Bermain Game Sambil Belajar Pemrograman JavaScript dengan Code Kingdoms

Bagus Aji Santoso 24 April 2015

Bermain Game Sambil Belajar Pemrograman JavaScript dengan Code Kingdoms

Dewasa ini belajar pemrograman menjadi hal yang wajib dipelajari. Tak hanya untuk orang dewasa, namun anak-anak juga didorong untuk belajar pemrograman meskipun hanya dasar dan untuk membangun pola berfikir yang sistematis. Sudah ada beberapa aplikasi yang dibuat untuk membantu anak-anak belajar pemrograman. Salah satunya adalah Code Kingdoms.

Beberapa minggu yang lalu saya pernah menulis tentang Code Combat, situs untuk belajar pemrograman sambil bermain game. Jika di Code Combat kita belajar pemrograman untuk memainkan game-nya, di Code Kingdoms pemrograman-nya ada disalah satu bagian game.  

Karena didesain khusus untuk anak-anak yang berumur 6 - 13 tahun, tampilan Code Kingdoms dibuat semenarik mungkin dengan karakter hewan yang lucu dan ilustrasi dunia yang sangat anak-anak banget. Diawal permainan, pemain akan diajak belajar pemrograman melalui antarmuka drag-and-drop yang nantinya sedikit demi sedikit akan belajar menuliskan kode JavaScript secara langsung.

Baca juga: CodeCombat, Belajar Coding Sambil Bermain Game

Kita bisa memainkan Code Kingdoms melalui peramban web di http://play.codekingdoms.com/ atau mengunduhnya di Apple Store jika pembaca menggunakan perangkat besutan Apple. Ada dua versi Code Kingdoms yaitu Home dan School. Sesuai namanya, versi Home untuk dimainkan dirumah sedangkan versi School untuk digunakan di sekolah.

Sebelum memainkan Code Kingdoms baik versi Home maupun School kita harus memilih satu karakter untuk digunakan. Terdapat enam karakter yang bisa dipilih dan semuanya merupakan hewan. Selanjutnya kita akan langsung dibawa ke permainan. Untuk memainkan Code Kingdoms cukup ikuti panduan-panduan yang diberikan.

Setelah mencapai posisi tertentu, kita akan diajak untuk menyelesaikan puzzle menggunakan sintaks JavaScipt. Seperti telah dijelaskan di atas, pengguna Code Kingdoms akan belajar menggunakan antarmuka grafis (drag and drop) diawal. Terdapat serangkaian pilihan aksi disebelah kiri. Dan disebelah kanan merupakan bagian dimana kita membuat kodingan.  

Code Kingdoms pada awalnya dibuat hanya untuk anak-anak di Inggris. Tujuan dari Code Kingdoms adalah untuk membantu anak-anak di Inggris belajar pemrograman melalui game yang tentunya disukai oleh anak-anak. Pembaca mungkin bertanya mengapa Code Kingdoms dibuat pada awalnya untuk anak-anak Inggris, apa istimewanya anak-anak di Inggris? Jawabannya adalah karena di Inggris, pemrograman itu sudah masuk kedalam kurikulum.

Disaat mata pelajaran TIK dihapus dari kurikulum di Indonesia, di negeri yang terkenal dengan kompetisi sepakbolanya yang cukup panas justru pemrograman menjadi topik yang harus diajarkan. Ya, yang mereka pelajari bukan Word, Excel, Powerpoint. Tetapi benar-benar pemrograman, meskipun materinya tetap disesuaikan sesuai dengan tingkatan anak tersebut. Diantara negara-negara G20, Inggris menjadi negara pertama yang telah mengimpelementasikan TIK menjadi bagian inti dari kurikulumnya.

(bas/codekingdom/bloomberg/theguardian/markitwrite)