Bandung Azure IoT Weekend, Tempat Kumpulnya Para Makers Bandung

Hadyan Palupi 23 November 2016

Bandung Azure IoT Weekend, Tempat Kumpulnya Para Makers Bandung

Makestro bekerjasama dengan Komunitas Teknik Informatika Politeknik Pos Indonesia (Poltekpos) menggelar lokakarya hands-on Azure IoT Hub dan development board ESP8266 pertama di Bandung di ajang bertajuk Bandung Azure IoT Weekend, acara yang memiliki tujuan untuk terus menggerakan komunitas makers ini merupakan sebuah acara lanjutan dari APAC Azure IoT Weekend yang digelar pada 29 Oktober 2016 lalu. Bandung Azure IoT Weekend ini disponsori secara resmi oleh Microsoft dan akan diselenggarakan pada tanggal 27 November 2016 di Ruang 111 Gedung Pendidikan Politeknik Pos Indonesia, Bandung, pukul 09.00 – 16.00.

Bandung Azure IoT Weekend adalah seminar satu hari dengan konsep lokakarya hands-on, di mana para peserta akan mempraktikkan langsung materi yang disampaikan oleh pembicara. Dipandu oleh Andri Yadi, penggagas dan CEO perusahaan pengembang perangkat keras asal Bandung DycodeX, sesi lokakarya hands-on ini akan menggunakan ESPectro, development board berbasis ESP8266 buatan DycodeX dan memprogramnya agar dapat digunakan dengan Azure IoT Hub. Selain itu akan ada pula sesi dari Yugie Nugraha, Technical Advisor DX dari Microsoft Indonesia yang akan banyak menjelaskan tentang layanan Azure IoT.

Baca juga: Andri Yadi, "Laskar Pelangi" yang Menjadi CEO Perusahaan Teknologi

Kebutuhan terhadap cloud yang tinggi membuat Microsoft mengusung gerakkan Azure IoT Weekend guna berupaya menciptakan solusi terhadap pengembangan perangkat IoT. Karena memang berbicara tentang Internet of Things (IoT) tak akan pernah lengkap tanpa bantuan cloud. Infrastruktur cloud yang stabil dan berteknologi tinggi dibutuhkan agar perangkat IoT yang dikembangkan dapat berjalan dengan baik.

Makers yang ingin mengikuti Bandung Azure IoT Weekend dapat pertama-tama melakukan pendaftaran di bit.ly/BDGAzureIoTWeekend lalu melakukan pemesanan workshop kit melalui Makestro Shop melalui http://bit.ly/2fQfQgA. Pendaftaran peserta Bandung Azure IoT Weekend dibuka hingga tanggal 26 November 2016.

Tentang Makestro

Makestro adalah sebuah gerakan untuk mendemokratisasi ketersediaan pengetahuan, komponen, dan layanan cloud seputar *hardware* kepada para makers dan komunitasnya agar mempermudah mereka untuk memulai menciptakan perangkat-perangkat elektroniknya sendiri. Dicetuskan pada September 2016 oleh Andri Yadi, CEO dan penggagas DycodeX, Makestro terus menerus berperan aktif dalam menjalankan ekosistem makers di Indonesia. --- Untuk informasi lebih lanjut mengenai Bandung Azure IoT Weekend, sila hubungi perwakilan humas Makestro dengan Vero (0878 25167752). Bandung Azure IoT Weekend Teaser