Bersiaplah Menyambut PHP Indonesia National Conference 2015

Bagus Aji Santoso 29 Oktober 2015

Bersiaplah Menyambut PHP Indonesia National Conference 2015

PHP merupakan salah satu bahasa pemrograman web berbasis  scripting yang pertama kali disusun oleh Rasmus Lerdorf pada tahun 1994. Atas fitur-fitur yang ditawarkannya, PHP dengan cepat menjadi bahasa pemrograman untuk web pilihan para developer. Para developer yang menggunakan PHP kemudian membentuk komunitas-komunitas yang tersebar di seluruh dunia, tak terkecuali di Indonesia.

Komunitas PHP di Indonesia sendiri bermula atas usulan Rama Yurindra pada tanggal 6 Februari 2008 di sebuah Café di Kemang. Dua hari kemudian grup diskusi online di facebook dibuka pada tanggal 8 Februari 2008 dengan nama PHP Indonesia. Pada tahun 2012 PHP Indonesia mengadakan pertemuan di Auditorium PT Microsoft Gedung BEJ, Jakarta. Pertemuan inilah yang mengawali tonggak sejarah komunitas PHP yang kini tak hanya sebatas grup diskusi online saja namun juga organisasi yang memiliki struktur dan perwakilan di seluruh Indonesia. Tiga tahun berikutnya, PHP Indonesia menjelma menjadi komunitas pemrograman paling besar di Indonesia dengan perwakilan hingga 14 Provinsi.

Komunitas PHP Indonesia diseluruh Indonesia secara aktif menggelar kegiatan-kegaitan seperti MeetUp, Gathering, Workshop, atau seminar dengan bekerja sama bersama kampus, perusahaan-perusahaan IT, atau komunitas IT lainnya. Pada tahun 2015 ini, PHP Indonesia dengan dimotori oleh Peter Jack Kambey (dan beberapa pegiat lain) kembali merencanakan pelaksanaan conference dengan nama "PHP Indonesia National Conference 2015" dengan tema "Cloud and Open Source Solution for Service Industries".

PHP Indonesia National Conference 2015 direncanakan untuk diselenggarakan di Auditorium Gedung Kementrian Negara Koperasi dan UKM RI, Jl. HR Rasuna Said Kav 3-4 Karet, Kuningan, Setiabudi, Jakarta Selatan pada hari Selasa, 1 Desember 2015. Conference ini akan mengakomodir peserta dari berbagai latar belakang, baik itu praktisi IT, pelaku industri, sektor pemerintahan, maupun sektor pendidikan.

Tema cloud service dan open source dipilih karena dapat menjadi sebuah solusi untuk memecahkan masalah-masalah yang timbul dalam penerapan teknologi baik oleh industri maupun pemerintahan. Cloud service dan open source dipercaya dapat menjadi alternatif solusi untuk membantu industri dalam menerapkan dan mengembangkan suatu teknologi yang sesuai dengan kebutuhannya.

Berikut ini rundown sementara PHP Indonesia National Conference 2015.

Screenshot from 2015-11-29 20-16-13 (bas/phpindonesia)Informasi lebih lanjut seputar PHP Indonesia National Conference 2015 dapat ditanyakan lewat surel ke Peter J. Kambey (peter@phpindonesia.or.id), Sani W (sani@phpindonesia.or.id) atau lewat grup PHP Indonesia di facebook. Bagaimana para pembaca Codepolitan? Tertarik untuk datang?