Bun Runtime baru Pesaing Node

Faisal Hanafi 18 Juli 2022

Bun Runtime baru Pesaing Node

Hallo Coders udah pada tahu belum, sekarang Javascript punya Runtime baru loooh :) nama runtime barunya adalah Bun simple ya hanya 3 huruf hehehe, tapi bun ini digadang-gadang dapat menjadi alternatif untuk runtime javacript selain nodejs bahkan bisa menggantikan runtime sebelumnya yakni node js dan deno js dikarenakan kecepatan yang cukup cepat dari pada runtime lainnya

Bun dibangun dengan berfokus pada tiga hal utama yakni :

  • Mulai dengan cepat (keunggulan dalam running program).
  • Tingkat kinerja baru (memperluas JavaScriptCore, mesin).
  • Menjadi alat yang hebat dan lengkap (bundler, transpiler, manajer paket).

Bun.js dirancang sebagai pengganti drop-in untuk aplikasi atau skrip JavaScript & TypeScript Anda saat ini — di komputer lokal, server, atau di edge. Bun mengimplementasikan ratusan Node.js dan Web API secara native, termasuk 90% fungsi Node-API (modul asli), fs, path, Buffer, dan lainnya.

Bun.js menggunakan mesin JavaScriptCore, yang cenderung untuk memulai dan melakukan sedikit lebih cepat daripada pilihan yang lebih tradisional seperti V8. dikutip dari dari web official bahwa Bun.js ditulis dalam bahasa pemrograman tingkat rendah dengan manajemen memori manual. Sebagian besar Bun ditulis dari awal termasuk transpiler JSX/TypeScript, klien npm, bundler, klien WebSocket dan masih banyak lagi.

Tutorial Bun lengkap dapat teman-teman akses disini https://bun.sh. Yuk mari kita coba!