Alan Turing, Pioner Awal Terciptanya Komputer Digital

Ryan Riefri 15 Maret 2017

Alan Turing, Pioner Awal Terciptanya Komputer Digital

Orang banyak yang belum tahu tentang sosok Alan Turing yang dikenal dengan bapak ilmu komputer dan penemu awal komputer. Walaupun beberapa mungkin sudah pada menonton film yang menceritakan tentang orang ini.

Berawal dari saat saya dulu belajar tentang mata kuliah “Bahasa & Automata”. Pada subbab mata kuliah Bahasa dan Auomata saya belajar tentang teori Mesin Turing : "mengubah isi dari sel yang aktif, mengubah status dari komponen baca/tulis, dan mengubah posisi pita ke kiri atau ke kanan". Teori ini menarik perhatian saya dan membuat saya berpikir apakah mesin ini yang mengawali terciptanya komputer karena di mata kuliah ini saya mendapati kata-kata yang mungkin cukup terkenal yaitu :

“Apapun yang bisa dilakukan oleh Mesin Turing pasti bisa dilakukan oleh komputer”

Walaupun banyak orang yang belum tentu tau teori ini bahkan anak SI dan TI/Ilmu Komputer itu sendiri. Teori ini pula yang membuat saya bertanya siapakah pencipta teori mesin turing ini. Hingga akhirnya saya mendapatkan jawabannya di film The Imitation Game.

Kali ini saya tidak akan membahas tentang film tersebut tapi tentang cerita singkat tokoh utama di film “The Imitation Game”. Tokoh utama tersebut adalah Alan Turing.

Alan Turing

Alan Turing memiliki nama lengkapnya Alan Mathison Turing, Pria kelahiran London pada 23 Juni 1912 di Maide Vale merupakan seorang yang pandai matematika, kriptanalist(cetak mring) serta ilmuwan komputer. Juga dikenal sebagai bapak dari ilmu komputer dan kecerdasan buatan.

  • 1928 : Kejeniusan Alan Turing saat umurnya 16 Tahun. Walaupun berumur masi remaja, Alan sudah dapat menjabarkan hukum Newton secara mendetail dalam bentuk dokumentasi.

  • 1931 : Tertariknya alan turing terhadap sains dan matematika, membuat dia kuliah di Cambridge University di Jurusan Matematika. Pada tahun ini pula beliau membuat mesin bernama ‘Turing Machine' yaitu sebuah mesin yang dapat menjalankan sekumpulan perintah sederhana.

  • 1936 : Alan kembali ke Inggris kemudian bekerja di Departemen Komununikasi Inggris. Pada saat itu seperti yang kita ketahui sedang berkecamuk Perang Dunia II, Eropa sedang dirajai oleh Jerman dengan kempimpinan Adolf. Di Departemen pemerintahan ini ia ditugaskan untuk memecahkan informasi yang terdapat di mesin Enigma.

Mesin Colossus penyelamat inggris

Pada saat itu sebenarnya sudah ada team yang lagi memecahkan kode Enigma, namun belum bisa mengatasi kode karena ada “Jutaan kombinasi angka pada kode enigma” yang menyusun beberapa digit angka. Sedangkan mereka memakai algoritma cara brute force : sebuah algoritma untuk menemukan solusi dari sebuah kasus dengan cara mencoba segala kemungkinan/kombinasi yang ada.

Alan pun melakukan beberapa percobaan. Hingga pada akhirnya dia mempunyai sebuah pemikiran yang menjadi sebuah Quote :

“Otak dilawan dengan otak, mesin dilawan/ditaklukkan pun dengan Mesin”

Beliau pun dengan mesin/komputer ciptaannya berhasil memecahkan kode-kode pada mesin Enigma, mesin itu diberi nama ‘Colossus’. Inilah mesin pioner komputer digital. Ia pun menjadi pahlawan perang Britania Raya.

Sumber

  • Buku : Firrar Utdirartatmo, 2005 , Teori Bahasa dan Otomata, Graha Ilmu, Tangerang Selatan.
  • movie The Imitation Game.