Apa itu WaterFall Model

Faisal Hanafi 9 Januari 2023

Apa itu WaterFall Model

Hallo Coders :) apa kabar nih tentang belajarnya, semoga tetap semangat yaak belajarnya ingat ada tujuan yang menanti kalian :) disini mimin mau sharing sesuatu nih yang bakal bisa menjadi bekal kalian ketika kalian bekerja.

hari ini kita akan belajar mengenai WaterFall Model, WaterFall model secara umum adalah suatu proses yang berurutan dan sistematis dalam membuat rencana dan mengembangkan sebuah aplikasi. WaterFall model Ini juga disebut sebagai linear-sequential life cycle model. sangat sederhana dan mudah untuk dipahami dan digunakan.

Dalam WaterFall Model, setiap fase harus diselesaikan sebelum fase berikutnya dapat dimulai dan tidak ada fase yang tumpang tindih.

Water Fall Model - Desain

Dengan pendekatan WaterFall Model SDLC, pertama yang digunakan secara luas dalam Rekayasa Perangkat Lunak untuk memastikan keberhasilan proyek. Dalam pendekatan "The Waterfall", seluruh proses pengembangan perangkat lunak dibagi menjadi fase-fase terpisah. Dalam model Waterfall ini, biasanya hasil dari satu fase bertindak sebagai input untuk fase berikutnya secara berurutan.

Ilustrasi berikut adalah representasi dari berbagai fase Waterfall Model

waterfall
  • Requirement Gathering and analysis - Semua kebutuhan yang mungkin dari sistem yang akan dikembangkan ditangkap dalam fase ini dan didokumentasikan dalam dokumen spesifikasi kebutuhan.

  • System Design - Spesifikasi kebutuhan dari fase pertama dipelajari pada fase ini dan desain sistem disiapkan. Desain
    sistem ini membantu dalam menentukan perangkat keras dan persyaratan sistem dan membantu dalam menentukan
    arsitektur sistem secara keseluruhan.

  • Implementation -Dengan masukan dari desain sistem, sistem pertama kali dikembangkan dalam program kecil yang disebut unit, yang diintegrasikan pada fase berikutnya. Setiap unit dikembangkan dan diuji fungsinya, yang disebut sebagai
    Unit Testing.

  • Integration and Testing - Semua unit yang dikembangkan pada tahap implementasi diintegrasikan ke dalam sistem setelah dilakukan pengujian terhadap masing-masing unit. Pasca integrasi, seluruh sistem diuji untuk setiap kesalahan.

  • Deployment of system - Setelah pengujian fungsional dan non-fungsional dilakukan; produk disebarkan di lingkungan
    pelanggan.

  • Maintenance - Ada beberapa masalah yang muncul di lingkungan klien. Untuk memperbaiki masalah tersebut, tambalan dirilis. Juga untuk menyempurnakan produk, beberapa versi yang lebih baik dirilis. Pemeliharaan dilakukan untuk menghadirkan perubahan ini di lingkungan pelanggan.

Semua fase ini mengalir satu sama lain di mana kemajuan terlihat mengalir terus ke bawah (seperti air terjun) melalui fase-fase tersebut. Fase berikutnya dimulai hanya setelah serangkaian tujuan yang ditentukan tercapai sehingga dinamai "Model Air Terjun(WaterFall Model)".

Demikian sedikit penjelasan tentang waterfall model nanti kita akan bahas waterfall model bagian 2 agar lebih mendetail lagi. semangat belajarnya coders :)