5 Buku Online Gratis dari Bertzzie.Com

Ridwan Fajar 8 Januari 2015

5 Buku Online Gratis dari Bertzzie.Com

Bertzzie.Com sebuah website yang berisi tutorial seputar teknologi web ini dimiliki oleh Alex Xandra Albert Sim, seorang mahasiswa magister informatika dari STEI ITB. Selain menulis di web pribadinya, Pak Alex menjadi dosen di salah satu jurusan di universitas di Medan, tepatnya di prodi Teknik Informatika, STMIK Mikroskil. Selain menulis tentang tutorial teknologi web, beliau menulis juga seputar opini pribadi, algoritma pemrograman, desain algoritma, Javascript, PHP, Scala, Python, dan lainnya. Selain itu ada lima buku online miliknya yang dipublikasikan secara gratis. Anda dapat membacanya di website miliknya. Berikut ini adalah lima buku online yang ditulis olehnya:

1. Javascript Sebuah Pembedahan

 

Buku online ini membahas Javascript mulai dari sejarah hingga penggunaannya untuk para web programmer yang sudah pernah menggunakannya. Buku ini terdiri dari beberapa bagian antara lain, filsafat pengembangan javascript, pengenalan ulang javascript, obyek pada javascript, fungsi pada javascript, pengembangan berorientasi objek pada javascript, javascript secara fungsional, document object model, dan browser event.

2. Javascript Pembahasan Lanjut

 

Buku online ini merupakan kelanjutan dari buku online "Javascript Sebuah Pembedahan. Anda akan menemukan materi lanjut seperti NodeJS, AJAX, WebSocket, dan Asynchrounous Programming. Anda juga akan menemukan materi yang berkenaan dengan bagaimana membangun sebuah single page application (SPA) menggunakan Javascript. Anda akan menemukan caranya tanpa menggunakan framework dan Anda akan menjumpai juga pembahasan membangun SPA framework menggunakan ReactJS dan BackboneJS.

3. Desain Web Dasar

 

Buku online ini membahas desain web dasar mulai dari HTML, CSS, hingga konsep desain web dari sisi ilmu desain. Buku ini terdiri dari beberapa bagian antara lain mengenal dunia web, perangkat pengembangn web, HTML dan CSS dasar, elemen dan semantik, tipografi, layout, background, list, list sebagai menu, multimedia, tabel, dan form.

4. Desain dan Analisis Algoritma

 

Merancang dan menganalisis algoritma merupakan salah satu langkah untuk menciptakan aplikasi yang optimal dan efisien. Di buku online ini Anda akan menjumpai materi tentang pengenalan desain dan anailisis algoritma, kompleksitas algoritma, rekursifitas, apa itu divide and conquer, algoritma greedy, dan *dynamic programming.

5. Membangun Framework PHP Sederhana

 

Terbiasa menggunakan web framework PHP? di buku online ini Anda akan dibimbing untuk membangun web framework PHP sederhana dengan pola pengembangan MVC (model, view, controller). Anda akan menjumpai penjelasan mengenai apa itu MVC, include file otomatis dan index.php, apa itu controller, apa itu view, apa itu *model, dan pengembangan lebih lanjut.

Oh iya, website pribadinya tersebut dibangun menggunakan PlayJournal. Sebuah Content Management System yang dibangun oleh Pak Alex menggunakan bahasa pemrograman Scala. Selain menulis buku dengan topik tingkat lanjut dan dapat diakses gratis, CMS-nya pun dapat Anda bedah untuk keperluan Anda. Kunjungi website-nya di Bertzzie.Com

 

(rfs/bertzzie)