12 Aplikasi Terminal yang Perlu Diketahui Seorang Developer Web

Bagus Aji Santoso 2 Oktober 2017

12 Aplikasi Terminal yang Perlu Diketahui Seorang Developer Web

Web development dewasa ini sangat terkait erat dengan penggunaan terminal. Lihat saja Laravel, Django, atau Rails dimana kita tidak bisa lepas dari terminal saat melakukan pengembangan web. Oleh karena itu, mempelajari penggunaan dengan lebih baik dapt membantu seorang developer web menjadi lebih produktif.

Artikel kali ini akan membahas beberapa perintah Unix yang harus diketahui oleh seorang developer web sehingga dapat memanfaatkan kemampuan dari aplikasi terminal yang dimiliki.

Hyper 2.0 Aplikasi Terminal Cantik dengan Fitur Extention

Curl

Curl adalah perintah terminal untuk melakukan request lewat HTTP(s), FTP dan protokol-protokol lain yang mungkin belum pernah pembaca dengar. Perintah ini dapat mengunduh file, memeriksa response header, dan mengakses remote data.

Dalam pengembangan web curl biasa dipakai untuk melakukan pengujian koneksi dan saat bekerja dengan API RESTful.

# Mengambil header dari sebuah URL. curl -I http://google.com HTTP/1.1 302 Found Cache-Control: private Content-Type: text/html; charset=UTF-8 Referrer-Policy: no-referrer Location: http://www.google.com/?gfe_rd=cr&ei=0fCKWe6HCZTd8AfCoIWYBQ Content-Length: 258 Date: Wed, 09 Aug 2017 11:24:01 GMT # Membuat request GET ke sebuah API curl http://numbersapi.com/random/trivia 29 is the number of days it takes Saturn to orbit the Sun.

Perintah Curl dapat jauh lebih kompleks dari dua contoh di atas. Ada banyak opsi untuk mengatur header, cookies, authentication, dll. Buku gratis ini (Everything curl) dapat membantu pembaca untuk menguasai Curl lebih dalam.

Tree

Tree adalah aplikasi terminal yang menampilkan struktur file dan direktori secara visual di dalam terminal. Ia akan membaca isi dari direktori hingga ke subdirektori paling dalam. Dengan perintah ini kita dapat melihat struktur direktori dengan lebih cepat dan mudah tanpa perlu memeriksan dari Explorer/Files.

tree . ├── css │ ├── bootstrap.css │ ├── bootstrap.min.css ├── fonts │ ├── glyphicons-halflings-regular.eot │ ├── glyphicons-halflings-regular.svg │ ├── glyphicons-halflings-regular.ttf │ ├── glyphicons-halflings-regular.woff │ └── glyphicons-halflings-regular.woff2 └── js ├── bootstrap.js └── bootstrap.min.js

Terdapat opsi yang menyaring hasilnya menggunakan pola seperti regular expression:

tree -P '*.min.*' . ├── css │ ├── bootstrap.min.css ├── fonts └── js └── bootstrap.min.js

Tmux

Tmux adalah sebuah terminal multiplexer yang bila diterjemahkan dalam bahasa manusia artinya sebuah tool untuk menghubungkan beberapa terminal ke dalam satu sesi.

Image

Aplikasi ini memungkinkan kita untuk berpindah aplikasi dalam satu terminal, membuat split screen, menambah beberapa terminal ke sesi yang sama dan menjaganya agar tetap sinkron. Tmux berguna khususnya saat bekerja di remote server karena kita dapat membuat tab baru tanpa harus login lagi.

Disk Usage - du

Perintah du menampilkan laporan penggunaan ruang hard disk. Aplikasi ini sangat mudah dipakai dan dapat masuk ke dalam subdirektori dan menampilkan ukuran dari setiap file yang ada.

Umumnya du dipakai saat salah satu hard disk kehabisan ruang kosong dan tidak tahu siapa yang menyebabkannya. Perintah ini dapat menampilkan seberapa besar ukuran tiap folder yang ada.

du -sh * 1.2G Desktop 4.0K Documents 40G Downloads 4.0K Music 4.9M Pictures 844K Public 4.0K Templates 6.9M Videos

Ada pula perintah yang mirip bernama df (Disk Free) yang menampilkan informasi ruang hard disk yang tersedia (kebalikan du).

Git

Git sejauh ini merupakan version control system yang paling populer. Ia merupakan tool wajib bagi developer web modern dan tentu tidak bisa dikeluarkan dari daftar ini.

Ada banyak aplikasi pihak ketiga yang tersedia namun banyak developer masih menyukai penggunaan git langsung lewat terminal. Aplikasi CLI git sangat powerful dan dapat menangani setiap kebutuhan developer.

