Berkenalan Dengan Pembuat Ember.js: Yehuda Katz

Ridwan Fajar 30 Mei 2016

Berkenalan Dengan Pembuat Ember.js: Yehuda Katz

Single page application saat ini sedang digandrungi oleh sebagaian kalangan web developer untuk membuat aplikasi yang lebih menarik dan efisien untuk meningkatkan kepuasan pengguna. Ada beberapa Javascript framework yang digunakan diantaranya, Backbone.js, Angular.js, Vue.js, Ember.js, dan lainnya. Yehuda Katz turut serta meramaikan ranah ini dengan menciptakan Ember.js. Ember.js merupakan salah satu fullstack Javascript framework yang digemari. Saat ini Yehuda Katz masih menjadi tim inti di pengembangan Ember.js, bersama Tom Dale dan kawan - kawannya Katz aktif membuat Ember.js menjadi semakin handal.

Selain menjadi pemeran penting di Ember.js, saat ini Katz menjadi tim inti di pengembangan bahasa pemrograman Rust setelah berhenti menjadi tim inti pengembangan Rails dan jQuery. Katz juga merupakan anggota standard committee dari ECMAScript TC39. Katz juga pernah menjadi anggota Technical Architeture Group dari W3C. Selain aktif di beberapa organisasi, Katz mendirikan juga sebuah perusahaan yang bernama Tilde Inc. Masih dengan penuh semangat muda, Katz juga mengembangkan sebuah profiler yang lebih pintar dan handal untuk website yang dikembangakan menggunakan Ruby on Rails. Di beberapa kesempatan, Katz juga menjadi konsultan untuk pengguna Ember.js.

Katz juga pernah menjadi seorang CTO di Strobe Inc dan seorang engineer serta manager di Engine Yard selama 2 tahun. Bersama Google, Katz pernah magang disana ketika mengikuti Google Summer of Code kemudiain menjadi mentor pada acara yang sama berikutnya. Sebelum menjalani kegiatannya di Google, Katz pernah menjadi web designer di Sanborn Media Factory dan Ohel Children's Home and Family Services. Katz juga pernah menjadi web programmer di Procore Technologies dan Quality Humans Inc. Karena Katz seorang yang mengenyam pendidikan di bidang jurnalis dan ilmu sosial di City University of New York-Brooklyn College, Katz mengawali karirnya di dunia media sebagai editor in chief dan production manager di Brooklyn College Excelsior.

Baca juga: Cara Enjoy Memulai Belajar Pemrograman

Beberapa proyek open source yang dia kerjakan selain Ember.js, sudah dilakukannya seperti Thor, Handlebars, Bundler, Janus, dan Cargo. Katz juga dikenal sebagai penulis buku programming dengan beberapa textbook-nya yang dirilis dibawah penerbit tingkat dunia seperti jQuery in Action (2008), jQuery in Action 2nd Ed. (2010), dan Rails 3 in Action (2011). Juga menjadi kontributor di buku Ruby in Practice (2008) dan Web 2.0 Fundamentals untuk sebuah jurusan ilmu komputer (2010).

Katz juga tercatat pernah meraih beberapa penghargaan seperti:

  • Ruby Heroes Award di RailsConf (2008)
  • Most Usefule Application Award di Rails Rumble (2007)
  • Columbia Scholastic Press Association Gold Circle Award for Front Page Newspaper Design (2004)
  • Associated Collegiate Press Best in Show Awards (2000 - 2001)
Anda dapat mengikuti Katz di beberapa media berikut: (ridwanfs/linkedin/tilde)