Apa itu Pair Programming dan mengapa harus Pair Programming

Faisal Hanafi 9 Oktober 2022

Apa itu Pair Programming dan mengapa harus Pair Programming

Hallo Coders .. kali ini kita akan mengenal lebih dalam mengenai pair programming yuk simak dibawah ini

Apa itu Pair Programming ?

Sesuai dengan namanya, pair programming adalah dimana dua developer bekerja hanya menggunakan satu mesin. namun dengan berkemangnya teknologi saat ini Pair Programming dapat dilakukan dengan jarak jauh, adapun pengertian lain dari pair programming adalah praktik dalam pengembangan perangkat lunak di mana dua pengembang berkolaborasi dalam satu workstation pada saat yang bersamaan. Kolaborasi ini dapat dilakukan baik dari jarak jauh maupun secara langsung.

Mengapa Harus Pair Programming?

ada banyak manfaat ketika kita melakukan Pair Programming berikut ini adalah beberapa manfaat dari pair programming yang perlu kamu ketahui

1. Lebih Efisien

dalam jangka panjang, seringkali sebenarnya lebih efisien daripada dua orang yang mengerjakan fitur terpisah. Saat memunculkan ide dan mendiskusikan solusi dengan lantang, dua programmer mungkin menemukan solusi lebih cepat daripada satu programmer sendiri. Juga, ketika rekan kita stuck karena error, kedua pemrogrammer dapat meneliti masalah dan mencapai solusi lebih cepat.

2. Terlibat kolaborasi

Aspek penting lainnya dari belajar memprogram adalah mengetahui kapan harus meminta bantuan. Ketika pengembang memasangkan program, mereka lebih mengandalkan satu sama lain dan seringkali dapat menemukan solusi bersama tanpa perlu meminta bantuan tambahan. Pada akhirnya, ini meningkatkan kepercayaan diri secara keseluruhan.

3. Keterampilan sosial

pair programming sangat bagus untuk meningkatkan keterampilan sosial. Ketika bekerja dengan seseorang yang memiliki gaya pengkodean yang berbeda, komunikasi adalah kunci yang penting. Ini bisa menjadi lebih sulit ketika dua programmer memiliki kepribadian yang berbeda. Pair programming tidak hanya meningkatkan keterampilan pemrograman, tetapi juga dapat membantu programmer mengembangkan keterampilan interpersonal mereka. Ketika hanya meraih keyboard dan mengambil alih bukanlah pilihan, menjadi ahli dalam menemukan kata-kata yang tepat adalah keterampilan tersendiri.

4. Kesiapan lingkungan kerja

Banyak perusahaan yang menggunakan pair programming dengan harapan untuk melatih karyawan baru oleh sebab itu pair programming cukup penting melatih kesiapan dalam bekerja.

demikian sedikit penjelasan mengenai pair programming, bagi kamu yang saat ini masih belajar secara individual silahkan mencoba pair programming dengan teman kamu , semangat :)