Tar

Tar merupakan aplikasi default Unix saat bekerja dengan pengarsipan. Aplikasi ini memungkinkan kita untuk mem-bundle banyak fiel ke dalam satu paket (seperti zip atau rar).

tar -cf archive.tar file1 file2 file3

Untuk mengekstrak isi dari file tar, kita menggunakan opsi -x:

tar -xf archive.tar

Untuk format lain semacam .zip dan .rar, kita tidak bisa menggunakan tar untuk mengekstraknya. Gunakan aplikasi lain, salah satunya adalah unzip.

Bila ingin melakukan kompresi data tar kita dapat melakukan perintah berikut:

# Create compressed gzip archive.
tar -czf file.tar.gz inputfile1 inputfile2

# Extract .gz archive.
tar -xzf file.tar.gz

md5sum

Unix memiliki beberapa perintah hashing seperti md5sum, sha1sum, dll. Perintah ini memiliki banyak penerapan dalam pemrograman, namun fungsinya yang paling penting ialah untuk memeriksa kebenaran dari suatu file.

Contoh, jika kita mengunduh sebuah file .iso dari sumber yang kurang terpercaya, ada beberapa kemungkinan bahwa file tersebut telah disisipi script yang merusak. Untuk memastikan file .iso itu aman, kita dapat memeriksa md5 atau hash lain dari file tersebut.

md5sum ubuntu-16.04.3-desktop-amd64.iso 

0d9fe8e1ea408a5895cbbe3431989295  ubuntu-16.04.3-desktop-amd64.iso

Lalu kemudian kita dapat membandingkan string yang dihasilkan dengan string asli dari pengunggah (misalnya UbuntuHashes).

Htop

Htop merupakan alternatif populer dari top. Aplikasi ini memberikan antarmuka yang memiliki opsi lengkap untuk memonitor dan mengontrol proses sistem.

Image

Meski berjalan di dalam terminal, htop dapat dikontrol dengan baik menggunakan mouse. Kemampuan ini mempermudah kita dapat navigasi menu, memilih proses, melakukan sorting dan filtering.

Ternyata Mendengarkan MP3 Bisa Dilakukan Lewat Terminal

Ln

Link di Unix sangat mirip dengan shortcut di Windows. Links dibuat dengan perintah ln dan ada dua jenis link yaitu hard atau symbolic.

Contoh penggunaan link adalah sebagai berikut. Anggap kita memiliki sebuah script yang ada di desktop tapi ingin agar script tersebut dapat dieksekusi dari manapun tanpa perlu menuliskan alamat filenya setiap kali akan digunakan. Untuk melakukan hal ini kita dapat membuat sebuah symbolic link dari script tersebut ke direktori /usr/local/bin.

sudo ln -s ~/Desktop/Scripts/git-scripts/git-cleanup /usr/local/bin/

Dari symlink tersebut kita dapat memanggil git-cleanup langsung dari terminal.

SSH

Dengan perintah ssh kita dapat terhubung ke sebuah remote host dan masuk ke shell Unix. Kemampuan ini mempermudah kita yang ingin masuk langsung ke dalam server dari terminal komputer di rumah.

Membuka koneksi ke remote server dapat dilakukan dengan menuliskan adalam ip atau url-nya.

ssh username@remote_host

Baca panduan SSH dari DigitalOcean berikut untuk mempelajari seluk beluknya.

Grep

Grep adalah aplikasi standar Unix untuk mencari string di dalam suatu teks. Aplikasi ini sangat berguna bila kita bekerja dengan file besar dan perlu menyaringnya. Berikut contoh grep yang dikombinasikan dengan perintah date untuk mencari error dengan tanggal hari ini di file all-errors-ever.log dan menyimpannya ke today-errors.log.

grep "$(date +"%Y-%m-%d")" all-errors-ever.log > today-errors.log

Aplikasi lain yang juga dipakai untuk bekerja dengan string ada sed. Sed lebih powerful dan tentu saja lebih kompleks dari grep dan dapat melakukan banyak hal lain selain mencari string termasuk menambah, menghapus atau me-replace string.

Alias

Banyak perintah Unix, termasuk beberapa di dalam artikel ini akan memiliki perintah yang cukup panjang saat sudah ditambahkan opsi. Agar lebih mudah diingat dan ditulis, kita dapat membuat sebuah alias dengan perintah alias.

# Membuat alias untuk memulai web server lokal
alias server="python -m SimpleHTTPServer 9000"

# Perintah di bawah akan menggantikan perintah disebelah kanan tanda =
server 

Serving HTTP on 0.0.0.0 port 9000 ...

Sumber: tutorialzine