Cara Bertanya di Forum Tanya Jawab CodePolitan

Dinda Ayu Swastika 30 Juni 2020

Cara Bertanya di Forum Tanya Jawab CodePolitan

Malu bertanya sesat dijalan. Itulah peribahasa yang sering kali kita dengar. Peribahasa itu memiliki arti apabila kita tidak mengetahui sesuatu lebih baik bertanya agar tidak merugikan diri kita sendiri. Dalam proses belajar, bertanya ketika menghadapi kendala sangatlah wajar. Bahkan itu menandakan bahwa kamu sedang berusaha memahami materi tersebut. Oleh sebab itu CodePolitan memiliki salah satu fitur untuk bertanya yaitu forum tanya jawab. Forum yang hanya dapat digunakan oleh member aktif CodePolitan untuk bertanya seputar kendala teknis yang dihadapi ketika sedang mempelajari suatu materi. Ketika kamu bertanya di forum, author dari materi tersebut akan mendapat notifikasi sehingga mereka bisa segera menjawab pertanyaan yang kamu ajukan.

Pertanyaan dapat kamu ajukan dengan cara scrolling materi yang sedang dipelajari hingga bagian bawah halaman. Disana kamu dapat melihat sekumpulan pertanyaan yang pernah diajukan sebelumnya. Bila pertanyaan kamu belum pernah ada yang menanyakan, kamu bisa mengklik “Buat Pembahasan Baru”.

Ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan pada saat membuat pertanyaan baru

  1. Tulislah judul yang deskriptif tetapi tidak terlalu umum. Judulnya tidak perlu terlalu panjang tapi juga jangan terlalu singkat ya, yang penting menggambarkan pertanyaan yang kamu tanyakan
  2. Jelaskan error atau kesulitan yang dihadapi. Bisa juga mencantumkan gambar error yang terjadi
  3. Sertakan kode program yang kamu tulis atau bisa juga screenshot kode tersebut. Karena para developer di CodePolitan bukan peramal jadi cantumkan kodenya ya! Biar mereka bisa menganalisa kode kamu

Semakin jelas dan rinci pertanyaanmu, maka akan memudahkan author untuk menjawabnya lebih cepat.

Jadi, sekarang sudah tahu kan bagaimana cara bertanya yang benar? Selamat belajar Coders! Jangan malu untuk bertanya dan jangan lupa untuk tetap amati, tiru, dan modifikasi ya ;)