yang bisa membuat kerugian bagi perusahaan. Tentunya kita harus mempunyai skill yang berhubungan dengan keamanan sistem, terbiasa dengan Linux dan bisa melakukan konfigurasi server, terbiasa menggunakan Tools pentest seperti Netsparker, Acunetix, Kali Linux, Wireshark. Security Engineer memiliki gaji rata-rata perbulannya sekitar 3,2 juta menurut Duniailkomhttps://www.duniailkom.com/berapakah-standar-gaji-programmer-di-indonesia/

SE

6. System Analyst

System Analyst biasa juga di sebut analis yang memiliki tanggung jawab mendefinisikan kebutuhan user, menyusun solusi yang efektif, dan mengawal masa transisi awal penggunaan sistem. Sistem analis bisa pula menjadi perantara atau penghubung antara perusahaan penjual perangkat lunak dengan organisasi tempat ia bekerja, dan bertanggung jawab atas analisis biaya pengembangan, usulan desain dan pengembangan, serta menentukan rentang waktu yang diperlukan. Untuk menjadi sistem analis bisa menampikan hasil analisa melalui berbagai macam tools seperti MS Excel, Visio dan mampu menggunakan bahasa pemograman agar dapat berkomunikasi dengan engineer baik di mobile maupun web. Rata-rata gaji sistem analis untuk yang berpengalaman sekitar 4 juta per bulan untuk staff junior menurut Myjobstreet

SA

7. UI/UX Designer

UI adalah bagaimana suatu produk yang kita buat terlihat seperti apa yang bisa dilihat oleh mata. Tujuan utama dari UI adalah menampilkan interface yang memiliki keseragaman yang baik dari segi warna, layout, atau font. Sementara itu UX adalah proses untuk membuat produk yang telah kita buat menjadi mudah untuk digunakan dan tidak membingungkan pengguna. Tanggung jawab seorang UX designer adalah memastikan bahwa setiap langkah demi langkah berjalan dengan logis dan jelas. Untuk menjadi seorang UI/UX designer kita harus terbiasa memilih perpaduan warna yang nyaman bagi user dan harus detail untuk melihat hasil yang di pasarkan ke produksi baik dari sisi font, warna, gambar. Setiap bulannya UI/UX junior bisa mendapatkan gaji sekitar 4,5 juta perbulan menurut indeed.com ui/ux

8. Quality Assurance (QA)

Quality Assurance (QA) merupakan seseorang yang memonitoring, mengujicoba dan memeriksa semua proses yang terdapat pada produksi suatu produk dan menjamin kualitas produk tersebut . Apa saja yang digunakan para QA untuk melakukan pengujian dan memonitoring suatu produk. Gaji yang didapatkan menjadi QA adalah 3,230,000 juta per bulannya untuk staff junior menurut Myjobstreet.

QA

9. Hardware Engineer

Merupakan perkerjaan di industri mikroprosesor dan integrated circuit yang melibatkan proses fabrikasi mikroelektronika dan desain arsitektur mikroprosesor. Selain Hardware Engineer ada juga namanya Hardware programmer merupakan programming secara low level terhadap hardware, misalnya mikrokontroler, embeded sistem, PLC atau device lainnya. Untuk menjadi Hardware Engineer kita harus bisa menguasai arsitektur komputer dan cara kerja mikroprosesor / mikrokontroler, menguasai bahasa pemprograman Assembly dan atau C/C++, dan menguasai prinsip kerja komunikasi data baik secara parallel, serial (COM/USB). Untuk menjadi Hardware Engineer kita bisa mendapatkan 4,2 juta perbulan untuk staff junior menurut Myjobstreet

10. SEO Specialist

Jasa SEO adalah penyedia layanan SEO yang menggunakan teknik SEO yang tepat untuk meningkatkan jumlah pengunjung ke sebuah website dengan cara menempatkan halaman web di posisi tertinggi pada hasil pencarian dari search engine (SERP). Biasanya jasa SEO menggunakan beberapa tools seperti Google Analytics,Google Search Console (GSC) dan CopyScape untuk Cek Konten Duplikasi. Ketika menggunakan jasa ini kita harus mengeluarkan rata-rata sekitar 2 juta dalam jangka waktu 6 bulan.

11. Pentester

Penetration testing atau sering disingkat menjadi pentest merupakan istilah untuk pengujian terhadap kehandalan suatu sistem dan mendokumentasikan tingkat keamanan aplikasi, sistem komputer, atau jaringan. Menurut salah satu penyedia jasa pentesting yaitu Ethic Ninja mereka menggunaan 2 metode diantaranya Blacbox Testing yaitu melakukan penetrasi tanpa mengetahui apapun mengenai sistem yang anda gunakan selain domain aplikasi anda dan Whitebox Testing yaitu melakukan penetrasi dengan mengetahui informasi mengenai sistem. Biasanya ketika menggunakan jasa pentester biaya yang harus di keluarkan bervariasi mulai dari 3 hingga 45 juta untuk 1 perusahaan.

pentest

12. Instruktur IT

Bagi pembaca yang mempunyai passion dalam mengajar bisa menjadi Instruktur IT seperti guru, dosen, dan instruktur kursus (pemrograman, desain, atau jaringan). Untuk menjadi instruktur kita harus memiliki skill yang sesuai dengan apa yang kita ajarkan agar tidak kesulitan dalam mengajar. Menjadi guru atau instruktur bisa mendapatkan sekitar gaji sekitar 2,5 juta ke atas dan memiliki beberapa tunjangan lainnya.

13. System Administrator

Seseorang yang bertugas untuk bertanggung jawab untuk menjaga konfigurasi dan keamanan sistem operasi dari sebuah komputer, khususnya komputer multi-pengguna seperti komputer server. Untuk menjadi seorang System Administrator kita harus mempunyai pengetahuan dasar tentang semua aspek Linux atau Unix seperti Solaris atau BSD. Gaji yang kita bisa dapatkan untuk seorang System Administrator adalah sekitar 3 juta perbulan menurut duniailkom.

14. Network Engineer

Seseorang yang mempunyai tugas untuk mengurusi jaringan komputer/telekomunikasi di sebuah organisasi yang dikelolanya dapat berfungsi baik, stabil, dapat diakses/digunakan oleh user. Network Engineer mempunyai tanggungjawab mendesain dan membangun infrastruktur jaringan baik LAN maupun WAN, memberikan solusi terbaik dalam hal infrastruktur jaringan baik dalam hal peralatan yang digunakan, efisiensi, reliability, security dan aspek-aspek lain yang terkait. Seorang Network Engineer memiliki gaji sekitar 3,2 juta perbulan menurut duniailkom

15. System Support / Technical Support

System Support/Technical Support memiliki pekerjaan sehari-harinya men-support/maintain/memelihara sistem komputer berupa hardware atau software yang sudah berjalan. Seorang System Support mempunyai tanggung jawab memelihara dan memastikan sistem yang ada berjalan dengan baik, troubleshooting dan perbaikan system serta memberikan pelatihan ke para pengguna system. Untuk menjadi System Support/Technical Support kita akan mendapatakan gaji rata- rata 2 juta / perbulan untuk fresh graduate menurut Myjobstreet

Sumber referensi:

https://myjobstreet.jobstreet.co.id/career-enhancer/basic-salary-report.php?param=Quality Assurance||97||idhttps://www.duniailkom.com/berapakah-standar-gaji-programmer-di-indonesia/ https://www.duniailkom.com/berapakah-standar-gaji-programmer-di-indonesia https://www.ethic.ninja/penetration-testing

Dilihat kali

Is this helpful?

Share This Post