Bahasa Carbon Datang, Bahasa C++ Terancam ?

Muchammad Rizky Yudistira
Selasa, 2 Agustus 2022 pukul 13.00

Hola Coders ! Bagaimana Kabar nya ? Semoga kalian tetap sehat dan semangat ya !.* Anyway*, Minggu lalu Google merilis bahasa pemrograman baru yakni bahasa pemrograman Carbon. Untuk yang belum tahu, Carbon Programming Language (CPL) adalah bahasa pemrograman experimental (masih versi beta) yang dibuat oleh Google dengan tujuan untuk menjadi penerus dari bahasa pemrograman yang sudah ada sebelumnya, yakni C++. Google sendiri memperkenalkan bahasa ini ke publik pada tanggal 19 Juli 2022.

Contoh kode dalam bahasa Carbon :

package ExplorerTest api;

//fn is function declaration
//return type is i32 i.e. int.
fn Main() -> i32 {
  //I am a comment. 

  var s: auto = "Hello world!"; // Auto Variable 
  let x: i32 = 20; // Constant
  var y: i32 = 3; // Integer variable 
  Print(s); // Print 
  return 0; //Return value 
}

Sesuai dengan tujuan nya, bahasa pemrograman carbon diyakini sebagai penerus bahasa pemrograman C++. Google tentu saja tidak gegabah dalam hal membuat bahasa pemrograman carbon. Bagaimana tidak, C++ kini sudah berusia 36 tahun.

Lalu muncul spekulasi di kalangan programmer / developer, bagaimana masa depan bahasa C++ ?

Sebetulnya, bahasa C++ bisa dibilang masih aman. Kenapa ? Menurut hasil riset mimin, ada 2 hal yang membuat C++ masih unggul atas Carbon.

1. Banyak Perusahaan Besar masih memakai bahasa C++

Banyak perusahaan masih memakai bahasa C++ sebagai bahasa pemrograman untuk aplikasi yang dipakai. Contoh nya Facebook Grup dan Twitter. Tentu, jika beralih menggunakan bahasa pemrograman carbon, mungkin mengalami kendala dalam hal SDM kepegawaian nya untuk mengembangkan kembali aplikasi nya.

2. Masih Versi Beta

Bahasa pemrograman carbon sendiri terbilang masih dalam hal ujicoba atau beta tester, sehingga untuk saat ini, Google berusaha untuk menyempurnakan bahasa pemrograman nya tersebut agar bisa segera dirilis versi yang sudah stabil nya / stable version.

Kesimpulan nya adalah, Bahasa C++ masih bisa digunakan dan dipelajari oleh kita semua. Memang, perkembangan teknologi dari waktu ke waktu semakin cepat. Saran dari mimin, kuasai dulu bahasa pemrograman yang kira kira bisa kamu kuasai.

Gimana Coders, Tanggapan kalian mengenai masa depan bahasa C++. Tulis di Komentar ya dan Jangan lupa di Share jika bermanfaat.

Kelas Promo
...
By Originals
Jalan Lurus Menjadi Fullstack Developer
Kelas online belajar Fullstack web developer
from A to Z
760+ Materi Video Pembelajaran
Akses Materi Selamanya
Konsultasi Online Mingguan
Sertifikat Digital
6 Project Studi Kasus
Info Terkini